Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Perkuat Posisi dan Peran Kanwil dalam Mengkoordinir Lelang di Wilayahnya
Hendrawan Yudie Susanto
Kamis, 05 Oktober 2017 pukul 16:32:52   |   592 kali

Jakarta – Bidang lelang di kantor wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) harus diperkuat dari segi peran dan fungsinya dalam mengkoordinir Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL), balai lelang serta pejabat lelang Kelas II yang berada di wilayah kerjanya. Demikian salah satu poin penting yang disampaikan Direktur Lelang Lukman Effendi saat melakukan Focus Group Discussion (FGD) melalui video conference bersama bidang lelang di seluruh Kantor Wilayah DJKN pada 4-5 Oktober 2017 di ruang rapat Direktorat Lelang Kantor Pusat DJKN.

Direktur Lelang menyampaikan arahan terkait lelang melalui video conference yang dibagi menjadi tiga sesi selama dua hari ini didampingi oleh Kepala Subdirektorat Bina Lelang I Laesintje Wilar, Kepala Subdirektorat Bina Lelang II Erris Eka Sundari, dan Kepala Subdirektorat Bina Lelang III Nunung Ekolaksito.

“Peran dan fungsi Bidang Lelang Kanwil harus diperkuat utamanya terkait koordinasi dan pembinaan KPKNL, balai lelang dan pejabat lelang kelas II,” tegasnya. Selain penguatan peran kanwil, ia juga berpesan agar Kanwil dan KPKNL meningkatkan koordinasi dengan para mitra strategis lelang seperti perbankan, Bank Perkreditan Rakyat, koperasi, Pegadaian, dan lain-lain. “Tidak cukup jika kita hanya memperbaiki bisnis proses yang ada di internal kita, di KPKNL, di DJKN dan di Kementerian Keuangan, tanpa koordinasi yang baik dengan pihak-pihak pemohon lelang kita,” ujarnya.

Terkait pelayanan lelang, ia menyoroti beberapa hal terkait pelayanan lelang yang perlu ditingkatkan lagi, salah satunya terkait pelaporan kegiatan lelang. Lukman mengingatkan kepada pihak Kanwil untuk terus melengkapi dan memperbarui dropbox laporan lelang secara rutin dan continue sehingga terjadi kecocokan data lelang antara kanwil dan kantor pusat. ”Saya berharap, kalaupun suatu saat ada rapat pimpinan antara kantor pusat dan kanwil maka data yang dibawa oleh kanwil sama dengan data yang ada dalam dropbox,” harapnya.

Secara berurutan, tiga sesi ini diikuti oleh 6 Kanwil DJKN bagian Timur, 5 Kanwil DJKN bagian Tengah, dan sesi terakhir 6 Kanwil DJKN  bagian Barat serta perwakilan seksi lelang dari beberapa KPKNL.

Dalam video conference ini, pihak Kanwil maupun KPKNL juga diberikan kesempatan untuk memberikan usulan maupun saran terkait pelayanan lelang yang nantinya dapat dijadikan masukan untuk Direktorat Lelang dalam memperbaiki kualitas sistem pelayanan lelang. (Elly/BAS-Humas)

 

 

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini