Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
KPKNL Singkawang Gali Potensi Lelang di Bumi Sebalo
N/a
Rabu, 24 Juli 2013 pukul 13:09:33   |   1043 kali

Bengkayang – Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Singkawang, Sujarwo menghadiri rapat koordinasi pada 17 Juli 2013 di ruang rapat Bupati Bengkayang, Jalan guna Baru Trans Rangkang Bengkayang, Kalimantan Barat.

Rapat ini dihadiri oleh Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Hukum, Kepala Dinas Pendapatan Daerah Alexius, Kepala Badan Pertanahan Bengkayang Khomarudin, serta wakil dari notaris yang membahas masalah Penerimaan Asli Daerah (PAD) dari sektor penerimaan pajak Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

Pada kesempatan tersebut, Sujarwo menjelaskan bahwa KPKNL merupakan salah satu kantor yang berkontribusi dalam menghasilkan penerimaan BPHTB. Ia menyarankan agar formulir BPHTB disiapkan oleh pemerintah daerah serta melakukan kerja sama dalam bank-bank persepsi yang dapat menerima penyetoran BPHTB. Selain itu, untuk meningkatkan PAD ia juga meminta kerja sama pemerintah daerah untuk menggandeng investor di lingkungan Kabupaten Bengkayang agar ikut berpartisipasi dalam membeli aset tetap melalui lelang yang berlokasi di Bumi Sebalo ini.

Sujarwo juga menjelaskan bahwa pengenaan tarif BPHTB dari penjualan lelang yang dilakukan KPKNL ditetapkan berdasarkan pokok lelang dan bukan berdasar dari Nilai Jual Objek Pajak (NJOP). Ia juga menjelaskan tentang pengertian, prosedur dan persyaratan lelang non eksekusi wajib Barang Milik Daerah (BMD). Selain lelang, pria yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah DJKN Banda Aceh ini juga menjelaskan tentang tugas KPKNL sebagai penilai aset dan menawarkan kerja sama dalam hal penilaian aset BMD Pemkab Bengkayang untuk penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD).

Bupati Bengkayang Suryadman Gidot menyambut positif atas kerja sama yang ditawarkan oleh KPKNL Singkawang. Pada kesempatan yang sama, Suryadman juga mengharapkan peranan kantor pertanahan dan KPKNL dalam memberikan kontribusi pada PAD, sehingga diharapkan terjalin kerja sama yang baik. Di akhir acara, ia memberikan apresiasi kepada KPKNL Singkawang atas penjelasan serta tawaran kerja sama di bidang lelang dan penilaian aset di lingkungan Pemkab Bengkayang, dan berjanji akan segera melakukan konsolidasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Bengkayang. (M.R-KPKNL Singkawang/edited/bas)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini