Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Pengenalan dan Internalisasi Balance Scorecard di KPKNL Manado
N/a
Kamis, 24 Juni 2010 pukul 11:09:10   |   721 kali

Oleh: David Sukma Putra
Pelaksana pada KPKNL Manado


KPKNL Manado melaksanakan Pengenalan dan Internalisasi Balance Scorecard (BSC) di Aula KPKNL Manado. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 8 Juni 2010 ini diikuti oleh seluruh kepala seksi dan pelaksana.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengenalkan konsep Balance Scorecard (BSC) yang sekarang menjadi tools dalam pengelolaan kinerja di Kementerian Keuangan. Norton dan Kaplan, dalam bukunya “Balance Scorecard: Translating Strategy Into Action” menyebutkan bahwa hanya 5% dari pegawai yang memahami strategi dari institusinya. Hal inilah yang menyebabkan sulitnya menterjemahkan strategi mengalami kegagalan dalam pelaksanaannya. Maka, salah satu kunci keberhasilan suatu organisasi adalah pemahaman setiap individu yang ada dalam organisasi tersebut.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut Workshop  BSC yang diberikan oleh Pusat Analisis dan Harmonisasi Kebijakan (Pushaka)-Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan yang dilaksanakan di Manado pada tanggal 20 dan 21 Mei 2010.

Kepala Subbag Umum, Bobby Lapian mewakili Kepala KPKNL Manado membuka acara tersebut. Dalam sambutannya, Kasubbag Umum KPKNL Manado berpesan agar setiap kepala seksi dan pelaksana mengikuti kegiatan dengan baik. Setiap pegawai di KPKNL Manado diharapkan   dapat memahami konsep pengelolaan kinerja menggunakan tools BSC untuk mempersiapkan cascading di tingkat Depkeu-Two ke Depkeu-Three untuk kemudian Depkeu-Four.

Kasubbag Umum KPKNL Manado, Bobby Lapian didampingi  Supriyanto membuka kegiatan pengenalan dan internalisasi BSC Manajer Kinerja KPKNL Manado, Supriyanto  memaparkan konsep BSC


Pengenalan dan internalisasi ini  dilaksanakan dalam 2 sesi. Sesi pertama yaitu pemaparan tentang reformasi birokrasi dan penerapan BSC di Kementerian Keuangan. Selain itu, dilaksanakan penyusunan peta strategi yang dibawakan oleh Manajer Kinerja KPKNL Manado,   Supriyanto. Sesi ini diakhiri dengan simulasi penyusunan peta strategi dengan mengambil setting peta strategi sebuah warnet. Sesi kedua diisi dengan pemaparan Indikator Kinerja Utama (IKU) dengan segenap unsur-unsur di dalamnya.

Kegiatan ini dilaksanakan dan diikuti dengan baik oleh seluruh peserta. Peserta tampak antusias dan aktif dalam mengikuti kegiatan ini khususnya ketika dilaksanakan simulasi penyusunan peta strategi dan IKU. Kegiatan mengalami sedikit kendala  pada saat pemaparan materi karena  beberapa pegawai belum familiar dengan istilah-istilah asing. “Pemahaman akan konsep   BSC menjadi mudah dipahami dan sederhana begitu kita melaksanakan dan mensimulasikan implementasi peta strategi dan IKU.” tutur Vivera Manoppo ketika dimintakan pendapatnya.

Kegiatan  ditutup resmi oleh Kasubbag Umum KPKNL Manado mewakili Kepala KPKNL Manado. Dengan diadakan pengenalan dan internalisasi BSC diharapkan menambah wawasan dan kesiapan KPKNL Manado untuk melaksanakan pengelolaan kinerja dengan BSC. (edited-admin3)

Pegawai KPKNL Manado menyimak pemaparan tentang konsep BSC Simulasi penyusunan peta strategi dan Indikator Kinerja Utama (IKU).
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini