Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Koordinasi Pensertipikatan BMN Dengan Kanwil BPN, Pelantikan Pejabat Lelang KPKNL Jambi & Koordinasi Dengan Sekda Propinsi Jambi
N/a
Rabu, 20 Maret 2013 pukul 14:32:39   |   732 kali

Jambi -  Bak peribahasa sekali merengkuh dayung dua tiga pulau terlampaui. Rapat koordinasi sertifikasi dengan Kanwil BPN   Jambi, koordinasi dengan Sekda Propinsi Jambi dan pelantikan pejabat lelang serta pembinaan di KPKNL Jambi dituntaskan dalam satu kunjungan kerja Kepala Kanwil IV DJKN Palembang  yang baru Encep Sudarwan ke KPKNL Jambi  pada  28 Februari s/d 1 Maret  2013.

Rakor Sertifikasi BMN tanggal 28 Februari 2013 dihadiri  Kepala Kantor Wilayah V DJPBN Jambi Teuku Murdani dan seluruh Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota diwilayah kerja BPN propinsi Jambi, serta Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Jambi Kiswandoko.  Dalam sambutannya Teuku Murdani menyampaikan bahwa pada tahun 2013 dana sertipikasi telah disediakan dalam DIPA Kanwil BPN Jambi dan pihaknya menyatakan siap melaksanakan kegiatan pensertipikatan tanah pemerintah tersebut sesuai dengan target yang dibebankan pada jajarannya. Kemungkinan terdapatnya kendala yang dihadapi dilapangan misalkan kekuatiran karena dana pensertifikatan tidak dapat menutupi dan pihak Pemohon/Pengguna Barang tidak dapat memenuhinya.

Encep Sudarwan pada kesempatan ini menyampaikan bahwa sebagai Pengelola Barang Milik Negara DJKN akan mengawal pelaksanaan sertipikasi BMN berupa tanah, dan diharapkan kerjasama yang lebih baik dapat terjalin dengan adanya pertemuan ini. Dan untuk mengantisipasi kendala-kendala dalam proses pensertipikatan BMN berupa tanah ini, Encep Sudarwan menginstruksikan agar KPKNL Jambi segera menjadwalkan pertemuan lanjutan yang akan membahas lebih teknis proses pensertifikatan ini dengan K/L dan BPN.

Pada kesempatan ini Kepala KPKNL Jambi, Wahjudi Prajogo secara sekilas menjelaskan arti penting dan tujuan pensertifikatan BMN tanah, yaitu memberikan kepastian dan perlindungan hukum baik obyek maupun subyeknya, melaksanakan tertib administrasi dan mengamankan BMN berupa tanah. Untuk tahap awal KPKNL Jambi mengidentifikasi tanah target pensertifikatan tahun 2013 dengan mengelompokkan berdasarkan 3 (tiga) kategori, yakni kategori free dan clear (siap disertifikatkan), kategori dikuasai pengguna barang namun tidak ada bukti kepemilikan dan kategori bukan BMN namun masuk aplikasi SIMAK dan SIMANTAP.

         

Pada kesempatan terpisah pada kunjungan kerja kali ini, Kepala Kanwil IV DJKN Palembang juga mengadakan Breakfast Meeting dengan Sekretaris Daerah Provinsi Jambi,Sahrassadin dengan agenda memperkenalkan tugas dan fungsi DJKN serta menjajagi kemungkinan dilakukan kerjasama dengan Pemerintah Propinsi Jambi untuk penata usahaan dan pengelolaan asset Pemerintah Daerah. Ternyata pihak Pemerintah Propinsi Jambi dengan sangat antusias menyambut baik dan meminta agar bentuk kerjasama ini dapat dituangkan dalam MoU. 

Kepala Kanwil IV DJKN Palembang pada hari Kamis tanggal 28 Februari 2013 juga melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah Pejabat Lelang Klas I KPKNL Jambi, Angga Rahmazoni serta memberikan briefing kepada seluruh pegawai KPKNL Jambi, dalam rangka peningkatan pemahaman Nilai-nilai Kementerian Keuangan dan peningkatan kinerja. Selain itu diadakan juga pertemuan ibu-ibu darma wanita dilingkungan KPKNL Jambi dalam rangka mempererat tali silaturahmi dan penyebaran informasi program kerja Darma Wanita DJKN. (Tim Liputan H&I KPKNL Jambi)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini