Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Impian KPKNL Pekalongan Jadi Kantor Teladan
N/a
Jum'at, 04 Maret 2011 pukul 13:47:13   |   588 kali

Tepat di hari kerja pertama setelah mengikuti acara Rapat Kerja Regional Wilayah Barat di Hotel GH Universal Bandung tanggal 16-18 Februari 2011, Kepala Kantor Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pekalongan Sugiyanto menindaklanjuti pesan Direktur Jenderal Kekayaan Negara Hadiyanto  dengan menggadakan briefing dengan seluruh pegawai, Senin (21/2) di KPKNL Pekalongan. Dalam pesannya yang merupakan “oleh-oleh” dari acara tersebut Kepala Kantor menyatakan secara nasional Dirjen mengapresiasi capaian kinerja tahun 2010 dan strategi DJKN ke depan serta secara simbolis juga diserahkan “seperangkat alat lelang” kepada para pejabat lelang sebagai wujud dukungan agar para pejabat lelang bekerja dengan profesional dan integritas tinggi.

Lebih lanjut, Sugiyanto menyampaikan tekad bersama kesiapan KPKNL Pekalongan untuk menjadi KPKNL Teladan di tahun 2011. Ia menekankan agar setiap pegawai KPKNL Pekalongan menyadari betul bahwa setiap individu adalah bagian dari unit organisasi besar dimana masing-masing individu mempunyai peran yang strategis untuk bekerja dengan nilai nilai integrity, commitment dan sincerity dalam memberikan service excellent kepada seluruh stakeholder.

Untuk mewujudkan “impian” ini, KPKNL Pekalongan bertekad mempertahankan dan meningkatkan pelayanan prima dengan Standart Operating Procedure (SOP) yang ditetapkan untuk tujuan yang sama sebagai suatu organisasi yang harus diterjemahkan seutuhnya untuk kebaikan  bersama.  “Kritik dan saran baik vertikal ataupun horizontal untuk membangun dan membesarkan organisasi, betapapun pahitnya tetap harus disampaikan. Begitu pula dengan cara penyampaian kritik, saran dan permasalahan yang timbul harus ditempuh dengan cara elegan bukan dengan menggerutu atau bahkan surat kaleng,” tegasnya.

Sehari kemudian tepatnya tanggal 22 Februari 2011, KPKNL Pekalongan menerima kunjungan Kepala Kanwil IX DJKN Semarang Sunaryo dan Kepala Bagian Umum Kanwil IX Semarang Risang Hanung Hascarya. Kakanwil mempertegas apa yang sudah disampaikan sehari sebelumnya dan memberikan pencerahan serta motivasi kerja kepada seluruh pegawai KPKNL Pekalongan sebagai bagian dari organisasi DJKN. Terkait dengan “impian” KPKNL Pekalongan untuk menjadi kantor teladan , mantan Direktur Piutang Negara DJKN ini menegaskan bahwa semangat dan kinerja para pegawai KPKNL Pekalongan telah layak menjadi sebuah kantor teladan. “Sejauh service excellent sudah menjadi nilai-nilai dalam bekerja dan prosedur yang dijalankan sesuai dengan SOP, maka tinggallah menunggu “hardware” yang lebih representatif untuk menjadi selayaknya KPKNL Teladan,” tandas alumnus Magister Manajemen Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya ini.

Kakanwil berpesan agar setiap pegawai menjaga kebersamaan dalam bekerja, karena bekerja merupakan pencitraan dari nilai nilai kehidupan. “Apa yang kita yakini benar, kita kerjakan setiap hari dalam bekerja, maka itu akan mengkristal menjadi bagian nilai dalam kehidupan kita. Kejujuran yang kita jaga setiap hari adalah bagian dari kehidupan kita. Begitu pula sebaliknya, moral hazard yang kita bawa setiap hari dalam pekerjaan tidak mustahil menjadikan kita pribadi yang tidak baik pula,” pesannya di hadapan pegawai.  

Selain wejangan Kakanwil, acara ini juga diisi dengan paparan tentang proses pengadaan barang dan jasa terkait dengan pembangunan ruang serba guna/lelang, rumah Negara dan kegiatan renovasi gedung eks Karikpa Pekalongan yang akan digunakan sebagai gedung KPKNL Pekalongan (mengingat selama ini masih menggunakan gedung ruko dengan status sewa). Paparan diisi dengan brainstorming tentang apa yang diinginkan bersama terkait dengan bentuk gedung, lay out , warna ataupun spesifikasi teknis ataupun non teknis lainnya. Hal ini dilakukan agar nantinya hasil dari renovasi/pembangunan ini benar-benar sesuai dengan keinginan dan kebutuhan yang diperlukan oleh user yaitu seluruh pegawai KPKNL Pekalongan dalam memberikan pelayanan kepada seluruh stakeholder.

Selanjutnya, kakanwil dan Kepala Kantor didampingi Kabag Umum dan beberapa pegawai KPKNL Pekalongan meninjau ke lokasi rencana kantor/rumah negara dan gedung sebaguna untuk melihat dan menggambarkan secara jelas pembangunan/renovasi yang akan dilakukan.(edited/admin2/BAS)

Mohon dukungan, doa dan restu untuk tekad dan mimpi KPKNL Pekalongan.

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini