Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
KPKNL Pekalongan Gelar Puncak Peringatan 110 Tahun Lelang Indonesia
Siti Rokhayah
Jum'at, 02 Maret 2018 pukul 09:54:47   |   577 kali

Pekalongan - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pekalongan menyelenggarakan puncak peringatan 110 Tahun Lelang Indonesia dalam tajuk “Gebyar Lelang KPKNL Pekalongan” tanggal 28 Februari 2018. Dalam acara tersebut diisi dengan beberapa jenis lelang yaitu lelang penghapusan Barang Milik Negara (BMN) dan Barang Milik Daerah (BMD), lelang sukarela serta lelang amal. Beragam barang ditawarkan dalam pelaksanaan lelang tersebut meliputi kendaraan, alat elektronik, peralatan rumah tangga dan fashion. Acara dibuka oleh Kepala KPKNL Pekalongan, Marhaeni Rumiasih dan dihadiri perwakilan Satuan Kerja pada Kementerian /Lembaga Pemerintah Pusat di wilayah kerja KPKNL Pekalongan, Satuan Kerja Pemerintah Kota/Kabupaten Pekalongan, dan perwakilan dari lembaga perbankan.

Marhaeni dalam sambutannya mengatakan bahwa lelang di Indonesia masih dikenal sebagai lelang eksekusi saja. “Lelang tidak hanya berkaitan dalam hal penegakan hukum saja. Lelang tidak hanya berhubungan dengan barang bekas. Penjualan secara lelang dapat dilakukan terhadap barang apapun termasuk barang baru.” ujarnya. lebih lanjut Marhaeni mengatakan bahwa acara pada hari ini merupakan salah satu upaya KPKNL Pekalongan memperkenalkan lelang kepada masyarakat umum.

“Seiring dengan perkembangan digitalisasi, lelang itu aman dan mudah. Lelang ada dalam genggaman, bisa diikuti dari manapun. Harapannya ke depan lelang menjadi alternatif jual beli di Indonesia.” kata Marhaeni. Mengakhiri sambutannya, Marhaeni mengucapkan terima kasih kepada pihak satuan kerja Kementerian / Lembaga dan paguyuban Kementerian Keuangan Pekalongan, satuan kerja Pemerintah Daerah Kota/Kabupaten Pekalongan serta lembaga perbankan atas partisipasinya dalam acara ini.

Walikota Pekalongan, H.M Saelany Machfudz dalam testimoninya mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang telah terbangun selama ini dalam pengurusan Piutang Daerah, Penilaian BMD serta Pelayanan Lelang dengan harapan, kedepan bisa menjalin kerja sama yang lebih baik lagi. Menurut walaikota, jual beli melalui lelang, lebih transparan, dapat dipercaya dan harga yang terbentuk maksimal .

Sebelumnya, untuk menginformasikan pelaksanaan “Gebyar Lelang KPKNL Pekalongan” sekaligus pengenalan lelang kepada masyarakat, beberapa kegiatan telah digelar dibeberapa tempat seperti pusat perbelanjaan dan pada acara Car Free Day selama hampir dua pekan, sambutan warga Pekalongan dan sekitarnya sangat tinggi. Hal itu terlihat dari banyaknya pengunjung pada saat open house atau cek fisik barang yang akan dilelang dan diikuti dengan keikutsertaan mereka dalam pelaksanaan lelang.

Pelaksanaan lelang pada hari itu dilaksanakan dengan sistem konvensional dengan penawaran secara lisan. Persaingan penawaran harga untuk jenis barang tertentu begitu  terasa dan sejumlah barang mengalami kenaikan fantastis. Seperti akik koleksi pribadi Kepala Kantor Pelayana Pajak (KPP) Pratama Batang, mengalami kenaikan sebesar 2000 % dari harga limit. Dari pelaksanaan lelang amal terhadap hampir 100 jenis barang terbentuk harga sejumlah Rp32.098.000,00. Keseluruhan hasil lelang ini akan disalurkan ke Yayasan Sosial yang berada di Kota Pekalongan dalam waktu dekat.

Sementara itu dalam lelang penghapusan BMN dan BMD terhadap 24 unit kendaraan bermotor roda dua dan roda empat juga habis terjual dalam waktu singkat. Persaingan pun tak kalah seru dengan lelang amal dan sukarela yang telah selesai yaitu terhadap satu unit kendaraan roda empat merk Holden permohonan dari LAPAS Pekalongan dengan kenaikan limit mencapai 1500% lebih. (Naskah&Foto : seksi Hukum dan Informasi).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini