Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Onsite Visit Tanah BMN PT CPI
N/a
Senin, 16 Juni 2014 pukul 08:40:46   |   1211 kali

Dumai - Peristiwa  penting  pada  Kamis, 12 Juni 2014 akan menjadi bagian dari sejarah Kantor Pelayanan Kekayaan Negara (KPKNL) Dumai. Rombongan yang terdiri lima kantor berkumpul di KPKNL Dumai untuk melakukan peninjauan lapangan (on site visit) tanah Barang Milik Negara (BMN) dari Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) cq. PT Chevron Pacifik Indonesia. DJKN akan menetapkan status penggunaan tanah Barang Milik Negara (BMN) di samping dan belakang KPKNL Dumai, Jl. Sultan Syarif Kasim 55 Dumai kepada Kementerian Keuangan cq. DJKN cq. KPKNL Dumai. 

Beberapa perwakilan yang hadir adalah dari Biro Perlengkapan Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan, Sekretariat DJKN (Bagian Perlengkapan), Direktorat Piutang Negara dan Kekayaan Negara Lain-lain, Kantor Wilayah DJKN Riau Sumatera Barat dan Kepulauan Riau, Divisi Pengelolaan Rantai Suplai SKK Migas, PT Chevron Pasific Indonesia (CPI) dari Divisi Land Department dan Humas serta dari KPKNL Dumai sendiri.

Hasil peninjauan lapangan akan menjadi bahan tindak lanjut dalam proses penyelesaian/percepatan Penetapan Status Penggunaan (PSP). Rangkaian kegiatan meliputi peninjauan fisik di lapangan dengan melihat batas-batas tanah bersama PT CPI. Kegiatan dilanjutkan dengan rapat untuk merumuskan butir-butir kesepakatan tindak lanjut percepatan penyelesaian PSP.

Butir-butir kesepakatan yang telah dicapakai, KPKNL Dumai mengajukan revisi usulan PSP berdasarkan hasil tinjauan lapangan tersebut. Untuk selanjutnya proses ekskalasi oleh pihak-pihak terkait, yaitu Kemenkeu, Kementerian ESDM, DJKN, Pusat Pengelolaan Aset (PPA) Kementerian ESDM , SKK Migas dan PT. CPI sesuai tugas dan fungsi serta kewenangan masing-masing sampai dengan selesainya PSP oleh pengelola BMN yang diperkirakan paling lambat kurang lebih dua bulan ke depan.

Dalam sambutannya, Kepala KPKNL Dumai Amirudin menegaskan bahwa penambahan luas tanah ini dimaksudkan untuk melengkapi sarana dan prasarana yang kurang untuk menunjang tugas dan fungsi KPKNL Dumai. Peruntukan tanah antara lain untuk lahan parkir/upacara, gudang, rumah dinas, sarana ibadah dan sarana olahraga serta area terbuka hijau. Beliau mengharapkan dengan terpenuhinya sarana dan prasarana serta fasilitas tersebut, KPKNL Dumai dapat berkinerja lebih optimal dan memberikan pelayanan yang prima kepada stakeholder.

Tak lupa Kepala KPKNL Dumai mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dukungan dan peran aktif dari semua pihak, terutama Setjen Kemenkeu, Kantor Pusat DJKN, Kementerian ESDM, PPA ESDM, KKKS dan khususnya kepada pihak PT CPI atas lancarnya proses PSP ini.  Acara diakhiri dengan penandatanganan berita acara peninjauan lapangan dan butir-butir kesepakatan . (Penulis: Yoyok Santoso, Fotografer: Muh. Irsyad Tattaqun- KPKNL Dumai).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini