Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
KPKNL Pekalongan Sambut Rekonsiliasi BMN
N/a
Selasa, 03 Januari 2012 pukul 11:31:59   |   504 kali

Pekalongan - Di penghujung tahun anggaran 2011, KPKNL Pekalongan melaksanakan beberapa kegiatan menyambut rekonsiliasi barang milik negara (BMN) yang akan berlangsung pada tanggal 2 - 7 Januari 2012.


Kegiatan pertama, sosialisasi Keputusan Menteri Keuangan (KMK) Nomor 271/KMK.06/2011 tanggal 15 Agustus 2011 tentang Pedoman Pelaksanaan Tindak Lanjut Hasil Penertiban Barang Milik Negara pada Kementerian Negara/Lembaga dirangkaikan dengan acara pra-rekonsiliasi semester II tahun 2011. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 20 dan 21 Desember 2011 di Hotel Nirwana, Pekalongan. Titik berat dari acara ini difokuskan pada penggalian potensi permasalahan yang dihadapi oleh satuan kerja (satker) dalam pengelolaan BMN.


Dalam sambutannya, Kepala Kantor KPKNL Pekalongan Risang Hanung Hascarya mengingatkan agar semua satker mempersiapkan segala sesuatu terkait rekonsiliasi BMN di KPKNL Pekalongan. Jika satker mengalami kesulitan, para petugas KPKNL Pekalongan siap membantu semaksimal mungkin. Diharapkan beberapa permasalahan dalam pengelolaan dan administrasi BMN dapat dideteksi lebih awal, dan dapat segera ditemukan solusinya agar tidak mengganggu kelancaran pelaksanaan rekonsiliasi BMN.


Dengan dipandu oleh Gunawan Hartanto dan Aji Purwono, acara kali ini sedikit berbeda. Jika beberapa waktu yang lalu peserta diundang berdasarkan wilayah, kali ini undangan didasarkan pada kementerian/lembaga (K/L) dengan tujuan tercipta kesamaan persepsi antar satker dalam satu K/L yang sama dalam menyikapi permasalahan yang mungkin timbul dalam pengelolaan BMN. Jika pada acara yang lalu hanya dihadiri oleh operator SIMAK-BMN/SAKPA, kali ini KPKNL Pekalongan juga mengundang atasan langsung dari para operator. Hal ini dimaksudkan agar pada tingkat eselon juga memahami pola kerja dan permasalahan dalam pengelolaan BMN sehingga fungsi pengawasan internal juga dapat berjalan dengan baik.


Kegiatan kedua adalah konsolidasi internal dalam rangka pelaksanaan rekonsiliasi BMN semester II tahun 2011. Konsolidasi dilaksanakan dengan mengadakan pelatihan internal penggunaan aplikasi yang akan digunakan dalam pelaksanaan rekonsiliasi BMN yaitu aplikasi Modul KN, Persediaan, SIMAK-BMN maupun SAKPA. Di samping itu juga dibahas langkah-langkah yang harus ditempuh terutama dalam menyikapi permintaan rekonsiliasi ulang akibat adanya temuan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Acara ini diadakan di KPKNL Pekalongan dan diikuti oleh seluruh anggota tim Rekonsiliasi BMN, dan dipandu oleh Indah Winarni dan Ari Setiawan.


Semua kegiatan tersebut merupakan bagian dari strategi yang diterapkan KPKNL Pekalongan untuk meminimalkan beberapa kendala yang mungkin timbul dalam pelaksanaan Rekonsiliasi BMN semester II tahun 2011. (Anton-KPKNLPekalongan)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini