Berita DJKN

Terima Aset ABMA/T dari DJKN, Polri: Kami Upayakan 3T, Tertib Hukum, Tertib Fisik dan Tertib Administrasi

Senin, 20 Mei 2019 pukul 15:19:34   |   844 kali

Jakarta – Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) menyerahkan Aset Bekas Milik Asing/Tionghoa (ABMA/T) kepada Kepolisian Negara Republik Indonesia. Serah terima aset ini dilaksanakan di Kantor Wilayah DJKN DKI Jakarta pada Senin (20/05). Kepala Biro Faskon Slog Polri Brigjen Pol. Alfons Toluhula menyampaikan komitmennya untuk mengelola aset yang telah diamanahkan kepada pihak POLRI tersebut. “Kami upayakan 3T, Tertib Hukum, Tertib Fisik dan Terib Administrasi,” tegas Alfons.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata juga menyampaikan bahwa pemantapan ABMA/T mempertimbangkan banyak hal, namun diutamakan untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan. “Pemantapan ABMA/T menjadi BMN (Barang Milik Negara-red) ini untuk menunjang penyelenggaraan pemerintah melalui POLRI sehigga dapat melaksanakan tugas dan fungsi dengan baik,” ujar Isa. ABMA/T yang dimaksud adalah gedung bekas sekolah milik Khin Chin yang nantinya akan digunakan sebagai pengganti Pos Polisi Lapangan Banteng yang akan direlokasi dalam rangka penataan lingkungan Kementerian Keuangan. Berdasarkan data Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) 2018, ABMA/T ini bernilai Rp42miliar.

Kepala Kanwil DJKN DKI Jakarta Hady Purnomo selaku Ketua Tim Asistensi ABMA/T wilayah DKI Jakarta memberikan laporan bahwa dari total 51 ABMA/T di wilayah DKI Jakarta, empat aset telah ditetapkan status hukumnya menjadi Barang Milik Negara (BMN). Sebanyak 19 aset lainnya telah dimantapkan status hukumnya menjadi Barang Milik Daerah (BMD), dan 28 aset berikutnya masih dalam proses penetapan status hukum.

Hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Jenderal Kekayaan Negara Dodi Iskandar dan Direktur BMN Encep Sudarwan, perwakilan pejabat eselon 3 Kantor Pusat DJKN dan Kanwil DJKN Jakarta . Pada akhir acara, dilakukan penandatanganan berita acara serah terima ABMA/T oleh Hady Purnama dan Alfons Toluhula dengan disaksikan Dirjen Kekayaan Negara, perwakilan POLRI, dan pejabat DJKN. (Tasya/Faza Humas DJKN)

 

Foto Terkait Berita