Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Direktur Lelang Berikan Informasi Perkembangan dan Kebijakan Terbaru di Bidang Lelang
N/a
Selasa, 23 Juli 2013 pukul 14:13:25   |   658 kali

Tangerang – Direktur Lelang Purnama T. Sianturi memberikan ceramah serta informasi tentang perkembangan-perkembangan dan kebijakan terbaru yang diambil oleh Direktorat Lelang di bidang lelang. Hal ini disampaikannya saat Diklat Teknis Substantif Spesialisasi Lelang bagi Pejabat Struktural Tahun Anggaran 2013 yang diselenggarakan pada 15-19 Juli 2013 di kampus Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kekayaan Negara dan Perimbangan Keuangan (Pusdiklat KNPK), Tangerang.

Direktur Lelang berharap agar para peserta diklat mendapatkan informasi terkini tentang upaya peningkatan pelayanan lelang yang telah diprogramkan oleh Direktorat Lelang untuk tahun 2013. Upaya-upaya tersebut meliputi penyempurnaan peraturan, peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) lelang, pembinaan Pejabat Lelang Kelas I/II dan Balai Lelang, peningkatan sosialisasi dan penggalian potensi di bidang lelang, masukan penyelesaian masalah di lapangan, peningkatan mutu layanan lelang, dan optimalisasi Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP). Ia juga mengharapkan dukungan dan kerja sama dari para pejabat struktural peserta diklat untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kinerja lelang sebagai suatu rintisan untuk mencapai suasana lelang seperti yang telah berkembang dan memasyarakat di luar negeri.

Usai paparan Direktur Lelang, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang disambut antusias oleh para peserta. Beberapa pertanyaan yang mengemuka dari para peserta adalah hal-hal yang sedang disiapkan materi pengaturannya oleh Direktorat Lelang, di antaranya tentang penilaian yang menjadi dasar penetapan nilai limit untuk lelang non eksekusi sukarela tanah dan bangunan serta lelang eksekusi, mekanisme pengembalian uang jaminan dan perekaman prestasi lelang dari aspek pokok lelang, bea lelang, serta frekuensi lelang.

Dengan diselenggarakannya diklat-diklat dengan tema lelang, Purnama berharap makin banyak “agen” yang berperan dalam pengembangan dan peningkatan kinerja lelang, dan lelang sebagai suatu sistem jual beli handal yang semakin memasyarakat, dengan demikian Direktorat Lelang dapat selangkah lebih maju untuk mewujudkan motto yang diusungnya, “sales means auction”.

            DJKN  merupakan organisasi dinamis yang menuntut setiap pegawai untuk menguasai berbagai macam core business organisasi, sehingga penugasan di manapun tidak menghalangi para pegawai untuk menyelesaikan pekerjaan dan seluruh tantangan yang ada di dalamnya. Penguasaan terhadap soft skill tersebut harus terus-menerus diasah dan disesuaikan dengan perkembangan yang ada. Atas dasar inilah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) bekerja sama dengan Pusdikalt KNPK menyelenggarakan diklat ini untuk memberikan pembekalan bagi para pegawai yang memangku jabatan struktural terkait lelang di kantor-kantor vertikal DJKN.

Melalui diklat ini, para peserta diharapkan memperoleh pengetahuan lelang yang handal dan up-to-date untuk melaksanakan tugas di unit kerja masing-masing. Di tahun 2013, diklat dengan tema lelang memberikan materi berupa aspek hukum, aspek pelaksanaan lelang, hingga materi perkembangan-perkembangan terbaru dalam pelaksanaan lelang di Indonesia . Diklat ini diikuti 25 orang pejabat struktural yang bertugas di kantor vertikal DJKN dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. (Wiwin-Dit Lelang/edited/bas)

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini