KPKNL Palu
BERITA UTAMA
e-Auction DJKN
Info Lelang
Berita Terbaru
Artikel Terbaru
Pengumuman
Kilas Peristiwa
Tidak ada konten kilas peristiwa.
Profil KPKNL Palu

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palu terletak di Kota Palu. Kota yang merupakan ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah ini berbatasan dengan Kabupaten Donggala di sebelah barat, Kabupaten Sigi-Biromaru di sebelah selatan dan utara, Kabupaten Parigi-Moutong di sebelah timur dan Selat Makassar di sebelah barat dan utara. Kota Palu merupakan kota lima dimensi yang terdiri atas Lembah, Lautan, Sungai, Pegunungan, Teluk. Kota Palu dilewati oleh garis Khatulistiwa.

 

Asal usul nama kota Palu adalah kata Topalu'e yang artinya Tanah Yang Terangkat karena daerah ini awalnya lautan, karena terjadi gempa dan pergeseran lempeng (palu koro) sehingga daerah yang tadinya lautan tersebut terangkat dan membentuk daratan lembah yang sekarang menjadi Kota Palu.  KPKNL Palu beralamat di Jalan Prof. Moh. Yamin No. 55 Palu, dengan bangunan yang masih baru, modern dan bersih, taman yang resik, infrastruktur sekitar bangunan yang terawat memberikan suasana kenyamanan kepada para pegawai dan stakeholders. Kantor yang telah diresmikan oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara pada tanggal 15 April 2014 adalah pemegang predikat hat-trick juara umum Keindahan dan Kebersihan tingkat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) se-Sulawesi Tengah selama tiga tahun berturut-turut dan mendapat piala tetap dan piala bergilir dari Gubernur Sulawesi Tengah. Lomba ini dilaksanakan dalam rangka Hari Ulang Tahun Provinsi Sulawesi Tengah bulan April 2013, HUT Kemerdekaan RI bulan Agustus 2013 dan Hari Nusantara bulan Desember 2013. Prestasi ini diraih berkat adanya rasa memiliki dan kepedulian para pegawai terhadap KPKNL Palu.

KPKNL Palu dipimpin oleh Kepala Kantor Ir. Ahsanul Marom sejak Tahun 2013. Kepala kantor dibantu oleh Kepala Subbag Umum Heru Widianto, Kepala Seksi PKN Nanang Setiyono, Kepala Seksi Penilaian Hendra Jan Sadarmo Purba, Kepala Seksi Piutang Negara Agung Purwoko, Kepala Seksi Pelayanan Lelang Tri Wahyudy, Kepala Seksi Hukum & Informasi Danang Ariwibowo, Kepala Seksi Kepatuhan Internal Moh. Jufri.

Jumlah SDM KPKNL Palu sebanyak 34 orang dengan komposisi jabatan struktural Eselon III satu orang; eselon IV tujuh orang; dan pelaksana 26. Berdasarkan jabatan fungsional, Pejabat Lelang enam orang; Juru Sita enam orang; Penilai sembilan orang; dan Pemeriksa enam orang.

KPKNL Palu memiliki wilayah kerja yang luas meliputi seluruh wilayah Provinsi Sulawesi Tengah yang terdiri dari 13 Kabupaten/Kota yaitu: Kabupaten Banggai; Kabupaten Banggai Kepulauan; Kabupaten Buol; Kabupaten Donggala; Kabupaten Morowali; Kabupaten Parigi Moutong; Kabupaten Poso; Kabupaten Tojo Una-Una; Kabupaten Toli-Toli; Kabupaten Sigi; Kabupaten Morowali Utara; Kabupaten Banggai Laut; dan Kota Palu. Luasnya wilayah kerja tidak menciutkan semangat pegawai KPKNL Palu dalam melayani stakeholders lebih optimal. Capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) KPKNL Palu pada tahun 2013 berkategori sangat baik. Nilai Kinerja Organisasi (NKO) KPKNL Palu mencapai 114,88 %, semua IKU yang ada di kontrak kinerja tercapai dan berwarna hijau. Terkait hal ini, strategi yang pertama dilakukan adalah menekankan kepada semua pegawai akan pentingnya pencapaian IKU, kemudian senantiasa berpedoman kepada SOP, memegang prinsip-prinsip dan Nilai-Nilai Kementerian keuangan serta terus menginternalisasikan budaya kerja Kementerian Keuangan. Selain melaksanakan hal diatas adalah melakukan evaluasi bulanan terhadap pencapaian target dari masing-masing seksi/subbagian dan mencari solusi terhadap realisasi pencapaian yang masih rendah, dengan melakukan terobosan untuk mengejar ketertinggalan pencapaian. KPKNL Palu juga selalu menjalin komunikasi dan koordinasi yang intensif dengan para stakeholders dan terus memberikan bantuan teknis, pelatihan-pelatihan dan solusi terhadap permasalahan stakeholders. Pada tahun 2014, selain meneruskan strategi tahun 2013 yang sudah terbukti efektif, KPKNL Palu juga melakukan evaluasi terhadap pencapaian tahun 2013 yang belum optimal yaitu dengan lebih mengintensifkan komunikasi dan koordinasi dengan satuan kerja dan stakeholders karena hubungan dan komunikasi baik formal maupun informal akan menambah efektifitas pelayanan, dengan demikian akan meningkatkan kinerja KPKNL Palu secara keseluruhan.

Jumlah satuan kerja dan BMN yang dikelola KPKNL Palu sebanyak 690 satker kementerian/lembaga, dengan Nilai Aset sebesar Rp18.642.060.885.302,00. Pelayanan dalam rangka kegiatan pengelolaan BMN dilaksanakan secara sinergi dengan seluruh satker di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah terutama dalam rangka tertib pengelolaan BMN, kegiatan tersebut dilaksanakan melalui acara seminar, bimbingan teknis maupun konsultasi secara langsung. Pelayanan dalam rangka kegiatan rekonsiliasi BMN dilaksanakan setiap semester. Pelayanan dalam rangka pengamanan BMN berupa tanah dilakukan dengan dilaksanakannya kegiatan sertifikasi BMN berupa tanah. Untuk tahun 2014 KPKNL Palu mentargetkan dapat merealisasi pensertifikatan tanah BMN sebanyak 150 bidang tanah. Pelayanan dalam rangka pengamanan dan penyelesaian BMN berupa ABMA/C maupun asset eks BPPN/PT PPA dilaksanakan dengan terus berkoordinasi dengan pihak terkait dalam rangka pengamanan dan penyelesaiannya.

Hal-hal yang telah dilaksanakan Seksi Pelayanan Penilaian KPKNL Palu antara lain melakukan penilaian asset bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah; Pemerintah Kabupaten Poso; Penilaian Aset KKKS Pertamina EP; dan Penilaian Aset Airnav Indonesia.

Pada Seksi Piutang Negara, target yang telah diselesaikan adalah pengembalian BKPN pasca keluarnya Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 77/PUU-IX/2011 yaitu dengan berkoordinasi dengan BUMN/BUMD penyerah piutang, dalam hal terdapat Biad PPN yang masih tertunggak dan belum dilimpahkan dapat dilunasi terlebih dahulu sebelum BKPN dikembalikan sehingga menambah target PNDS. Untuk mengoptimalkan hasil pengurusan piutang negara adalah melibatkan secara aktif unsur anggota PUPN Cabang Sulawesi Tengah dari Kejaksaan, Kepolisian dan Inspektorat Daerah Propinsi Sulawesi Tengah dan diharapkan target PNDS tahun 2014 dapat tercapai dari pengurusan piutang negara Pemerintah Daerah Propinsi Sulawesi Tengah yaitu Dinas Kehutanan; Badan Ketahanan Pangan; Dinas Pekerjaan Umum; dan Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan.

Dalam hal pelayanan lelang, dengan keterbatasan anggaran dan cakupan wilayah kerja yang sangat luas, KPKNL Palu berusaha mengoptimalkan sumber daya yang ada dengan mengatur jadwal lelang secara ketat dan selektif, serta menggabungkan beberapa lelang yang berada dalam satu wilayah untuk menghemat anggaran. Untuk mencapai target Tahun 2014, Seksi Pelayanan Lelang secara intensif melakukan penggalian potensi lelang yaitu koordinasi dengan pimpinan bank-bank BUMN dan bank-bank swasta untuk pelaksanaan lelang eksekusi pasal 6 UUHT; Dinas Kehutanan Propinsi Sulawesi Tengah untuk lelang barang temuan berupa kayu; dan Kejaksaan Negeri di wilayah Propinsi Sulawesi Tengah untuk lelang rampasan.

Seksi Hukum dan Informasi berhasil menyelesaikan satu perkara yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap (inkracht) dan sudah memenuhi IKU Tahun 2014 untuk jumlah penyelesaian perkara ditarget 1 perkara. Selain itu KPKNL Palu juga menjalin hubungan baik dengan media elektronik maupun media cetak seperti TVRI Stasiun Sulawesi Tengah; RRI Palu; harian Radar Sulteng; dan harian Mercusuar. Pada momen-momen tertentu, kegiatan seperti lelang, rekonsiliasi BMN, Sertifikasi BMN dan peresmian gedung KPKNL Palu oleh Dirjen Kekayaan Negara diliput oleh media-media tersebut sehingga masyarakat dapat lebih mengenal KPKNL Palu dengan lebih baik. Kepala Kantor dan Kepala Seksi Hukum dan Informasi juga mendorong seluruh pegawai untuk mempublikasikan peristiwa yang berkaitan dengan tugas dan fungsi mereka untuk lebih mengenalkan KPKNL Palu pada masyarakat luas jadi fungsi kehumasan tidak hanya dipikul oleh satu seksi saja, melainkan peran seluruh pegawai untuk menjadi duta dalam mempublikasikan dan menjaga citra KPKNL Palu dan DJKN.

Seksi Kepatuhan Internal berfungsi sebagai “polisi militer” di KPKNL Palu yaitu untuk melakukan pemantauan pengendalian intern, pengelolaan kinerja, pengelolaan resiko, kepatuhan terhadap kode etik dan disiplin, tindak lanjut hasil pengawasan serta perumusan rekomendasi dari perbaikan bisnis, sehingga diharapkan dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi, terjaganya kepatuhan terhadap hukum serta meningkatkan reputasi dan kepercayaan pemangku kepentingan.

Setiap hari pukul 07.30 s.d. 07.45 WITA, sebagai wujud implementasi Budaya Kementerian Keuangan, KPKNL Palu rutin mengadakan kegiatan bersama yaitu satu informasi setiap hari. Seluruh pegawai KPKNL Palu setiap hari berkumpul sambil berdiri melingkar yang dipimpin oleh Kepala KPKNL Palu. Kegiatan diawali dengan doa bersama, pemberitahuan petugas front office dan help desk pada hari tersebut dan penyampaian informasi dari pejabat maupun pegawai KPKNL Palu. Untuk tetap memacu semangat semua pegawai, masing-masing seksi mendapat giliran untuk memberikan pesan motivasi, pesan moral, ataupun informasi lain yang menambah integritas, profesionalisme, sinergi, pelayanan untuk menuju kesempurnaan. Kegiatan ini diakhiri dengan meneriakkan yel-yel “KPKNL Palu ! Yes, We Are The Best”, supaya tetap terpacu menjadi yang terbaik. Disamping itu, KPKNL Palu juga mempunyai motto “Melayani Dengan HATI”, yang dalam arti sesungguhnya yaitu memberikan pelayanan dengan tulus dan ikhlas dan bersemangat. Sedangkan “HATI” sendiri merupakan singkatan dari Handal, Akuntabel, Tulus, dan Informatif. Saat memberikan pelayanan, KPKNL Palu akan senantiasa melaksanakan dengan handal yaitu ahli dan professional, akuntabel berarti dapat dipertanggungjawabkan, tulus mengandung makna ikhlas tanpa pamrih dan informatif berarti responsif memberikan informasi yang dibutuhkan sepanjang tidak menyalahi aturan.


Wilayah Kerja
Peta Lokasi KPKNL Palu
Alamat Kantor
Jl. Prof. Moh. Yamin No. 55 Palu - Sulawesi Tengah
(0451) 455360
(0451) 421008