KPKNL Palu
BERITA UTAMA
Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh masyarakat dunia memberi dampak terhadap perekonomian dan hubungan sosial masyarakat, tak terkecuali masyarakat kota palu. Pemerintah mengeluarkan kebijakan yang mengharuskan masyarakat untuk tetap berada di dalam rum
Profil KPKNL Palu

KPKNL Palu beralamat dijalan Prof. Moh. Yamin No 55 Palu. Kantor ini telah di resmikan oleh DirekturJendral Kekayaan Negara pada tanggal 15 April 2014, memiliki sarana danprasarana bangunan yang modern semi serta taman yang terawat sehinggamemberikan suasana kenyamanan kepada para pegawai dan stakeholders. Kantorini juga memiliki berbagai fasilitas untuk menunjang tusinya antara lain ruanganpegawai semi open space, APT,ruangan e-auction, aula, ruangrapat dan ruang LPSE.

 

KPKNL Palu dipimpin olehDevi Lesilolo S.Sos selaku Kepala Kantor sejak Januari 2020. Dalamoperasionalnya Kepala Kantor dibantu oleh Fikri Hudori, SE, selaku KepalaSubbag Umum, Surya Hadi Purnama SE, M. Acc. selaku Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, Gatut Kuncoro, SE, selaku Kepala SeksiPenilaian, Fikri Hudori, SE selaku pelaksana tugas (Plt) Kepala  Seksi Piutang Negara, Nikolaus Meka,S.H selakuKepala Seksi Pelayanan Lelang, Abd. Choliq, S.IP, M.H selaku Kepala Seksi Hukum dan Informasi dan Gusnadi, S. sos, M.M selaku Kepala Seksi Keptuhan Internal

 

KPKNLPalu pada saat ini juga didukung oleh 21 orang pegawai tetap dari berbagai bidang keahlian seperti ekonomi,keuangan, bisnis, hukum,sosial dan keahlian lainnya untuk menjalankan tugasnya, serta 11 orang  PPNPN.


KPKNL Palu memilikiwilayah kerja yang luas meliputi seluruh wilayah Sulawesi Tengah yang terdiri dari 13 kota/kabupatenyaitu: Kota PaluKabupaten BanggaiKabupaten Banggai KepulauanKabupaten BanggaiLautKabupaten BuolKabupaten DonggalaKabupatenMorowaliKabupaten MorowaliUtaraKabupaten Parigi Moutong yang mana dilewati oleh gratis katulistiwa; Kabupaten Poso;Kabupaten SigiKabupatenTojo Una-Una dan Kabupaten Toli-Toli. Luasnya wilayah kerja ini memberikan semangatyang tinggi untuk pegawai KPKNL palu dalam melayani stakeholders dengan sepenuhhati.



Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 170/PMK.01/2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, bahwa KPKNL mempunyai tugas melaksanakan pelayanan di bidang kekayaan negara, penilaian, piutang negara dan lelang. Serta dalam melaksanakan tugas tersebut, KPKNL menyelenggarakan fungsi sebagai berikut:

1. Inventarisasi, pengadministrasian, pendayagunaan, pengamanan kekayaan negara.
2. Registrasi, verifikasi dan analisa pertimbangan permohonan pengalihan serta penghapusan kekayaan negara.
3. Registrasi penerimaan berkas, penetapan, penagihan, pengelolaan barang jaminan, eksekusi, pemeriksaan harta kekayaan milik penanggung utang/penjamin utang.
4. Penyiapan bahan pertimbangan atas permohonan keringanan jangka waktu dan/atau jumlah utang, usul pencegahan dan penyanderaan penanggung utang dan/atau penjamin utang serta penyiapan data usul penghapusan piutang negara.
5. Pelaksanaan pelayanan penilaian, pelaksanaan pelayanan lelang, penyajian informasi di bidang kekayaan negara, penilaian, piutang negara dan lelang.
6. Pelaksanaan penetapan dan penagihan piutang negara serta pemeriksaan kemampuan penanggung utang atau penjamin utang dan eksekusi barang jaminan.
7. Pelaksanaan pemeriksaan barang jaminan milik penanggung utang atau penjamin utang serta harta kekayaan lain.
8. Pelaksanaan bimbingan kepada Pejabat Lelang.
9. Inventarisasi, pengamanan, dan pendayagunaan barang jaminan.
10. Pelaksanaan pemberian pertimbangan dan bantuan hukum pengurusan piutang negara dan lelang.
11. Verifikasi dan pembukuan penerimaan pembayaran piutang negara dan hasil lelang dan pelaksanaan administrasi KPKNL.

Sebagai wujudimplementasi budaya Kementerian Keuangan, KPKNL Palu rutin mengadakan kegiatanbersama yaitu satu informasi setiap hari yang dilakukan setiap hari senin.Seluruh pegawai KPKNL Palu berkumpul sambil berdiri melingkar yang dipimpinlangsung oleh kepala KPKNL Palu. Diawali dengan penyampaian informasi dariberbagai kepala seksi dan diskusi planning kerja yang akan dilakukankedepannya. Tak hanya itu, untuk tetap memacu semangat semua pegawai,masing-masing seksi mendapat giliran untuk memberikan pesan motivasi,pesanmoral, atau pun informasi lain yang dapat menambah inovasi,integritas,profesionalisme dan sinergi pelayanan untuk menuju kesempurnaan.Tidak lupa pula doa bersama untuk mengawali segala aktivitas pegawai KPKNLPalu. Kegiatan di akhiri dengan meneriakkan yel-yel dan sekaligus motto “KPKNLPalu! Siap Bekerja,Siap Berprestasiserta ”DJKN DINAMIS”. Tak hanyaitu, berbagai kreatifitas jugadilakukan oleh pegawai KPKNL Palu salah satunyaialah Rabu BIRU (berbagi ilmubaru) atau yang sering disebut dengan sharing knowledge antarpegawai KPKNLPalu untuk menambah ilmu dan pengetahuan sehingga terpacu bekerjauntuk menjadi yang terbaik dengan memberikan pelayanan yang akurat, handal danprofessional.

 


Wilayah Kerja
1. Kota Palu
2. Kabupaten Banggai
3. Kabupaten Banggai Kepulauan
4. Kabupaten Banggai Laut
5. Kabupaten Buol
6. Kabupaten Donggala
7. Kabupaten Morowali
8. Kabupaten Morowali Utara
9. Kabupaten Parigi Moutong
10. Kabupaten Poso
11. Kabupaten Sigi
12. Kabupaten Tojo Una-Una
13. Kabupaten Toli-toli
Peta Lokasi KPKNL Palu
Alamat Kantor
Jl. Prof. Moh. Yamin No. 55 Palu - Sulawesi Tengah
(0451) 455360
(0451) 421008
kpknlpalu@kemenkeu.co.id