Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Mudah dan Optimal Harga Lelangnya
N/a
Senin, 15 September 2014 pukul 15:28:28   |   1010 kali

Manado - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara Lelang (KPKNL) Manado menyelenggarakan In House Training (IHT) lelang email dan Implementasi MCM-MVA pada 11 September 2014  di ruang lelang KPKNL Manado.  Acara ini diadakan untuk memberikan pengetahuan mengenai lelang email dan lelang internet kepada para pejabat lelang, bendahara penerimaan dan pegawai KPKNL Manado serta pihak bank terkait. Kepala Seksi Lelang KPKNL Manado Wielly Prasekti membuka IHT. Welly Prasekti menyampaikan dengan adanya lelang email maka perjumpaan dengan para pihak terkait dapat dihindari seminimal mungkin sehingga tidak terjadi upaya rekayasa terhadap suatu lelang. Lelang email merupakan terobosan baru yang bisa berpengaruh terhadap harga yang lebih optimal.

Kepala Seksi Bina Lelang II B Kantor Pusat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Luhur Nugroho Joko Hartono  menjadi narasumber yang memaparkan materi mengenai  lelang email sebagai upaya untuk modernisasi lelang sehingga peserta lelang tidak perlu hadir saat pelaksanaan lelang dan cukup memantaunya melalui internet. Lebih lanjut, Luhur menyampaikan lelang email ini menjadi sebuah hal yang baru dan menarik karena antara satu penawar dengan penawar yang lain tidak tahu sehingga dapat membentuk harga yang optimal. Memasuki era teknologi informasi, segala macam proses bisnis tentu akan menyesuaikan dengan teknologi informasi, tidak terkecuali lelang. Untuk semakin dapat menarik minat pembeli, memudahkan pembeli, serta mengurangi  kemungkinan adanya mafia lelang maka munculah lelang email serta lelang internet.

Perwakilan dari PT Bank Mandiri Pusat Taufan memaparkan mengenai Mandiri Cash Management (MCM). Bendahara Penerima KPKNL  menggunakan MCM untuk pengembalian uang jaminan peserta lelang yang tidak menang lelang dan bisa juga digunakan untuk memantau pergerakan rekening koran. Di akhir sosialisasi, diadakan simulasi lelang email, dengan menunjuk satu orang pejabat lelang dan bendahara penerima KPKNL Manado dan semua peserta sosialisasi sebagai peserta lelang. Semua barang yang ditawarkan berhasil di lelang dengan kenaikan harga yang cukup tinggi. (Seksi Hukum dan Informasi_KPKNL Manado/edited/bas)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini