Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Sosialisasi Ke-5 Inventarisasi, Pengelolaan, Pengurusan, Dan Penghapusan Piutang Kementerian Negara/Lembaga
N/a
Selasa, 22 Juni 2010 pukul 10:28:57   |   698 kali

  

Direktorat Piutang Negara, pada tanggal 16 Juni 2010, mengadakan sosialisasi mengenai Inventarisasi, Pengelolaan, Pengurusan, dan Penghapusan Piutang Kementerian Negara/Lembaga.  Acara ini merupakan sosialisasi ke-5 oleh Direktorat Piutang Negara dan kali ini dihadiri oleh 29 orang wakil dari 14 kementerian negara/lembaga, serta dibuka dan dipandu langsung oleh Direktur Piutang Negara.

Sosialisasi Inventarisasi, Pengelolaan, Pengurusan, dan Penghapusan Piutang Kementerian Negara/Lembaga dilaksanakan dalam rangka memberikan informasi kepada kementerian negara/lembaga mengenai hal-hal yang terkait dengan piutang negara dan meminta kementerian negara/lembaga tersebut untuk menyampaikan data/laporan inventarisasi piutangnya kepada Direktorat Piutang Negara, DJKN. Data piutang tersebut nantinya akan menjadi bahan pertimbangan dalam pembuatan LKPP. Dengan mengetahui jumlah dan komposisi piutang negara yang diurus oleh kementerian negara/lembaga secara akurat dalam LKPP, maka diharapkan dapat memudahkan pemerintah dalam menyelesaikan piutang negara secara efektif, tansparan, dan tepat waktu.

Pada sosialisasi ini, Direktur Piutang Negara, disertai oleh Kasubdit Piutang Negara II dan Kasubdit Piutang Negara III, memaparkan 4 (empat) hal pokok yaitu Inventarisasi Piutang Kementerian Negara/Lembaga, Pengelolaan Piutang Negara, Pengurusan Piutang Negara oleh PUPN/DJKN, dan Penghapusan Piutang Negara.

Peserta sosialisasi ternyata masih banyak yang belum mengerti tentang karateristik dan kapan suatu transaksi diakui sebagai piutang negara. Mereka mempertanyakan mengenai beberapa transaksi/kegiatan yang terjadi pada kementerian negara/lembaga mereka, apakah transaksi/kegiatan tersebut termasuk piutang negara. Selain itu, beberapa peserta lain bertanya lebih jauh mengenai pengurusan piutang negara dan karateristik piutang yang dapat diserahkan ke PUPN/DJKN mengingat dalam laporan keuangan mereka terdapat piutang negara yang sudah macet dan tidak tertagih oleh mereka.

Kegiatan sosialisasi kali ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan sosialisasi yang diadakan oleh Direktorat Piutang Negara  bagi  kementerian  negara/lembaga. Sebelumnya, pada tahun 2009 telah diadakan 4 (empat) kegiatan sosialisasi yang sama. Sampai dengan saat ini sudah 71 (tujuh puluh satu) kementerian negara/lembaga yang diundang untuk mengikuti sosialisasi tersebut. Sebagai hasil dari rangkaian kegiatan ini, 40 (empat puluh) kementerian negara/lembaga telah menyampaikan laporan inventarisasi piutangnya.

Sumber: Direktorat Piutang Negara, DJKN.

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini