Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Kakanwil DJKN DKI Jakarta : Minimalkan Permasalahan dan Risiko Dalam Pelaksanaan Tugas
N/a
Jum'at, 13 September 2013 pukul 14:10:53   |   1076 kali

Jakarta - Selasa, 10 September 2013 bertempat di Pendopo Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (kanwil DJKN)  DKI Jakarta, Kepala Kanwil DJKN DKI Jakarta, Tri Intiaswati, secara resmi melantik dan mengambil sumpah Pejabat Lelang Kelas I, Pejabat Lelang Kelas II, dan Pemeriksa yang telah mendapatkan Surat Keputusan (SK) pengangkatan dari Menteri Keuangan.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Tampak semua hadirin, para Kepala Bidang dan Kepala KPKNL, pejabat eselon IV dan pelaksana di lingkungan Kanwil DJKN DKI Jakarta, menyanyikan lagu dengan penuh semangat, dan khidmat. Setelah itu, dilanjutkan dengan pembacaan ringkasan Surat Keputusan (SK) Menteri Keuangan tentang pengangkatan terhadap Pejabat Lelang Kelas I, Pejabat Lelang Kelas II, dan Pemeriksa. Pengambilan sumpah dan pelantikan dilakukan oleh Kepala Kanwil DJKN DKI Jakarta dan bertindak sebagai saksi adalah Kepala Bagian Umum Sigit Prasetyo Nugroho dan Kepala Bidang Lelang Haposan Janyoss. 

Pejabat Lelang Kelas I yang diambil sumpah dan dilantik adalah Eryun Sari (Pelaksana pada KPKNL Jakarta I), Theodora Wijayanti (Pelaksana pada KPKNL Jakarta II), Muhammad Rumhanafi (Pelaksana pada KPKNL Jakarta III), Mohammad Misbah dan Lestari (Pelaksana pada KPKNL Jakarta IV), Sustiyaningsih dan Habibi (Pelaksana pada KPKNL Jakarta V), serta Benedictus Deni Wahyudi (Pelaksana pada Kanwil DJKN DKI Jakarta). Sedangkan Pejabat Lelang Kelas II yang diambil sumpah dan dilantik yaitu Riris Simangunsong, yang merupakan pensiunan DJKN. Terakhir sebelum pensiun Riris menjabat Kepala Bidang Lelang Kanwil VII DJKN Jakarta (sekarang Kanwil DJKN DKI Jakarta).

Pengambilan sumpah dan pelantikan juga dilakukan Kepala Kanwil Jakarta terhadap pemeriksa. Dengan Sigit Prasetyo Nugroho dan Kepala KPKNL Jakarta IV Agung Budi Setijadji yang bertindak sebagai saksi. Pemeriksa yang diambil sumpah yakni Akhmad Mabarun dan Warda Kurniaty, keduanya merupakan pelaksana pada KPKNL Jakarta IV.

Seusai pengambilan sumpah dan pelantikan serta penandatanganan berita acara, Kakanwil DJKN DKI Jakarta memberikan arahan. Dalam arahannya, Tri menyampaikan bahwa prestasi  cukup tinggi yang dicapai dalam pelaksanaan pelayanan lelang tidak lepas dari kemampuan dan profesionalitas para Pejabat Lelang Kelas I dan Pejabat Lelang Kelas II. “Prestasi yang sudah baik ini harus dipertahankan, kita tidak boleh cepat puas dengan apa yang dicapai”, pesan Ibu yang pernah menjabat Kepala Kanwil V DJKN Bandar Lampung (sekarang Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu) ini. Lebih lanjut, Tri berharap agar para Pejabat Lelang Kelas I dan Pejabat Lelang Kelas II yang baru diambil sumpah dan dilantik ini mampu berkarya dengan lebih baik dalam rangka mencapai dan meningkatkan realisasi pelaksanaan lelang baik dari pokok lelang, bea lelang, dan frekuensi lelang, sehingga akan berdampak terhadap peningkatan kontribusi Penerimaan Negara Bukan Pajak DJKN melalui bea lelang.

Dalam era teknologi ini, Try mengharapkan para Pejabat Lelang Kelas I dan Pejabat Lelang Kelas II harus mampu membaca dan memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin dinamis seiring dengan perkembangan teknologi, dan dapat menjadi ujung tombak dalam rangka menciptakan lelang sebagai satu-satunya alat jual beli yang paling utama bagi masyarakat. Try juga menghimbau kepada Pejabat Lelang Kelas I dan Pejabat Lelang Kelas II agar mencermati dan mematuhi peraturan yang ada, untuk meminimalkan permasalahan terkait pelaksanaan lelang, sehingga dapat tercapai tertib administrasi, tertib fisik, dan tertib hukum.

Khusus terhadap Pejabat Lelang Kelas II,  Try berharap agar Pejabat Lelang Kelas II dapat menggali potensi lelang yang lebih besar lagi yang ada di wilayah DKI Jakarta. “Kanwil DJKN DKI Jakarta sebagai Superintendent akan senantiasa melakukan pembinaan dan pemantauan terhadap Pejabat Lelang Kelas II”, ujar Ibu yang memiliki hobi menyanyi ini. Try juga mengharapkan agar Pejabat Lelang Kelas II mematuhi kewajiban sesuai peraturan dan ketentuan yang ada serta tertib membuat laporan pelaksanaan lelang.

Kepada para Pemeriksa yang disumpah dan dilantik, Kakanwil DJKN DKI Jakarta memberikan arahan bahwa tugas berat sudah menanti  Pemeriksa, dimana cukup besar potensi pengurusan piutang negara di DJKN khususnya di lingkungan Kanwil DJKN DKI Jakarta. Try berharap agar para Pemeriksa mampu menguasai pekerjaan terkait pemeriksaan berkas pengurusan piutang negara, menguasai pula peraturan dan ketentuan yang berlaku. “Jeli, cermat, dan teliti merupakan karakter yang dibutuhkan Pemeriksa”, pesan Try.

Dalam menutup arahannya, Try berharap agar para Pejabat Lelang Kelas I, Pejabat Lelang Kelas II, dan Pemeriksa agar dapat bekerja dengan baik dan memberikan kontribusi optimal dalam rangka pencapaian target di DJKN dan di lingkungan Kanwil DJKN DKI Jakarta. “Minimalkan permasalahan dan risiko yang ada dalam pelaksanaan tugas”, pungkas Try.

Menutup keseluruhan rangkaian acara, dilakukan pembacaan doa yang dipimpin oleh rohaniwan, kemudian dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat kepada Pejabat Lelang Kelas I, Pejabat Lelang Kelas II, dan Pemeriksa yang baru saja diambil sumpah dan dilantik.

(Teks/Foto : Harry Budiarto, Bidang KIHI, Kanwil DJKN DKI Jakarta)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini