Kanwil DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara
BERITA UTAMA
Tingkatkan sinergi satukan persepsi untuk suksesnya revaluasi BMN
e-Auction DJKN
Info Lelang
Pengumuman
Kilas Peristiwa
Tidak ada konten kilas peristiwa.
Profil Kanwil DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara

Kantor Wilayah DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara merupakan kantor vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara yang berada di Provinsi Sulawesi Utara. Kantor yang akrab disebut Kanwil DJKN Suluttenggomalut ini menempati Gedung Keuangan Negara Manado Lantai V, Jalan Bethesda No. 6-8, Manado.

Secara geografis, wilayah kerja Kanwil DJKN Suluttenggomalut meliputi Provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara. Kanwil DJKN Sulutttenggomalut memiliki 4 kantor operasional sebagai berikut KPKNL Manado (wilayah kerja provinsi Sulawesi Utara); KPKNL Gorontalo (wilayah kerja provinsi Gorontalo); KPKNL Palu (wilayah kerja provinsi Sulawesi Tengah); dan KPKNL Ternate (wilayah kerja provinsi Maluku Utara)

 

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 263/PMK.01/2016  Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 170/PMK.01/2012  tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal DJKN, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara adalah instansi vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara terdiri dari 6 Bagian/Bidang yaitu: Bagian Umum, Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara, Bidang Penilaian, Bidang Piutang Negara, Bidang Lelang, dan Bidang Kepatuhan Internal, Hukum dan Informasi dengan struktur organisasi sebagai berikut:

 

Sumber daya manusia yang dimiliki Kanwil  DJKN Suluttenggomalut sampai dengan bulan Desember 2016 sebanyak 49 pegawai dengan komposisi tujuh orang golongan IV, 30 orang golongan III, dan 12 orang golongan II.

Selain melaksanakan tugas dan fungsi keseharian, dalam rangka menumbuhkan nilai-nilai Kementerian Keuangan, Kanwil DJKN Suluttenggomalut beberapa kali melakukan kegiatan, antara lain:  Upacara Bendera HUT Kemerdekaan RI dan Kegiatan Kerohanian Umat Kristiani.

 

Kanwil DJKN Suluttenggomalut mempunyai Motto “BENTENAN  Bersih, Energik, Terpercaya, dan Akuntabel”. Bentenan merupakan kain tradisional hasil karya suku Minahasa, Sulawesi Utara berbahan dasar serat kulit kayu.

 

 

Bentenan memiliki makna spesial, Bersih berarti pegawai bersih dari KKN, lingkungan kantor juga senantiasa bersih, ENergik berarti pegawai mempunyai semangat tinggi dalam bekerja, TErpercaya berarti pegawai selalu menjaga amanah yang diberikan oleh stakeholders, daN AkuNtabel berarti segala pekerjaan yang dilakukan dapat dipertanggungjawabkan.

 

Kanwil DJKN Suluttenggomalut menempati Gedung Keuangan Negara Lantai V, Jalan Bethesda No. 6-8, Manado, berada dalam gedung yang sama dengan KPKNL Manado dan Kanwil DJPB Provinsi Sulawesi Utara.

 

Kanwil DJKN Suluttenggomalut menempati bangunan kantor yang strategis dan representatif dengan tata ruang kerja yang nyaman dan ergonomis bagi pegawai, sehingga tercipta interaksi dan komunikasi yang baik serta mendukung pencapaian tujuan organisasi.

Tahun 2016 Kanwil DJKN Suluttenggomalut memperoleh Nilai Kinerja Organisasi (NKO) sebesar 110,26. NKO Tahun 2017 optimis meningkat.

Kanwil DJKN Suluttenggomalut selalu berupaya memberikan pelayanan yang maksimal kepada para pemangku kepentingan (stakeholders). Pelayanan di bidang Pengelolaan Kekayaan Negara, Piutang Negara, dan Lelang, serta layanan pendukung lainnya diberikan berdasarkan Standard Operating Procedures (SOP) yang telah ditetapkan dan selalu diselesaikan lebih cepat daripada waktu SOP.

Dalam tahun ini Kanwil DJKN Suluttenggomalut menciptakan 1 produk inovasi yang dinamakan 1CIS (One Click Information Service). Cara kerja 1CIS adalah 1-CLICK menggunakan Ms. Office (powerpoint dan excel) dengan beberapa modifikasi dalam penerapannya; 1-CLICK hanya menggunakan mouse dalam mengoperasikannya; 1-CLICK diharapkan menjadi pintu gerbang informasi di Kanwil DJKN Suluttenggomalut; Informasi yang disajikan pada 1-CLICK bersifat realtime dan up-to-date (kebijakan masing-masing bidang).

Produk inovasi ini bertujuan (i) Menyediakan wadah kepada semua pengguna kepentingan (Pejabat dan Pelaksana) untuk mendapatkan informasi di lingkungan Kanwil DJKN Suluttenggomalut hanya dengan satu klik saja.(ii) Dimana setiap informasinya merupakan gabungan dari seluruh elemen di Kanwil DJKN Suluttenggomalut (Bidang dan KPKNL).

Kanwil DJKN Suluttenggomalut merupakan satu-satunya Kantor Wilayah DJKN yang mempunyai Kantor Pelayanan di 4 (empat) Provinsi yang berbeda dan berada pada 2 (dua) zona waktu yang berbeda, yaitu Waktu Indonesia Bagian Tengah dan Waktu Indonesia Bagian Timur.

Harapan positif Kanwil DJKN Suluttenggomalut untuk organisasi DJKN adalah semoga DJKN sebagai Revenue Center.

Sesuai dengan peran barunya sebagai Revenue Center, DJKN diharapkan mampu menciptakan inovatif dalam mewujudkan pengelolaan kekayaan negara sehingga dapat meningkatkan Penerimaan Negara Bukan Pajak. Menyajikan nilai kekayaan negara yang wajar dan dapat dijadikan acuan dalam berbagai keperluan. Pengurusan piutang negara dan pelaksanaan lelang yang efektif, efisien, transparan, akuntabel, adil, dan kompetitif  juga harus menjadi prioritas DJKN, di samping tugasnya untuk mengamankan kekayaan negara secara fisik, administrasi, dan hukum.


Wilayah Kerja
PROVINSI SULAWESI UTARA
PROVINSI SULAWESI TENGAH
PROVINSI GORONTALO
PROVINSI MALUKU UTARA
Peta Lokasi Kanwil DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara
Alamat Kantor
Jl. Bethesda No. 6-8 Lt. 4 Manado
(0431) 851522
(0431) 853128
kanwildjkn.manado@kemenkeu.go.id