Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
LELANG: “LEBIH ENAK, LEBIH AMAN, NYAMAN dan GARANSI”
N/a
Senin, 18 Maret 2013 pukul 14:06:38   |   57 kali

Lampung-Kepala Kantor Wilayah V Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil V DJKN) Bandar Lampung yang dikenal selalu energik Ischak Ismail mengapresiasi hasil realisasi pelaksanaan lelang selama tahun 2012 yang capaiannya melebihi target. Sebagaimana telah dilaporkan resmi ke Kantor Pusat DJKN, Kanwil V DJKN Bandar Lampung telah merealisasikan pelaksanaan berbagai macam lelang dengan frekuensi tercapai sebanyak 181.01% dari target dengan menghasilkan pokok lelang hingga 235.66% dari target, dan hasil bea lelang yang menjadi kontribusi kepada negara sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) tahun 2012 sebesar Rp2.048.032.610,- atau mencapai 446,57% dari target yang telah ditetapkan. Hal tersebut menggambarkan bahwa ada potensi besar ketertarikan dan keterlibatan masyarakat Lampung dan Bengkulu yang harus dilayani dalam lelang, dengan demikian pelayanan di bidang lelang harus terus meningkat dan menebar pesona memikat hati masyarakat.

Berangkat dari hasil pelaksanaan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Kanwil V DJKN Bandar Lampung pada 19 s.d. 21 Desember 2012 dengan tema “Kita Wujudkan Peningkatan Kualitas Pada Semua Bidang Layanan di Tahun 2013”, maka guna mewujudkan peningkatan pelayanan di bidang lelang, Pejabat Lelang Kelas I diberi penyegaran melalui capacity building Pejabat Lelang Kelas I pada 28 Februari 2013 di Ruang Rapat/Aula Kanwil V DJKN Bandar Lampung.  Acara tersebut dihadiri oleh seluruh Pejabat Lelang Kelas I, Para Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL), Para Kepala Bidang, sebagian besar para Kepala Seksi, Pelaksana dilingkungan Kanwil V DJKN Bandar Lampung, dan perwakilan Direktorat Lelang Kurnia Ratna Cahyanti selaku narasumber yang didampingi oleh Sari Astuti dan Suriyanti.

Kepala Kanwil V DJKN Bandar Lampung Ischak Ismail membuka acara memberi arahan bahwa “Kegiatan capacity building Pejabat Lelang Kelas I ini merupakan bentuk implementasi Nilai-Nilai Kementerian Keuangan dalam sinergi para Pejabat Lelang Kelas I, yang diharapkan setelah mengikuti acara ini, profesionalisme Pejabat Lelang akan semakin meningkat dan selalu mampu memberikan pelayanan yang memuaskan dan memikat hati masyarakat dan calon/peserta lelang sesuai prosedur”.

Acara tersebut merupakan salah satu implementasi dari Nilai-Nilai Kementerian Keuangan yaitu hubungan kerja internal yang sinergis. Dengan meningkatnya hubungan kerjasama internal di lingkungan Kanwil V DJKN Bandar Lampung yang sinergis, diharapkan akan menghasilkan capaian kinerja hasil lelang yang lebih optimal di tahun 2013. Selain itu, harapan lain diadakannya kegiatan capacity building Pejabat Lelang kelas I tersebut adalah utnuk meningkatkan/menambah keterampilan, pengalaman dan ilmu pengetahuan bagi Pejabat Lelang Kelas I dalam pelaksanaan lelang maupun pembuatan risalah lelang dan menjadi lebih teliti sehingga mampu meminimalisir kekeliruan/kesalahan yang tidak disengaja didalam pembuatan risalah lelang sebagai akta yang autentik yang mempunyai akibat hukum.

Sebagai salah satu implementasi Nilai-Nilai Kementerian Keuangan, Kepala Bidang Lelang Hartono yang juga Ketua Penyelenggara dan Narasumber dalam acara tersebut memprakarsai sekaligus memberikan penyegaran melalui ide baru yang mendefinisikan LELANG sebagai LEBIH ENAK, LEBIH AMAN, NYAMAN dan GARANSI. YESS, apabila dijabarkan, bisa diartikan sebagai berikut:

a.    LE  = LEBIH ENAK, mengandung arti proses pelaksanaan lelang adalah mudah baik sebagai pembeli/penjual, harga realistis, objektif, efisien dan transparan.

b.    LA = LEBIH AMAN, mengadung arti penyelenggara lelang adalah Pemerintah /Negara pasti tertib fisik, administrasi dan hukum karena telah sesuai dengan prosedur hukum dan ketentuan yang berlaku.

c.    N = NYAMAN, mengandung arti pelayanan yang profesional, memuaskan, tidak ada unsur paksaan, transparan, cepat, akurat, dan pasti

d.    G = GARANSI, mengandung arti memberikan keyakinan secara moral kepada pembeli/penjual adanya kepastian hukum didalam mendapatkan barang/menjual barang.

Sesuai PP No. I Tahun 2013 tentang Tarif Pengenaan PNBP, tarif bea lelang sebagai kontribusi langsung untuk menambah pendatapan negara (PNBP) mengalami kenaikan, hal ini hendaknya tidak menyurutkan semangat tetapi menjadi tantangan yang harus dimenangkan untuk mencapai target pelaksanaan lelang Kanwil V DJKN Bandar Lampung tahun 2013 dengan target bea lelang sebesar Rp. 1.878.830.350,-.

  

Secara keseluruhan, acara tersebut berjalan dengan baik, terbukti dengan tingginya antusiasme peserta dalam menanggapi materi yang disampaikan melalui tanya-jawab dengan para narsumber.

Acara diakhiri dengan pemberian plakat sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan terhadap capaian kinerja lelang oleh Kepala Kanwil V DJKN Bandar Lampung Ischak Ismail kepada para Kepala KPKNL. Pemberian plakat juga dilakukan oleh Kepala Bidang Lelang Kanwil V DJKN Bandar Lampung Hartono kepada Pejabat Lelang Kelas I di lingkungan Kanwil V DJKN Bandar Lampung. (Thot Pardamaian-Kanwil V DJKN Bandar Lampung)

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini