Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
IHT, Memacu Semangat dan Motivasi Kerja Pegawai
N/a
Senin, 21 April 2014 pukul 09:24:12   |   2495 kali

Jakarta - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta 1 mendapatkan kesempatan mengikuti kegiatan pelatihan guna memotivasi dan meningkatkan kompetensi pribadi dalam bentuk In House Training (IHT). Kegiatan yang diselenggarakan oleh Sekretariat Ditjen Kantor Pusat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) ini diadakan pada Senin, 7 April 2014, mulai pukul 08.00-16.00 wib dan diikuti oleh seluruh pegawai KPKNL Jakarta I.

IHT dibuka oleh Kepala KPKNL Jakarta 1 Khosim dan mengatakan bahwa kegiatan seperti ini penting diadakan secara rutin untuk memacu semangat para pegawai serta untuk mengukur sejauh mana eksistensi KPKNL Jakarta I dalam bekerja dan memberikan pelayanan bagi stakeholders.

Kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama, capacity building pegawai disampaikan oleh Widyaiswara Utama dari Pusdiklat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) Totok Soeprijanto. Totok menekankan pentingnya peranan soft skill untuk meningkatkan kapasitas pegawai dan mendukung semangat reformasi birokrasi di instansi Kementerian Keuangan. “Setiap profesi dituntut mempunyai hard skill yang khusus, tetapi soft skill merupakan kemampuan yang harus dimiliki di setiap profesi,” tuturnya.

Soft skill yang dimaksud, lanjutnya, adalah kemampuan pegawai beradaptasi dengan perubahan (adapting to change), selalu menjaga integritas (integrity), dan belajar terus-menerus (continous learning). Di sela-sela penyampaian materinya, tidak lupa Totok memberikan games yang menarik untuk membangun semangat team work dan kolaborasi di antara sesama peserta training.

Sesi kedua adalah ceramah tentang penataan pegawai Kementerian Keuangan yang disampaikan oleh Kepala Sub Bagian Manajemen Kinerja dan Mutasi Kepegawaian Sekretariat DJKN Dwi Wahyudi. Dwi mengatakan bahwa penataan pegawai diperlukan untuk memenuhi kebutuhan organisasi di lingkungan DJKN. “Selain itu, pola mutasi yang rutin, periodik, dan berkelanjutan merupakan sarana yang efektif untuk meningkatkan motivasi pegawai dalam rangka menciptakan penyegaran suasana dan lingkungan kerja,” tekan Dwi.

Pada sesi penutup, Kepala KPKNL Jakarta I Khosim mengatakan bahwa kegiatan IHT ini tidak boleh disia-siakan. Harapannya, seluruh pegawai KPKNL Jakarta I semakin semangat dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sehari-hari dengan tetap berpedoman pada nilai-nilai Kementerian Keuangan. (Penulis: Lydia F. Turnip, Fotografer: Supriyanto/edited/bas)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini