Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Rakerda Kanwil IV DJKN Palembang
N/a
Selasa, 05 Juni 2012 pukul 08:14:30   |   701 kali

Palembang-Pada tanggl 24 s.d. 26 April 2012 Kanwil IV DJKN Palembang telah mengadakan kegiatan rutin rapat kerja daerah (Rakerda) dengan mengangkat tema “Dengan Penghematan Anggaran Memacu Kinerja Untuk Dikelola Secara Lebih Efektif Dan Efisien Guna Mencapai Target”  bertempat di Tanjung Pesona Beach Resort, Bangka. Adapun agenda utama Rakerda adalah membahas hasil capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) di wilayah kerja Kanwil IV DJKN Palembang periode Triwulan I Tahun 2012.

Pada Rakerda tersebut Kepala Kanwil IV DJKN Palembang Mustafa HAW memberikan pengarahan yang menyatakan meskipun dilakukan pemangkasan terhadap anggaran pada Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun 2012, Kanwil IV DJKN dan seluruh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) yang berada di lingkungan kerja Kanwil IV DJKN Palembang diminta untuk tetap optimis mencapai target penyerapan DIPA sebesar 95%, serta mengelola anggaran secara cerdas guna mencapai target yang telah ditetapkan sebagaimana dituangkan dalam Kontrak Kinerja. Dibidang pengelolaan kekayaan negara dan penilaian Kakanwil meminta agar penyelesaian tugas penilaian dan permasalahan hukumnya tetap terlaksana. Inventarisasi dan Penilaian agar dilaksanakan secara tertib fisik, tertib administrasi, dan tertib hukum.

Dibidang piutang negara, Kakanwil menyampaikan bahwa untuk mewujudkan pencapaian target zero outstanding, di tahun 2012 ini harus ditentukan langkah-langkah yang nyata guna tercapainya zero outstanding di tahun 2014. Dibidang lelang, Kakanwil menyampaikan bahwa ketentuan lelang yang berlaku saat ini yaitu Vendu Reglement merupakan produk hukum Belanda yang sebenarnya sudah tidak diterapkan di Belanda.  Prioritas pembuatan undang-undang terkait lelang dimasukan dalam program legislasi  sehingga secara politis sebenarnya vendu reglement sudah seharusnya diganti dengan undang-undang lelang produk nasional.

    

Mengakhiri pengarahannya, Kakanwil berharap dari Rakerda ini dihasilkan suatu rumusan maupun masukkan kepada kantor pusat guna menyelesaikan masalah-masalah yang ada agar dapat dilakukan antisipasi kendala sehingga target yang telah ditetapkan dapat tercapai.

Dari laporan hasil capaian IKU yang disajikan oleh bidang Hukum dan Informasi pada periode Triwulan I Tahun 2012, dapat disimpulkan untuk capaian IKU di bidang pengelolaan kekayaan negara, penilaian, dan lelang telah mencapai target, namun di bidang piutang negara seperti target jumlah Berkas Kasus Piutang Negara (BKPN) yang harus diselesaikan dan target BKPN Piutang Sementara Belum Dapat Ditagih (PSBDT) masih belum tercapai, sehingga perlu adanya perhatian khusus dan upaya-upaya yang optimal untuk pencapaian target tersebut.

Rakerda ditutup oleh Kakanwil IV dengan menghasilkan 22 (dua puluh dua) butir-butir kesepahaman yang harus ditaati dan dijalankan oleh seluruh unit kerja di lingkungan Kanwil IV DJKN Palembang demi tercapainya target IKU tahun 2012. (decky-Kanwil IV DJKN Palembang)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini