Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Sosialisasi PMK Nomor 29 Tahun 2010 dan Perdirjen KN Nomor 07 Tahun 2010 di Lingkungan KPKNL Manado
N/a
Selasa, 01 Juni 2010 pukul 09:19:27   |   498 kali

         Menindaklanjuti hasil sosialisasi di lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara mengenai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 29 Tahun 2010 tentang Penggolongan dan Kodefikasi Barang Milik Negara (BMN) dan Peraturan Dirjen KN Nomor 07 Tahun 2009 tentang Tata Cara Pelaksanaan Rekonsiliasi Data BMN Dalam Rangka Penyusunan Laporan BMN dan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat yang telah dilaksanakan pada tanggal 10 Mei 2010 s.d. 12 Mei 2010 bertempat di Hotel Kawanua Aerotel Jakarta yang antara lain diikuti KPKNL Manado yang diwakili oleh Supriyanto, S.H., ME (Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara), Jeanette A. Lolong (Staf Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara) dan Sony Ibnu Yudanto (Staf Seksi Hukum dan Informasi), maka telah diselenggarakan juga sosialisasi peraturan dimaksud terhadap pegawai-pegawai di lingkungan KPKNL Manado pada tanggal 19 Mei 2010. 

          

            Sosialisasi ini terbagi dalam 3 sesi, diawali dengan pengenalan dan penjelasan mengenai Penggolongan dan Kodefikasi Barang Milik Negara dan Tata Cara Pelaksanaan Rekonsiliasi Data Barang Milik Negara oleh Supriyanto, S.H., ME sebagai Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara. Kedua sesi berikutnya dibawakan oleh Jeanette A. Lolong selaku staf pada Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara dan Sony Ibnu Yudanto selaku staf pada Seksi Hukum dan Informasi dengan mensosialisasikan aplikasi-aplikasi yang berkaitan dengan proses rekonsiliasi Barang Milik Negara yakni aplikasi Persediaan 2008 dan 2010, SIMAK-BMN 2008 dan 2010, SAKPA 2010, Migrasi BMN, Konversi Persediaan dan Modul Kekayaan Negara. Aplikasi yang disebutkan terakhir merupakan aplikasi teknis untuk proses rekonsiliasi BMN KPKNL dalam bentuk demo version dan masih dalam proses pengembangan sehingga masukan-masukan dari peserta sosialisasi sangat dibutuhkan. Sosialisasi tersebut berlangsung baik dan peserta yang mengikuti cukup responsif. Khususnya untuk aplikasi Modul Kekayaan Negara, peserta mengajukan beberapa masukan untuk Kantor Pusat DJKN c.q. Direktorat HI, diantaranya nilai BMN Persediaan yang belum ter-cover dalam aplikasi tersebut.

   

Adapun tujuan dilaksanakannya sosialisasi ini antara lain untuk memberikan pemantapan pengetahuan terkait penatausahaan BMN termasuk di dalamnya Penggolongan dan Kodefikasi BMN, sekaligus untuk menyamakan persepsi tentang petunjuk pelaksanaan pemutakhiran data dan rekonsiliasi data BMN baik di tingkat satuan kerja maupun dengan KPKNL, sehingga keseragaman dalam pelaksanaan pemutakhiran data dan rekonsiliasi data BMN dapat terwujud. Rekonsiliasi data Barang Milik Negara (BMN) memegang peranan yang cukup penting dalam rangka meminimalisasi terjadinya perbedaan pencatatan yang berdampak pada validitas dan akurasi data yang disajikan dalam laporan BMN dan laporan keuangan pemerintah pusat. Oleh karena itu, agar rekonsiliasi data BMN tersebut terlaksana dengan baik, maka perlu dilakukan sosialisasi mengenai tata cara pelaksanaan rekonsiliasi data BMN, yang terlebih dahulu dimulai dari lingkup internal KPKNL Manado, yang akan dilanjutkan dengan sosialisasi tingkat satuan kerja di wilayah kerja KPKNL Manado pada bulan Juni 2010. Dengan diadakannya acara sosialisasi ini diharapkan akan terwujud kerjasama yang baik dan harmonis di lingkungan internal KPKNL Manado, dalam rangka persiapan untuk melakukan rekonsiliasi BMN periode Semester I Tahun Anggaran 2010 ke 483 satuan kerja yang berada di wilayah kerja KPKNL Manado yang tersebar dalam 15 Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Utara dan demi suksesnya amanah PMK Nomor 29/PMK.06/2010 dan Perdirjen KN Nomor 07/KN/2009.

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                            Oleh:

Supriyanto, SH, ME

Jeanette A. Lolong

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini