Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Integritas Tinggi Dalam Lelang
N/a
Jum'at, 14 November 2014 pukul 15:59:10   |   928 kali

Makassar - Sosialisasi lelang bertujuan agar para pengguna jasa lelang dapat memiliki pengetahuan yang lebih mengenai pelayanan lelang pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL). Selain itu sosialisasi juga menyampaikan aturan yang ada atau baru mengenai pelayanan lelang. Hal ini disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat (Sulseltrabar) Ngakan Putu Tagel saat membuka Sosialisasi Permohonan Lelang Eksekusi pada Instansi Pemerintah yang diselenggarakan oleh KPKNL Makassar pada Senin, 10 November 2014 di Aula A’bulo Sibatang GKN II Makassar.

Dalam sambutannya, Ngakan Putu Tagel menyampaikan adanya sorotan masyarakat ataupun lembaga pengawas terhadap pelaksanaan lelang eksekusi, sehingga pihak terkait diminta agar dalam pelaksanaan lelang dilakukan dengan integritas tinggi. Saat ini, pelaksanaan lelang telah dilakukan dengan sangat transparan, baik pengumuman ataupun limit yang dibuka untuk umum. “Kementerian Keuangan ataupun Kantor Pusat DJKN telah menerbitkan aturan-aturan untuk mendukung hal tersebut”, tegas Kakanwil DJKN Sulseltrabar ini.

Ngakan Putu Tagel yang baru saja mengikuti perhelatan Sewindu DJKN di Jakarta, menyampaikan bahwa DJKN dalam upaya meningkatkan pelayanan sekaligus Penerimaan Negara Bukan Pajak melalui bea lelang, telah mengeluarkan aplikasi yang berkaitan dengan pelaksanaan lelang yaitu Aplikasi Lelang Email (ALE) dan Aplikasi Lelang Internet (ALI) yang dimaksudkan untuk mempermudah hubungan antara penjual dengan pembeli dan mempersempit peluang adanya main mata antara pembeli dengan pembeli. “Bapak Ibu dapat segera menggunakan aplikasi dimaksud” himbaunya di hadapan peserta sosialisasi. Mengakhiri sambutannya, Kakanwil berpesan agar pelaksanaan lelang nantinya dilakukan lebih baik lagi, baik itu dari penjual, KPKNL, maupun pembeli.

Acara sosialisasi dilanjutkan dengan materi tunggal Permohonan Lelang Eksekusi pada Instansi Pemerintah yang dibawakan oleh Onding dan Baso Syamsuddin. Sosialisasi ini mendapat respon yang baik dari para pengguna jasa, terlihat dari hadirnya seluruh peserta yang diundang dan diskusi di sela pemaparan.

Kepala Seksi Pelayanan Lelang, Shoim Rahmanto menutup acara sosialisasi ini dan berharap apa yang telah disampaikan dan didiskusikan dapat bermanfaat dan dapat mengurangi miss antara pemohon lelang dengan KPKNL selaku pelaksana lelang. (Teks : I Gede Abdi Negara, Foto : Nanang Ansari)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini