Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Pertajam Wawasan Stakeholders
N/a
Kamis, 25 September 2014 pukul 10:44:41   |   824 kali

Pematangsiantar - Kamis (18/09/2014) Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pematangsiantar menyelenggarakan Sosialisasi Pengelolaan Kekayaan Negara, Piutang Negara dan Pelayanan Lelang Tahun 2014  di Ruang Pertemuan Siantar Hotel Pematangsiantar kepada stakeholders. Sosialisasi kali ini mengambil tema "Meningkatkan Tata Kelola Barang Milik Negara, Pengurusan Piutang Negara/Daerah dan Pelayanan Lelang yang Transparan, Akuntabel dan Berkualitas demi Terwujudnya Tata Pemerintahan yang Baik (Good Governance)".

Yuliadi Purawibawa, Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara mewakili Kepala Kanwil DJKN Sumatera Utara membuka acara didampingi Kepala KPKNL Pematang Siantar Ali Mahmud. Dalam sambutannya, Yuliadi menjelaskan beberapa tugas pokok dan fungsi DJKN pada umumnya dan KPKNL Pematang Siantar khususnya terkait pengurusan piutang negara, pelayanan penilaian, pelayanan lelang dan pengelolaan kekayaan negara.

Pelaksanaan sosialisasi dibagi dalam 2 tahap dan terdiri dari 3 sesi pemaparan. Tahap pertama ada dua sesi yaitu sosialisasi Pengelolaan Kekayaan Negara dan sosialisasi Piutang Negara/Daerah dengan mengundang Satuan Kerja (instansi pemerintah pusat) dan unsur Pemerintah Daerah di wilayah kerja KPKNL Pematang Siantar. Sedangkan untuk tahap kedua yang merupakan sesi terakhir disampaikan sosialisasi Pelayanan Lelang dengan mengundang Lembaga Perbankan dan Pemerintah Daerah di wilayah kerja KPKNL Pematang Siantar.

Pada sesi sosialiasi Pengelolaan Kekayaan Negara, materi yang disampaikan adalah terkait peraturan terbaru mengenai Barang Milik Negara yaitu Peraturan Pemerintah Nomor.27 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan BMN/D dan PMK Nomor 50/PMK.06/2014 Tentang Penghapusan BMN. Narasumber yang memaparkan materi tersebut adalah adalah Yuliadi Purawibawa, Kabid PKN Kanwil DJKN Sumut dengan moderator Sutarmin, Kepala Seksi PKN KPKNL Pematangsiantar.

Sesi selanjutnya adalah sosialisasi Piutang Negara dengan materi Pengelolaan, Penyerahan dan Pengurusan Piutang Negara / Daerah sekaligus melakukan kegiatan penggalian potensi pengurusan piutang negara ke satuan kerja dan pemerintah daerah. Hal ini adalah tindak lanjut dandampak dari pengembalian BKPN milik BUMN/BUMD. Narasumber sesi ini adalah M.Nurrochman, Kasi PN KPKNL Pematangsiantar dengan moderator Siswanto, Pelaksana Seksi Piutang Negara. Pada kesempatan ini peserta diberikan soal test tertulis berupa pretest di awal sesi dan posttest di akhir. Test memiliki tujuan mengetahui tingkat pemahaman peserta sosialisasi terhadap pengurusan piutang negara/daerah.

Kepala KPKNL Pematang Siantar menutup sosialisasi tahap pertama untuk selanjutnya pada tahap kedua akan dilaksanakan sosialisasi Pelayanan Lelang. Ali Mahmud membuka sosialisasi tahap kedua ini dengan peserta dari Lembaga Perbankan dan Pemerintah Daerah di wilayah kerja KPKNL Pematang Siantar. Narasumber sosialisasi Pelayanan Lelang ini adalah Saul Hutabarat, Kepala Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Pematang Siantar dan sebagai moderator adalah Lambok H Siahaan, Pelaksana Seksi Pelayanan Lelang. Dalam sesi ini dikupas mengenai ketentuan-ketentuan lelang yang telah diatur dalam PMK Nomor 106/PMK.06/2013 tentang Perubahan Atas PMK Nomor 93/PMK.06/2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Lelang.

Antusiasme  yang tinggi dari  peserta sosialisasi dapat dilihat dari banyaknya jumlah peserta yang hadir dan banyaknya pertanyaan dari para peserta dari tiap setiap sesi yang ada. KPKNL Pematangsiantar sebagai pelaksana sosialisasi merasa sangat puas karena mampu menarik perhatian para stakeholders dan berharap acara tersebut dapat menambah wawasan peserta tentang pengelolaan kekayaan negara/daerah, pengelolaan dan pengurusan piutang negara / daerah serta pelayanan lelang. (Teks dan Foto : Nanda Agul S. Harahap, Seksi HI; Editor : M.Nurrochman)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini