Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
Kanwil DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara
BERITA UTAMA
Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut bersama Kepala KPKNL Gorontalo meresmikan Program Optimalisasi BMN pada KPKNL Gorontalo beserta pelaksanaan webinar Relaksasi Pemanfaatan BMN dan Perannya dalam Pemulihan Ekonomi Nasional
Profil Kanwil DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara

Kantor Wilayah DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara (Kanwil DJKN Suluttenggomalut) merupakan unit eselon dua di lingkungan DJKN yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Direktur Jenderal Kekayaan Negara yang berkedudukan di Gedung Keuangan Negara (GKN) Manado Lantai 5, Jalan Bethesda Nomor 6-8 Manado. 

Secara geografis, wilayah kerja Kantor Wilayah DJKN Suluttenggomalut termasuk luas yang meliputi provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara. Dengan luasnya daerah tersebut, wilayah kerja Kantor Wilayah DJKN Suluttenggomalut terbagi dalam dua zona waktu, yaitu provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Sulawesi Tengah termasuk Waktu Indonesia Bagian Tengah (WITA) sedangkan provinsi Maluku Utara termasuk Waktu Indonesia Timur (WIT). Pada Kantor Wilayah DJKN Sulutttenggomalut terdapat 4 (empat) unit instansi vertikal di bawahnya yang disebut Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL), meliputi KPKNL Manado, KPKNL Palu, KPKNL Gorontalo, dan KPKNL Ternate.

 

 Kantor Wilayah DJKN Suluttenggomalut di Gedung Keuangan Negara (GKN) Manado, Lantai 5

  

 Area Pelayanan Terpadu, Kantor Wilayah DJKN Suluttenggomalut


Wilayah Kerja


Secara geografis, wilayah kerja Kantor Wilayah DJKN Suluttenggomalut termasuk luas yang meliputi provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara. Dengan luasnya daerah tersebut, wilayah kerja Kantor Wilayah DJKN Suluttenggomalut terbagi dalam dua zona waktu, yaitu provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Sulawesi Tengah termasuk Waktu Indonesia Bagian Tengah (WITA) sedangkan provinsi Maluku Utara termasuk Waktu Indonesia Timur (WIT).

Pada Kantor Wilayah DJKN Sulutttenggomalut terdapat 4 (empat) unit instansi vertikal di bawahnya yang disebut Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL), meliputi KPKNL Manado, KPKNL Palu, KPKNL Gorontalo, dan KPKNL Ternate.


Peta Wilayah Kerja Kantor Wilayah DJKN Suluttenggomalut


 Visi dan Misi

Sebagai wujud penjabaran dari visi yang telah ditetapkan “Menjadi pengelola kekayaan negara yang produktif secara optimal untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat”, Kantor Wilayah DJKN Suluttenggomalut memiliki 6 (enam) misi yang harus diemban dan dilaksanakan yaitu:

a.   Mewujudkan optimalisasi penerimaan, efisiensi pengeluaran dan efektivitas pengelolaan kekayaan negara.

b.   Mengamankan kekayaan negara secara fisik, administrasi dan hukum.

c.   Meningkatkan tata kelola dan nilai tambah pengelolaan investasi pemerintah.

d.   Mewujudkan nilai kekayaan negara yang wajar dan dapat dijadikan acuan dalam berbagai keperluan penilaian.

e.   Melaksanakan pengurusan piutang negara yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

f.    Mewujudkan lelang yang efektif, efisien, transparan, akuntabel, adil dan kompetitif sebagai instrumen jual beli yang mampu mengakomodasi kepentingan masyarakat.

           

Tugas dan Fungsi

 

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 170/PMK.01/2012 tanggal  6 November 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Kantor Wilayah DJKN Suluttenggomalut mempunyai tugas melaksanakan koordinasi, bimbingan teknis, pengendalian, evaluasi dan pelaksanaan tugas di bidang kekayaan negara, piutang negara dan lelang.

Dalam melaksanakan tugas tersebut diatas, Kantor Wilayah DJKN Suluttenggomalut  menyelenggarakan fungsi sebagai berikut :

a.   Pemberian bimbingan teknis, pemantauan, dan evaluasi pelaksanaan di bidang kekayaan negara;

b.   Pemberian bimbingan teknis, supervisi, pemantauan, dan evaluasi pelaksanaan di bidang penilaian;

c.   Pemberian bimbingan teknis, penggalian potensi, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan pengurusan piutang negara;

d.   Pemberian bahan pertimbangan atau usul penghapusan, keringanan hutang, pencegahan, paksa badan, atau penyelesaian piutang negara;

e.   Pemberian bimbingan teknis pengelolaan barang jaminan dan pemeriksaan harta kekayaan atau barang jaminan yang tidak diketemukan milik penanggung hutang atau penjamin hutang;

f.    Pemberian bimbingan teknis, penggalian potensi, pemantauan, evaluasi dan verifikasi lelang serta pengembangan lelang;

g.   Pemberian pelayanan bantuan hukum di bidang kekayaan negara, penilaian, piutang negara dan lelang;

h.   Pemberian bimbingan teknis pemantauan, evaluasi, dan pelaksanaan pelayanan informasi serta pelaksanaan verifikasi pengurusan piutang negara dan lelang;

i.    Pembinaan terhadap Penilai, Usaha Jasa Lelang dan Profesi Pejabat Lelang;

j.    Pelaksanaan pengawasan teknis pengelolaan kekayaan negara, penilaian, pengurusan piutang negara dan lelang;

k.   Pelaksanaan penilaian dan pengurusan piutang negara;

l.    Pelaksanaan administrasi kantor wilayah.



Struktur Organisasi

       Struktur organisasi pada Kantor Wilayah DJKN Suluttenggomalut terdiri dari:

a.  Bagian Umum

Bagian Umum mempunyai tugas melaksanakan urusan kepegawaian, keuangan, perlengkapan, protokol, tata usaha, dan rumah tangga, serta penatausahaan, pengamanan, pengawasan barang milik negara di lingkungan kantor wilayah.

b.   Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara

Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara mempunyai tugas melaksanakan pemberian bimbingan teknis, evaluasi dan pelaksanaan penggunaan, pemanfaatan, pengamanan dan pemeliharaan, penghapusan, pemindahtanganan, penatausahaan, akuntansi, pembinaan, pengawasan, pengendalian, pemantauan di bidang kekayaan Negara.

c.   Bidang Penilaian

Bidang Penilaian mempunyai tugas melaksanakan pemberian bimbingan teknis, supervisi, pemantauan, evaluasi dan bimbingan terhadap Penilai serta pelaksanaan kegiatan di bidang penilaian sumber daya alam, properti, properti khusus dan usaha.

d.   Bidang Piutang Negara

Bidang Piutang Negara mempunyai tugas melaksanakan bimbingan teknis, penggalian potensi, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan pengurusan piutang negara, pemberian bahan pertimbangan atas usul penghapusan piutang instansi pemerintah daerah, pencegahan bepergian ke luar negeri, paksa badan atau penyelesaian piutang negara, penyiapan bahan penetapan persetujuan/penolakan keringanan hutang, serta bimbingan teknis pengelolaan barang jaminan dan pemeriksaan harta kekayaan atau barang jaminan yang tidak diketemukan milik penanggung hutang atau penjamin hutang.

e.   Bidang Lelang

Bidang Lelang mempunyai tugas melaksanakan bimbingan teknis penggalian potensi, pemantauan, evaluasi, verifikasi, dan pengembangan lelang, dan bimbingan terhadap Profesi Pejabat Lelang, dan jasa lelang, serta pengawasan lelang.

f.    Bidang Kepatuhan Internal, Hukum dan Informasi

Bidang Kepatuhan Internal dan Hukum dan Informasi mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan bimbingan dan pelaksanaan penyiapan bahan rencana kerja, rencana strategik, laporan akuntabilitas kinerja, dan pemantauan pengendalian intern, pengelolaan kinerja, pengelolaan risiko, kepatuhan terhadap kode etik dan disiplin, dan tindak lanjut hasil pengawasan, perumusan rekomendasi perbaikan proses bisnis, penanganan perkara dan pemberian pendapat hukum (legal opinion), serta perencanaan, pengelolaan dan pemeliharaan perangkat, jaringan, infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi, dan pengawasan implementasi sistem aplikasi, penyajian informasi dan hubungan masyarakat.

g.   Kelompok Jabatan Fungsional

Kelompok Jabatan Fungsional mempunyai tugas melakukan kegiatan sesuai dengan jabatan fungsional masing-masing berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.


Struktur Organisasi Kanwil DJKN Suluttenggomalut

Kantor Wilayah DJKN Suluttenggomalut mempunyai Motto “BENTENAN – Bersih, Energik, Terpercaya, dan Akuntabel”. Bentenan merupakan kain tradisional hasil karya suku Minahasa, Sulawesi Utara berbahan dasar serat kulit kayu. Bentenan memiliki makna spesial, Bersih berarti pegawai bersih dari KKN, lingkungan kantor juga senantiasa bersih, ENergik berarti pegawai mempunyai semangat tinggi dalam bekerja, TErpercaya berarti pegawai selalu menjaga amanah yang diberikan oleh stakeholders, daN AkuNtabel berarti segala pekerjaan yang dilakukan dapat dipertanggungjawabkan.


Wilayah Kerja
PROVINSI SULAWESI UTARA
PROVINSI SULAWESI TENGAH
PROVINSI GORONTALO
PROVINSI MALUKU UTARA
Peta Lokasi Kanwil DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara
Alamat Kantor
Jl. Bethesda No. 6-8 Lt. 5 Manado
(0431) 851522
(0431) 853128
kanwildjkn.manado@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |