Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Pentingnya Pengendalian Dalam Pemantauan Pelaksanaan SOP
N/a
Selasa, 27 November 2012 pukul 16:46:58   |   1543 kali

Bekasi - Rabu, 21 November 2012, dengan narasumber dari Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan (Itjen Kemenkeu), Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bekasi mengadakan Sosialisasi Peningkatan Penerapan Pengendalian Intern di lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN). Acara tersebut dibuka oleh Kepala Seksi Hukum dan Informasi, Nendang Herawan yang mewakili Kepala KPKNL Bekasi dan diikuti oleh perwakilan seluruh pegawai dari masing-masing seksi.

Dalam sambutannya, Nendang mengharapkan dengan adanya sosialisasi ini dapat menambah pengetahuan, pemahaman, dan peningkatan penerapan pengendalian internal sehingga Standar Operating Procedure (SOP) yang telah ditetapkan terutama dalam hal layanan unggulan pada KPKNL dapat terlaksana dengan baik.

Tim narasumber Itjen Kemenkeu yang diwakili Akhmad Musofa menyampaikan penjelasan garis besar Keputusan Menteri Keuangan Nomor 152/KMK.09/2011 tentang Peningkatan Penerapan Pengendalian Intern di Lingkungan Kementerian Keuangan dalam rangka mewujudkan sistem pengendalian intern yang kuat. Strategi pengembangan Unit Pemantauan Pengendalian Intern secara garis besar menurut KMK Nomor 152/KMK.09/2011 tersebut dan sesuai dengan arahan Menteri Keuangan antara lain pembentukan struktur Unit Kepatuhan Internal permanen, pengembangan tools pemantauan pada kegiatan di luar tahun 2011, pengembangan metodologi dan tools seluruh unsur pengendalian intern.

  

Dijelaskan pula mengenai tujuan pemantauan, jenis pemantauan, dan tahapan pengendalian utama yang antara lain meminta dokumen sampel kepada pelaksana pengendalian, melaksanakan pengujian atas dilaksanakannya pengendalian utama, memberikan rekomendasi atas temuan kepada pelaksana pengendalian, dan membuat serta membahas kompilasi temuan, rekomendasi, dan tindak lanjut. Disampaikan pula, peran pemilik pengendalian, pelaksana pemantauan, dan inspektorat jenderal. Terdapat beberapa pertanyaan dan kendala dari peserta dalam pelaksanaan pemantauan pengendalian internal di KPKNL Bekasi.  Pada akhir acara narasumber menegaskan agar tercipta pelaksanaan pengendalian internal yang kuat, perlu adanya komitmen yang tinggi dari masing-masing pegawai. (A.Hidran Hakim - KPKNL Bekasi)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini