Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
KPKNL Sorong Kenalkan Motto “GERAK”
N/a
Senin, 04 Maret 2013 pukul 14:58:55   |   38 kali

Sorong – Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Sorong C. Chrisnan Herprajoko memperkenalkan motto KPKNL Sorong yang baru yakni “GERAK” yang merupakan singkatan dari Gesit, Empati, Rapi, Akurat dan Konsisten pada acara bimbingan teknis, evaluasi dan penyamaan persepsi target Indikator Kinerja Utama (IKU) KPKNL Sorong dan Kantor Wilayah XVII Direktorat Jenderal kekayaan Negara (DJKN) Jayapura Tahun Anggaran 2013 pada 18 februari 2013  di ruang aula KPKNL Sorong

Chrisnan menjabarkan satu persatu motto tersebut. Gesit berarti setiap pekerjaan yang dilakukan haruslah cepat dan sesuai apa yang diharapkan oleh stakeholders. Empati berarti mempunyai sudut pandang yang luas untuk dapat mengerti dalam bekerja sama orang lain. Rapi berarti bahwa pekerjaan yang dilakukan haruslah rapi dan pekerja yang melakukan pekerjaan tersebut haruslah berpenampilan yang rapi. Akurat berarti pekerjaan yang dilakukan haruslah benar sesuai dengan Standart Operating Procedure (SOP) dan petunjuk peraturan perundang-undangan yang ada. Konsisten berarti harus selalu berpegang teguh pada nilai-nilai dan prinsip-prinsip dasar pegawai negeri.

Ia juga menambahkan bahwa apa yang kita lakukan harus juga sejalan dengan Nilai-Nilai Kementerian Keuangan yaitu integritas, profesionalisme, sinergi, pelayanan dan kesempurnaan. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin pembinaan yang dilakukan oleh Kanwil XVII DJKN Jayapura dan dipimpin secara langsung oleh Kepala Kantor Wilayah XVII DJKN Jayapura Marhokkom Sitompul.

Sejalan dengan motto KPKNL Sorong, pria yang sebelumya bertugas di KPKNL Bekasi ini mencontoh falsafah kaizen. Kaizen (改善) merupakan istilah dalam bahasa Jepang yang bermakna "perbaikan berkesinambungan". Falsafah kaizen berpandangan bahwa hidup  hendaknya fokus pada upaya perbaikan terus-menerus. Pada penerapannya dalam institusi, kaizen mencakup pengertian perbaikan berkesinambungan yang melibatkan seluruh pekerjanya, dari manajemen tingkat atas sampai manajemen tingkat bawah. “Kita harus dapat menerapkan falsafah kaizen dalam diri kita”, ungkap Pak Cris, sapaan akrab Kepala KPKNL Sorong tersebut. Ia berharap bahwa falsafah ini dapat diterapkan di lingkungan KPKNL Sorong agar dapat selalu belajar dan berubah menjadi lebih baik. Hal ini juga sejalan dengan tantangan yang diterima oleh KPKNL Sorong tahun ini untuk menjadi KPKNL Teladan pertama di wilayah DJKN XVII Jayapura.

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Wilayah XVII DJKN Jayapura Marhokkom Sitompul memberikan evaluasi atas capaian kinerja target tahun 2012. Ia  juga memberikan arahan dan pembinaan guna mencapai target kinerja yang lebih baik di tahun 2013 ini serta arahan agar pelayanan yang diberikan oleh seluruh pegawai KPKNL Sorong dapat dilakukan dengan maksimal agar target juga tercapai. Selain itu, ia juga menghimbau kepada seluruh pegawai KPKNL Sorong agar dapat melaksanakan Surat Edaran Menteri Keuangan Nomor 37/MK.01/2012 tentang Peningkatan Disiplin Pegawai Negeri Sipil Kementerian Keuangan dalam Rangka Perwujudan Nilai-Nilai Kementerian Keuangan. Di akhir acara, dilakukan sharing permasalahan dan tantangan yang dihadapi oleh pegawai di lingkungan KPKNL Sorong. (Agung Iman Setyawan-KPKNL Sorong)

     

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini