Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Rakorda Kanwil VI DJKN Serang Cerminan Rakernas DJKN
N/a
Kamis, 29 November 2012 pukul 16:52:48   |   549 kali

Serang - Untuk menyosialisasikan hasil Rapat Kerja Nasional Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Rakernas DJKN) tanggal 1-2 November 2012 sekaligus untuk melakukan konsolidasi terhadap capaian kinerja dan rencana kerja tahun 2013, Kantor Wilayah (Kanwil) VI DJKN Serang mengadakan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) semester II tahun 2012 bertempat di Hotel Jayakarta Anyer pada tanggal 7-10 Nopember 2012. Acara diawali dengan laporan Ketua Panitia Rakorda yaitu Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Serpong Mustafa. Poin pokok dalam laporan Ketua Panitia Rakorda adalah tema Rakorda Semester II Tahun 2012 yaitu “Dengan Internalisasi Nilai-Nilai Kementerian Keuangan Kita Kembangkan Etos Kerja Yang Produktif Demi Peningkatan Kualitas Pelayanan”.

Acara Rakorda dibuka dengan sambutan Nur Purnomo selaku Kepala Kanwil VI Serang. Hal pertama dalam kata sambutannya Nur Purnomo memberikan apresiasi kepada seluruh pegawai di lingkungan Kanwil VI Serang yang menjadi juara dalam rangka Ulang Tahun DJKN ke enam, di antaranya futsal, tenis meja, dan DJKN Got Singers 2012. Hal ini untuk menumbuhkan sportivitas dan budaya berkompetisi secara sehat, sehingga diharapkan meningkatkan produktivitas dan budaya kerja yang baik. 

Selanjutnya Nur Purnomo memaknai kata sambutan Menteri Keuangan dalam Rakernas DJKN Tahun 2012 dengan perlunya ditingkatkan militansi dalam pelaksanaan tugas, agar unit DJKN menjadi institusi yang diakui dan dipercaya dalam hal pengelolaan aset milik negara, serta dapat meningkatkan kepuasan kepada stakeholder yang menjadi mitra kerja Kanwil VI DJKN Serang beserta jajarannya. Selain itu harus ditingkatkan pula pemahaman seluruh pegawai di lingkungan Kanwil VI DJKN Serang terkait dengan pengisian penilaian kinerja pegawai dan survei kepuasan pegawai yang dilakukan melalui aplikasi berbasis web dengan memperhatikan batas waktu pelaksanaannya sehingga tidak terjadi adanya teguran/sanksi akibat ketidaktahuan/ketidakpahaman pegawai dalam pengisian kedua aplikasi tersebut.

 

Isu hangat seputar pengurusan piutang negara juga menjadi sorotan Nur Purnomo, di mana saat ini Seksi Piutang Negara hendaknya  fokus melaksanakan ketentuan SE-07/PN/2012 tanggal 10 Oktober 2012 sebagai tindak lanjut atas putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 77/PUU-IX/2011 terutama menyiapkan data untuk melaksanakan rekonsiliasi dengan penyerah piutang sambil menunggu petunjuk dari Kantor Pusat terkait mekanisme penyerahan kembali Berkas Kasus Piutang Negara (BKPN) kepada Penyerah Piutang.

Untuk pengelolaan barang milik negara (BMN), Nur Purnomo berharap agar seluruh jajaran di lingkungan Kanwil VI DJKN Serang senantiasa meningkatkan kepercayaan dan kepatuhan satker Kementerian/Lembaga sebagai upaya untuk meningkatkan opini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) tahun 2012 menjadi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari sisi pengelolaan aset. Perlu pula diperhatikan pelaksanaan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 271 Tahun 2011 tentang Pedoman Pelaksanaan Tindak Lanjut Hasil Penertiban BMN pada Kementerian Negara/Lembaga dan PMK Nomor 125 Tahun 2011 tentang Pengelolaan BMN yang Berasal dari Dana Dekonsentrasi dan Dana Tugas Pembantuan Sebelum Tahun Anggaran 2011 terkait dengan batas waktu pelaksanaannya.

     

Kakanwil menambahkan perlu segera melakukan sosialisasi/koordinasi dengan pihak Pemerintah Daerah (Pemda) di wilayah kerja Kanwil VI DJKN Serang untuk meninjau penilaian barang milik daerah (BMD) mengingat tahun 2013 praktis kegiatan penilaian akan berkurang disebabkan berkurangnya penilaian BMN dan penilaian barang jaminan juga menjadi perhatian Nur Purnomo.


Pelaksanaan Rakorda berjalan dengan lancar dalam suasana yang santai namun serius, diawali dengan pemaparan tentang capaian kinerja sampai dengan bulan Oktober 2012 dan rencana kerja tahun 2013 oleh masing-masing bidang di Kanwil VI DJKN Serang dan dilanjutkan paparan oleh masing-masing KPKNL antara lain KPKNL Serpong, KPKNL Serang, dan KPKNL Tangerang.

Acara Rakorda Semester II Tahun 2012 Kanwil VI DJKN Serang ditutup dengan penandatanganan rencana target tahun 2013 antara lain target pengurusan piutang negara, target lelang, dan target utilisasi oleh Kepala Kanwil dengan para Kepala KPKNL. Di akhir acara dibacakan pula butir-butir Rakorda Kanwil VI DJKN Serang Semester II Tahun 2012 oleh Kurnia Ratna Cahyanti. (Andy H/Bidang PN Kanwil VI DJKN Serang)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini