Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Mengawal Jajaran Pimpinan Kementerian Keuangan Dalam Rangka Hari Oeang ke 67
N/a
Jum'at, 01 November 2013 pukul 09:18:09   |   510 kali

Jakarta – Setelah upacara peringatan  Hari Oeang ke-67 pada 30 Oktober 2013, Menteri Keuangan Muhamad Chatib Basri menghadiri acara talkshow yang diadakan di Gedung Dhanapala, Acara Leadership talkshow yang bertemakan Mengawal Jajaran Pimpinan Kementerian Keuangan dalam Rangka Hari Oeang ke- 67 tersebut dihadiri oleh seluruh Eselon III dan Eselon II di lingkungan Kementerian Keuangan dan bertindak sebagai narasumber adalah seluruh Pejabat Eselon I di Kementerian Keuangan. Acara ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Oeang ke-67 dan bertujuan untuk sebagai pameran pertama program tranformasi kelambagaan Kementerian Keuangan, sarana pertemuan informal antara para pegawai dan para pemimpin Kementerian Keuangan, membangun kesadaran dan komitmen bersama tentang program transformasi kelembagaan yang sedang dilaksanakan di lingkungan Kemeterian Keuangan, saling berbagi cerita kesuksesan di level regional atau kantor pusat kemudian bertindak sebagai wadah berbagi pengalaman tentang proses kepeminpinan dan harapan untuk Kementerian Keuangan di masa depan.

Dalam sambutannya Chatib Basri mengatakan bahwa Kementerian Keuangan adalah lembaga yang memiliki fungsi penegak hukum, seperti yang dilakukan Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Bea Cukai, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Direktorat Jenderal Anggaran tetapi di sisi lain juga punya sisi pelayanan, “How to strike the balance, bagaimana menarik garis tengah antara fungsi koersi sebagai regulator dan fungsi pelayanan, ini menjadi tantangan bagi kita bersama ke depan,” ujarnya. Untuk mencari keseimbangan tersebut dilakukan tranformasi kelembagaan dengan reformasi birokrasi yang dalam menjalankannya dibutuhkan komitmen dari semua pihak dari level Menteri Keuangan sampai dengan pelaksana di kantor pelayanan. “Marilah kita kembangkan sinergi, optimisme dan kerja keras agar program transformasi kelembagaan ini memperoleh hasil yang diharapkan, sekali lagi saya ucapkan Selamat Hari Oeang yang ke 67.” demikian pesannya.

Turut meramaikan acara ini adalah sambutan dari mantan Menteri Keuangan Agus Martowardojo, beliau mengucapkan terimakasih atas undangannya dan merasa yakin bahwa para Menteri Keuangan sebelumnya akan merasa bangga atas capaian Kementerian Keuangan saat ini, tidak lupa Agus juga mengucapkan “Dirgahayu Kementerian Keuangan !”.

Acara selanjutnya adalah diskusi panel, Direktur Jenderal Kekayaan Negara Hadiyanto memberikan pandangan bahwa komitmen dari pimpinan di seluruh level kementerian keuangan sangat penting untuk bisa memastikan keberhasilan reformasi birokrasi dan transformasi kelambagaan. Reformasi birokrasi berkaitan perubahan pada tiga hal, pertama adalah perubahan pelayanan publik, kedua adalah tata cara pelaksanaan atau proses bisnis dan ketiga adalah sumber daya manusia. Transformasi kelembagaan lebih mengarah pada visi dan misi dan strategi organisasi di masa depan, oleh karena itu kedua hal tersebut adalah rangkaian perubahan lembaga untuk terus menjadi lebih baik. “Di masa yang akan datang Kementerian Keuangan tidak saja melakukan benchmarking ke berbagai negara untuk menjadi lokomotif perubahan melalui transformasi kelembagaan tetapi di Kementerian Keuangan menjadi benchmark di negara-negara di asia sebagai institusi yang berhasil di transformasi kelembagaan.” demikian ujar Hadiyanto yang disambut dengan tepuk tangan oleh seluruh hadirin.

Pada akhir acara diberikan plakat penghargaan kepada pemenang lomba dan pertandingan olah raga memperingati Hari Keuangan dan untuk unit-unit kerja berprestasi di lingkungan Kementerian Keuangan. Tiga kantor pelayanan percontohan di Direktorat Jenderal Kekayaan Negara memperoleh penghargaan yaitu Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pekalongan pada peringkat ketiga, KPKNL Palangkara di peringkat kedua dan KPKNL Padang di peringkat pertama. KPKNL Jakarta V memperoleh predikat kantor dengan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani yang merupakan peringkat tertinggi dalam status kantor bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme, sedangkan untuk pertandingan olahraga DJKN menjadi Juara III Bola Voli Putra, Juara II Tenis Meja Beregu Putra, Juara I Tenis Meja Putra, Juara II Tenis Lapangan Putra, Juara III Bola Basket Putra dan Juara III Fotografi. (Humas)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini