Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Lelang Email Milyaran Rupiah
N/a
Selasa, 18 November 2014 pukul 09:49:52   |   1333 kali

Surabaya - Dalam seminggu kemarin, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Surabaya telah melaksanakan 2 (dua) kali lelang e-mail. Pelaksanaan lelang e-mail pertama pada12 Nopember 2014 atas permintaan dari Pusat Pengelolaan Barang Milik Negara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral adalah lelang non eksekusi wajib penghapusan BMN. Objek lelang ini berupa untuk objek lelang berupa 1 (satu) paket BMN eks. KKKS PT Pertamina Hulu Energi Wet Madura Offshore dan PC Ketapang Ltd. dalam kondisi rusak berat (scrap). Pelaksanaan lelang e-mail tersebut menindaklanjuti permohonan yang telah diajukan oleh Pusat Pengelolaan Barang Milik Negara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk objek lelang berupa 1 (satu) paket BMN (scrap) eks. KKKS PT Pertamina Hulu Energi Wet Madura Offshore dan PC Ketapang Ltd. dan PT Bank Mandiri (Persero), Tbk. RCR Surabaya untuk objek lelang berupa 13 (tiga belas) bidang tanah. 

Lelang tersebut diikuti oleh 8 (delapan) peserta yang telah lolos seleksi oleh Panitia Lelang Pusat Pengelolaan BMN Kementerian ESDM. Penawaran melalui e-mail ditutup pada pukul 14.00 WIB dan pemenangnya diumumkan pada pukul 15.00 WIB oleh Pejabat Lelang Guntar Arifin dengan disaksikan oleh pihak penjual Sri Utami dan Wildan Ahmad Fananto (Kepala KPKNL Surabaya) serta saksi dari KPKNL Surabaya dan Panitia Lelang Pusat Pengelolaan BMN Kementerian ESDM. Terdapat 17 (tujuh belas) penawaran yang masuk, akhirnya didapatkan penawaran tertinggi sebesar Rp1.885.000.000,00.

“Mudah-mudahan lelang e-mail ini bisa kita gunakan seterusnya dan tentunya dengan pemuktahiran ALE ini bisa mengakomodir syarat-syarat dari kami sebagai penjual,” demikian pernyataan Sri Utami kepada Kepala KPKNL Surabaya Wildan Ahmad Fananto dan perwakilan dari Direktorat Lelang Kantor Pusat DJKN.

Pelaksanaan lelang e-mail kedua pada tanggal 14 Nopember 2014 atas permintaan dari PT Bank Mandiri (Persero), Tbk. RCR Surabaya adalah lelang eksekusi Hak Tanggungan. Objek lelang ini berupa 13 (tiga belas) bidang tanah yang lokasinya terletak di Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik. Lelang tersebut hanya diikuti oleh 1 (satu) orang peserta dan hanya 1 (satu) objek yang ditawar.

Penawaran melalui e-mail ditutup pada pukul 13.30 WIB dan pemenangnya diumumkan pada pukul 14.00 WIB oleh Pejabat Lelang Muhammad Firmansyah dengan disaksikan oleh Chandra selaku pihak penjual dan Indah Sulfarini (Kepala Seksi Pelayanan Lelang) selaku saksi dari KPKNL Surabaya dan perwakilan dari PT Bank Mandiri (Persero), Tbk. RCR Surabaya. Lelang ini dimenangkan dengan penawaran tertinggi sebesar Rp1.186.500.000,00.

Walaupun harga pokok lelang yang terbentuk tidak berselisih jauh dari harga limit yang ditetapkan, namun tetap saja tidak menutupi rasa senang yang diperlihatkan oleh para pemohon lelang e-mail. “Senang sekali melihat lelang kali ini berhasil. Ini karena harga limit yang ditetapkan sangat mendekati harga pasar. Kami takut lelangnya tidak ada peminat,” demikian disampaikan oleh salah satu perwakilan dari PT Bank Mandiri (Persero), Tbk. RCR Surabaya menanggapi pelaksanaan lelang eksekusi Hak Tanggungan melalui lelang e-mail untuk pertama kalinya.

Di sisi lain, lelang e-mail memberi kemudahan dalam pengembalian jaminan karena tidak perlu menyiapkan cek dan melayani antrian sehingga banyak waktu yang bisa dihemat untuk mengerjakan pekerjaan lain. Secara keseluruhan pelaksanaan lelang e-mail KPKNL Surabaya berlangsung lancar. Apresiasi KPKNL Surabaya pun diberikan kepada tim supporting dari Direktorat Lelang dan PT Bank Mandiri (Persero), Tbk. Cabang Surabaya Indrapura yang selalu siap sedia membantu saat terjadi permasalahan pada Aplikasi Lelang E-mail (ALE) dan aplikasi Mandiri Cash Management (MCM). (Penulis : Rakarian W. Maylova, Foto : Hakam Ahmad)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini