Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Awali Tahun 2014 Dengan Sertijab Pejabat Eselon III
N/a
Kamis, 09 Januari 2014 pukul 07:32:51   |   824 kali

JakartaKementerian Keuangan khususnya Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) menerbitkan Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia (KMK) Nomor 1122/KM.1/UP.11/2013 tanggal 24 Desember 2013 tentang Mutasi Dalam Jabatan Eselon III Di Lingkungan Kementerian Keuangan. Dalam KMK tersebut terdapat 49 pejabat eselon III di lingkungan DJKN yang mengalami mutasi dan promosi dan telah dilantik secara resmi oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara Hadiyanto pada 3 Januari 2014 di Aula DJKN Gedung Syafruddin Prawiranegara II Lantai 5, Jakarta Pusat. Guna menindaklanjuti pelantikan pejabat Eselon III tersebut, Kantor Wilayah (Kanwil) DJKN DKI Jakarta segera melaksanakan serah terima jabatan (sertijab) dari pejabat lama ke pejabat baru pada 6 Januari 2014 bertempat di Ruang Rapat Lantai 1 Gedung Kanwil DJKN DKI Jakarta, Jalan Prapatan Nomor 10, Jakarta Pusat.

Acara sertijab ini dibuka dengan sambutan dan arahan Kepala Kanwil DJKN DKI Jakarta Try Intiaswati. Dalam sambutannya, Kakanwil menyampaikan tentang mutasi dan promosi pejabat Eselon III dari dan ke lingkungan Kanwil DJKN DKI Jakarta. Adapun pejabat eselon III yang masuk di lingkungan Kanwil DJKN DKI Jakarta adalah Kepala Bagian Umum Aceng Machmud (sebelumnya Kepala Bagian Umum Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta), Kepala KPKNL Jakarta I Khosim (sebelumnya Kepala KPKNL Jakarta II), dan Kepala KPKNL Jakarta II Ekka Sri Sukadana (sebelumnya Kepala Subdirektorat Kekayaan Negara Lain-Lain I, Direktorat Piutang Negara dan Kekayaan Negara Lain-Lain). Sedangkan pejabat eselon III dari Kanwil DJKN DKI Jakarta yang mengalami mutasi keluar adalah Sigit Prasetyo Nugroho yang sebelumnya menjabat Kepala Bagian Umum sekaligus merangkap jabatan sebagai Plt. Kepala KPKNL Jakarta I, kini menduduki jabatan Kepala KPKNL Serpong. “Dengan posisi yang ada sekarang Kepala KPKNL Jakarta I s.d. V yang sudah terisi, diharapkan capaian kinerja di tahun 2014 akan lebih baik dan tercapai seoptimal mungkin”, pesan Try. Lebih lanjut lulusan Magister Hukum Universitas Padjajaran ini memberikan arahan terkait target pada tahun 2014 khususnya piutang negara yakni agar KPKNL mengusulkan target sesuai dengan kondisi KPKNL saat ini dengan memperhitungkan pengembalian Berkas Kerja Piutang Negara (BKPN). “Sehingga piutang negara yang diurus saat ini adalah piutang negara eks BPPN, eks BDL, instansi pemerintah, chanelling dan risk sharing”, lanjut Try. Kakanwil mengharapkan agar KPKNL dapat menyiapkan data usulan target dengan dilengkapi sumber-sumber penerimaan Piutang Negara dapat diselesaikan (PNDS) dan Biaya Administrasi Pengurusan Piutang Negara (Biad PPN).

Melanjutkan sambutan dan arahannya, Ibu yang memiliki hobi menyanyi dan memasak ini menyoroti tentang tantangan berat di tahun 2014 ini, diantaranya dari sisi PNDS, Pengelolaan Kekayaan Negara karena adanya arestasi dari Kantor Pusat DJKN yang diturunkan ke Kanwil maupun KPKNL, dan penilaian dimana semua permohonan pemindahtanganan dan pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN) seperti sewa dan Kerja Sama Pemanfaatan (KSP) semuanya dilakukan oleh Bidang/Seksi Penilaian. “Dengan tantangan berat itu tentunya butuh pemikiran, tenaga, dan kerja yang lebih agar dapat mencapai target”, tegas Kakanwil. Di akhir sambutan dan arahannya, Kakanwil menekankan kepada Kepala KPKNL Jakarta I s.d. V untuk membuat pemetaan seluruh tugas, membuat perencanaan yang tepat, melaksanaan pemantauan pelaksanaan tugas, dan pengawasan terhadap staf/pegawai dan pelaksanaan tugas. “Apa yang kita lakukan di tahun 2014 ini harus sesuai dengan perencanaan sehingga memudahkan dari sisi anggaran”, tegas Try. Terkait pengawasan terhadap pegawai, Try menghimbau agar seluruh pegawai mendapat perlakuan yang sama dengan dilandasi prinsip kedisiplinan, keterbukaan, dan kebersamaan.

Usai sambutan dan arahan dari Kakanwil, acara dilanjutkan dengan pelaksanaan acara inti yakni sertijab antara pejabat lama dengan pejabat baru. Prosesi sertijab diawali dengan penandatanganan naskah dan memori sertijab oleh pejabat lama dan pejabat baru serta Kepala Kanwil DJKN DKI Jakarta. Setelah penandatangan, kemudian dilakukan penyerahan naskah dan memori sertijab dari pejabat lama ke pejabat baru, yang disaksikan oleh Kepala Kanwil DJKN DKI Jakarta beserta seluruh Pejabat Eselon III di lingkungan Kanwil DJKN DKI Jakarta.

Acara sertijab pejabat eselon III di lingkungan Kanwil DJKN DKI Jakarta diakhiri dengan foto bersama Kepala Kanwil DJKN DKI Jakarta dengan seluruh pejabat Eselon III di lingkungan Kanwil DJKN DKI Jakarta, yang kemudian dilanjutkan dengan acara ramah tamah. (Teks/Foto : Harry Budiarto, Bidang KIHI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini