Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
KPKNL Sidoarjo Peringati 110 Tahun Lelang dengan Sosialisasi PP No. 3 Tahun 2018 dan Lelang Sukarela
Suci Ari Pertiwi
Kamis, 01 Maret 2018 pukul 10:06:17   |   497 kali

Sidoarjo - Aula lantai 3 Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Sidoarjo terdengar riuh pada Selasa pagi (27/2/2018). Suara orang saling meneriakkan sejumlah angka rupiah. Terlihat beberapa orang berkaos biru bertuliskan 110 Tahun Lelang Indonesia memandu acara dan menawarkan sejumlah barang.

Keriuhan tersebut terjadi karena sedang digelar acara Bazar Lelang Sukarela. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) merayakan 110 Tahun Lelang Indonesia yang diperingati pada (28/2/2018). Untuk menyemarakkannya KPKNL Sidoarjo menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Peraturan Pemerintah Nomor 03 Tahun 2018 tentang jenis dan tarif PNBP yang berlaku pada Kementerian Keuangan, juga bazar lelang sukarela.

Acara ini dihadiri sekitar 300 orang perwakilan stakeholder lelang dari Perbankan, Lembaga Keuangan Non Perbankan, Balai Lelang serta satuan kerja di wilayah kerja KPKNL Sidoarjo.

Kepala KPKNL Sidoarjo, Asep Suryadi menyambut para undangan dengan meminta dukungan dari para stakeholder, “Dengan dukungan Bapak dan Ibu sekalian, kiranya dapat membantu kami untuk lebih memasyarakatkan lelang. Melalui kerjasama yang baik dan didukung teknologi informasi maka upaya untuk mewujudkan modernisasi lelang menjadi sarana jual beli yang handal dan tepercaya akan dapat kita wujudkan. Tidak ada lagi keraguan untuk menggunakan jasa lelang,” tutur Asep.

Sementara itu, Thomas Ferdi Leihitu selaku Pimpinan Mandiri RCR Surabaya memberikan apresiasi untuk pelayanan KPKNL Sidoarjo. Ia juga mengungkapkan hal yang menjadi tantangan bersama KPKNL Sidoarjo. Menurutnya, mengajak orang untuk lelang, berani untuk ikut lelang itu tidak gampang dan butuh proses yang panjang agar barang bisa laku. Berikutnya Pimpinan Cabang BRI Sidoarjo Dhanar Dono yang memberikan apresiasi. Selanjutnya, Dhanar mengungkapkan keinginannya untuk diadakan lelang sukarela rutin setiap bulan. “Saya siap mendukung, ujarnya.

Pada hari yang sama digelar lelang e-Auction, objek yang laku antara lain sebanyak empat objek tanah pemohon lelang Bank Mandiri SHM 1312 dengan limit Rp95 juta menjadi Rp96 juta SHM 1225 laku Rp100 juta serta sepaket tanah dan bangunan SHM 995 dengan limit Rp300 juta laku dengan harga Rp310,7 juta. Sementara sebidang Tanah dan Bangunan SHM 1303 pemohon lelang H. Burhan Taher dengan limit Rp234,9 juta laku Rp236 juta.

Kepala Seksi Piutang Negara KPKNL Sidoarjo, Santosa selaku koordinator acara, membuka acara ini. Kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi serta tanya jawab yang dipandu Kepala Seksi Pelayanan Lelang Yoyok Martiunus. Pada sesi tanya jawab Yoyok memaparkan bahwa untuk makin memudahkan dan memasyarakatkan lelang, data lelang bisa menggunakan media seperti flashdisk ataupun melalui email.

“Hal ini dimaksudkan untuk percepatan pelayanan lelang dan memudahkan verifikasi berkas lelang,” terangnya. Bagaimana bentuk partisipasi pihak perbankan dalam pekan lelang juga ditanyakan oleh peserta. “Acara pekan lelang adalah milik kita bersama, oleh karena itu partisipasi dalam segala bentuk sangat diharapkan,” pungkas Yoyok.

Di puncak acara diadakan lelang sukarela atas barang-barang milik para pegawai staf KPKNL Sidoarjo dengan Yoyok Martiunus sebagai Pejabat Lelang dan Yosival Verdianto sebagai afslager. Barang yang dilelang pun bermacam-macam, dari barang yang mempunyai nilai limit Rp1.000 hingga Rp10 juta, antara lain lukisan, sepeda motor, kain batik, tas kulit, sepatu, jam dinding, karpet, dan sebagainya. Hampir semua barang terjual di atas nilai limit, antara lain : Kain batik dengan limit Rp50 ribu terjual dengan harga Rp200 ribu ; Tas Kulit dengan limit Rp1 juta terjual dengan harga Rp1,6 juta; Sepatu dengan limit Rp150 ribu terjual dengan harga Rp400ribu; Smartphone dengan limit Rp1,1 juta terjual dengan harga Rp.1,35 juta; dompet, Jilbab dengan limit Rp1.000 terjual dengan harga Rp100 ribu; Karpet Permadani dengan limit Rp10 ribu laku dengan harga Rp210 ribu, dll

Harapan peserta lelang agar KPKNL lebih sering mengadakan lelang sukarela karena ternyata peminatnya begitu banyak. Kegiatan ini memberikan informasi awal bagi peserta sosialisasi tentang perayaan Pekan 110 Tahun Lelang yang diadakan oleh KPKNL seluruh Indonesia. Harian Radar Sidoarjo turut meliput kegiatan yang menarik ini dan terbit pada Rabu (28/2/2018). (Naskah dan foto: Tim seksi HI).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini