Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Goes to Universitas Haluoleo
N/a
Jum'at, 28 Februari 2014 pukul 16:13:23   |   1342 kali

Kendari - Ibarat sebuah entitas bisnis yang semakin berkembang, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) perlu lebih diperkenalkan kepada masyarakat, sehingga dapat dimengerti apa dan bagaimana peran DJKN selaku institusi yang melaksanakan sebagian fungsi dari Kementerian Keuangan, khususnya terkait pengelolaan kekayaan negara pelayanan penilaian dan pelayanan lelang. Salah satu bentuk upaya mewujudkan hal tersebut adalah dengan melakukan kegiatan “DJKN Goes to Campus”.

Untuk mewujudkan hal tersebut Kantor Pelayanan Kekayaan Negara (KPKNL) Kendari pada Selasa 18 Februari 2014 dengan dimotori oleh Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN), melaksanakan kegiatan sosialisasi pengelolaan kekayaan negara, penilaian dan lelang bertempat di Universitas Haluoleo. Kegiatan tersebut diikuti kurang lebih 150 civitas academica Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi, dengan narasumber Kepala KPKNL Kendari, Kepala Seksi PKN, Pelaksana Seksi PKN, dan Kepala Seksi Pelayanan Lelang.

Universitas dan Mahasiswa merupakan objek potensial untuk pengenalan DJKN, karena didalam komunitas kampus ini proses edukasi dan penyebaran informasi sangat mudah dilakukan dan diharapkan dalam forum sosialisasi ini dapat tercipta pemikiran maupun gagasan baru dari mahasiswa untuk pembaharuan DJKN kedepannya. 

Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Haluoleo yang pada kesempatan ini diwakili oleh Ketua Jurusan Akuntansi, Arifudin dalam sambutannya menyatakan mendukung penuh pelaksanaan kegiatan DJKN Goes to Campus, karena pengetahuan tentang pengelolaan kekayaan negara, penilaian, dan lelang yang akan disampaikan dapat membuka wawasan masyarakat dalam memahami bagaimana proses pengelolaan aset pemerintah. Selain itu Arifudin juga mengharapkan agar kerjasama antara instansi pemerintah dan kampus dapat terus dilakukan dan menjadi sebuah program yang berkelanjutan.

Setelah sambutan dari Ketua Jurusan Akuntansi, acara kemudian dilanjutkan dengan pengenalan organisasi DJKN, dalam sesi ini Kepala KPKNL Kendari Moh. Arif Rochman  menyampaikan profil organisasi  DJKN sebagai salah satu unit eselon I Kementerian Keuangan yang membidangi pengelolaan atau management asset pemerintah, dalam kesempatan itu pula beliau menyampaikan secara singkat pengaruh kinerja DJKN dalam opini Laporan Keuangan Pemerintah Pusat.

Selain profil organisasi, dalam kesempatan tersebut disampaikan pula tentang proses pengelolaan kekayaan negara oleh salah satu pelaksana seksi PKN Angga Kunto Widianto, dilanjutkan dengan pengenalan tentang penilaian oleh Kepala Seksi PKN Iwan Victor Leonardo dan pengenalan tentang lelang oleh Kepala Seksi Pelayanan Lelang R. Arif Suharsono. Pembawaan materi yang  ringan dan diselingi humor serta guyon menyegarkan suasana ruang aula jurusan akuntansi siang itu, mahasiswa pun antusias dalam menyimak materi yang disampaikan, suasana semakin hidup dan semarak ketika terjadi interaksi antara Kasi PKN dan Mahasiswa terkait pengelolaan BMN dan penilaian yang dikaitkan dengan aktiva dan pasiva dalam neraca dan laporan keuangan. Setelah materi berakhir, kemudian dibuka sesi diskusi dan tanya jawab yang dimoderatori oleh Arifudin, diskusi berjalan menarik karena pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh mahasiswa cukup kritis. Minimnya waktu dan tingginya antusiasme mahasiswa dalam sesi ini menyebabkan tidak semua mahasiswa memperoleh kesempatan dalam mengajukan pertanyaan. Dalam sesi ini dibagikan juga door prize bagi tiga peserta yang mengajukan pertanyaan paling kritis.

Pada akhir acara Kepala KPKNL Kendari menyampaikan apresiasi  yang setinggi-tingginya atas kerjasama dan partisipasi segenap civitas academica Universitas Haluoleo, serta beliau juga mengharapkan kerjasama yang telah terjalin bisa terus berlanjut. Acara ditutup dengan pembagian sertifikat kepada para peserta.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini