Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Hasil Optimal Lelang e-Mail
N/a
Selasa, 25 November 2014 pukul 08:11:53   |   916 kali

Makassar - Modernisasi lelang melalui e-auction yang menjadi salah satu produk unggulan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), kini makin dirasakan manfaatnya. Pelaksanaan lelang yang lebih mudah karena dapat diakses kapan pun dan dari mana pun, serta mampu memberi hasil yang lebih optimal merupakan sebagian nilai tambah dari e-auction melalui Aplikasi Lelang Internet (ALI) dan Aplikasi Lelang E-mail (ALE) yang baru saja diluncurkan oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara saat perhelatan HUT DJKN ke-8 beberapa waktu yang lalu.

Dengan memanfaatkan ALE, Selasa (18/11) yang lalu, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Makassar melaksanakan lelang sukarela melalui e-mail yang dimohonkan oleh Hadi Priyanto, berupa satu unit komputer jinjing (Laptop) merk Dell dengan nilai limit Rp.500.000,- (lima ratus ribu rupiah).

Penawaran yang dibuka sejak diumumkan pada tanggal 12 November 2014 ini, menjaring 10 orang yang menyetor uang jaminan hingga saat pendaftaran ditutup sehari sebelum pelaksanaan lelang pada tanggal 18 November 2014. Lelang yang dibuka pada pukul 11.00 WITA oleh Asmatriadi selaku Pejabat Lelang, menyampaikan bahwa berdasarkan data dari ALE, dari sepuluh penyetor uang jaminan, hanya sembilan orang yang melakukan penawaran hingga penutupan pada pukul 10.00 WITA, 18 November 2014. Ada 13 penawaran dalam lelang kali ini, dengan penawaran tertinggi sebesar Rp1.867.000,- atau hampir 300% dari nilai limit. Pemohon Lelang mengaku merasa puas dengan hasil lelang ini, karena sebelumnya tidak menyangka nilainya akan naik sebesar itu.

Melihat proses pelaksanaan dan hasil lelang tersebut, diharapkan dapat mendorong para pengguna jasa lelang untuk memanfaatkan layanan lelang melalui e-mail ataupun internet. Hal disebabkan oleh nilai jual barang yang dilelang dimungkinkan lebih optimal, yang tentunya akan menguntungkan bagi pemohon lelang, serta pelaksanaan lelang yang lebih tertib, aman, nyaman, dan dapat meminimalisasi keikutsertaan peserta yang tidak beritikad baik. (Teks : I Gede Abdi Negara, Foto : Prayudi Utomo)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini