Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Penilai DJKN Harus Handal dan Kompeten
N/a
Senin, 02 Maret 2015 pukul 16:08:49   |   705 kali

Pontianak - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) Kalimantan Barat menyelenggarakan quality assurance (QA) Penilai bersama Direktorat Penilaian pada 26-28 Februari 2015. Kegiatan yang dipusatkan di Aula Kanwil DJKN Kalimantan Barat ini diikuti oleh para penilai yang merupakan perwakilan dari kanwil dan seluruh KPKNL yang berada di lingkungan Kanwil DJKN Kalimantan Barat. Dalam rangka meningkatkan serta mengukur kompetensi penilai internal DJKN khususnya penilai internal di lingkungan Kanwil DJKN Kalimantan Barat.

Penilaian adalah salah satu tugas dan fungsi yang dijalankan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. Penilaian adalah sebuah proses kegiatan yang dilakukan oleh penilai untuk memberikan opini nilai atas suatu objek penilaian pada saat tertentu. Untuk menghasilkan opini nilai yang dapat dipertanggungjawabkan, tentunya penilaian tersebut harus dilakukan oleh penilai yang memiliki kompetensi dan kualitas. 

Kanwil DJKN Kalimantan Barat melalui Bidang Penilaian sudah menggelar kegiatan pra quality assurance untuk mempersiapkan rencana pelaksanaan quality assurance oleh Direktorat Penilaian. Persiapan Quality Assurance ini dilaksanakan pada 12 Februari 2015 di Singkawang dan  23 Februari 2015 di Kanwil DJKN Kalimantan Barat.

Kegiatan QA ini sendiri dibagi dalam tiga hari. Hari pertama, kegiatan diawali dengan pembukaan pukul 14.00 WIB oleh Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Barat Teddy Syandriadi dan dilanjutkan dengan sosialisasi terkait current issue di bidang penilaian. Selanjutnya diisi dengan pemaparan mengenai hasil kaji ulang laporan penilaian dari Kanwil DJKN Kalimantan Barat.

Kegiatan hari kedua,  masing-masing perwakilan kantor yang hadir melakukan pemaparan laporan penilaian dari yang dianggap bersifat khusus dan menarik untuk menjadi bahan diskusi. Kanwil DJKN Kalimantan Barat mempresentasikan laporan penilaian Barang Milik Daerah (BMD) dengan objek penilaian berupa tanah yang digunakan sebagai fasilitas sosial milik Pemerintah Kota Pontianak. Sedangkan KPKNL Pontianak mempresentasikan laporan penilaian BMN dengan objek penilaian berupa sewa guesthouse dan sewa speedboat di Taman Nasional Danau Sentarum, Kapuas Hulu. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dan pembahasan materi uji kompetensi.

Acara QA pada hari ketiga yang juga acara yang paling ditunggu-tunggu adalah ujian kompetensi. Ujian kompetensi ini diikuti sebanyak 25 orang peserta yang merupakan penilai aktif maupun penilai tidak aktif. Soal ujian dibagi ke dalam tiga kategori yaitu peraturan di bidang penilaian, kemampuan teknis penilaian, dan standar laporan penilaian, yang harus diselesaikan oleh peserta dalam waktu dua jam.

Akhir seluruh rangkaian kegiatan QA ini ditutup oleh Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Barat Teddy Syandriadi. Dari hasil kegiatan uji kompetensi penilai internal DJKN khususnya pada Kanwil DJKN Kalimantan Barat diharapkan hasil/nilai akhir setiap peserta dapat meningkat dari tahun sebelumnya sehingga mampu menjadi Penilai yang handal dan kompeten serta mampu bersaing dengan penilai publik. (Bidang KIHI & Penilaian Kanwil Kalbar)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini