Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Program Penyegaran (Refreshment Course) Bidang Hukum dan Informasi
N/a
Senin, 08 Maret 2010 pukul 14:25:32   |   2363 kali

Kantor Wilayah (Kanwil) XIII DJKN Samarinda mengadakan Program Penyegaran (Refreshment Course) Bidang Hukum dan Informasi Pada tanggal 23 s.d. 25 Februari bertempat di KPKNL Bontang. Kegiatan ini bertujuan mengevaluasi, memberikan arahan/pembinaan, serta menegaskan/mengingatkan kembali akan uraian jabatan serta tugas dan fungsi seksi Hukum dan Informasi.

Acara tersebut dibuka oleh Kepala Kanwil XIII DJKN Samarinda Suhadi. Refreshment Course ini diikuti oleh para Kepala Seksi Hukum dan Informasi di lingkungan Kanwil XIII DJKN Samarinda beserta staf masing-masing. Dalam pengarahannya, Kepala Kanwil menyampaikan bahwa pelaksanaan Program Penyegaran (Refreshment Course) dimaksudkan untuk lebih meningkatkan kinerja seksi Hukum dan Informasi sesuai tugas dan fungsinya yang memiliki peran sentral sebagai basis data dan sumber opini/pertimbangan hukum KPKNL.

    

Menyambung arahan Kepala Kanwil, Kepala Bidang Hukum dan Informasi Kanwil XIII Samarinda Suharno menyampaikan bahwa masalah ketertiban dan kelancaran penyampaian laporan-laporan oleh KPKNL kepada Kanwil perlu ditingkatkan kualitasnya, khususnya dalam hal ketepatan waktu dan ketelitian/kecermatan penyajian data sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku. Dalam kesempatan ini Kepala Bidang Hukum dan Informasi memaparkan secara rinci dan me-refresh para peserta tentang bagaimana laporan-laporan tersebut disajikan dan periode yang harus dipatuhi dalam penyampaiannya.
   
Selanjutnya Kepala Seksi Pengolahan Data dan Layanan Informasi Kanwil XIII DJKN Samarinda Erik Susanto memberikan tutorial dan instalasi sistem aplikasi penunjang tugas dan fungsi Seksi Hukum dan Informasi yang dinamakan GISHA (Gudang Informasi Sisa Hutang dan Angsuran). GISHA ini dibangun oleh Radhitiono Wicaksono (saat ini tengah menjalani studi D IV) dan dibantu oleh Erni Ika Nurhayati yang merupakan staf pada KPKNL Samarinda. Sistem aplikasi ini adalah penunjang tugas dalam pengelolaan data BKPN, barang jaminan, verifikasi saldo hutang, angsuran, klasifikasi besaran piutang (membantu pula dalam pemantauan hutang di atas Rp1 miliar), produk hukum PUPN, resume nilai pengurusan, agenda nota pembayaran, sampai pencetakan secara otomatis nota pembayaran, verifikasi, SPPNS/L, dan PSBDT. GISHA ini diharapkan sebagai pusat data yang representatif dan akurat serta sebagai penunjang bagi penerapan SIMPLe nantinya. Intinya, hampir semua tugas dan fungsi sehari-hari dari Seksi Hukum dan Informasi dilakukan dengan “klik dan print”. Pada sesi paparan akhir, disampaikan pula arahan dari Kepala Seksi Bantuan Hukum Kanwil XIII DJKN Samarinda Umiyatun tentang penanganan kasus-kasus yang masih aktif yang ada pada masing-masing KPKNL.
   
Pada akhir acara Kepala Kanwil menegaskan dan mengulas kembali uraian tugas/jabatan Seksi Hukum dan Informasi dan menghimbau agar membaca ulang dan memahami uraian jabatan dimaksud agar dapat menghasilkan kinerja yang cepat, tepat, akurat, dan lengkap serta menghimbau seluruh pegawai untuk selalu meningkatkan wawasan dengan cara banyak membaca literatur berbagai disiplin ilmu yang pada akhirnya akan dapat menunjang kelancaran pelaksanaan tupoksi organisasi.

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini