Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Pemaparan Hasil Penilaian BMN dan Analisis Kelayakan Usaha Dermaga Sintete
Hartono
Kamis, 03 Agustus 2017 pukul 08:46:10   |   490 kali

Pada hari Kamis tanggal 27 Juli 2017, dalam rangka menindaklanjuti penyelesaian permohonan persetujuan kerja sama pemanfaatan (KSP) BMN berupa dermaga pada Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas V Sintete, Tim KSP   telah melaksanakan rapat pembahasan hasil penilaian dan analisis kelayakan usaha KSP dari Tim Penilai KSP. Dalam rapat ini Tim KSP melaksanakan tugas yaitu menentukan besaran kontribusi tetap dan pembagian keuntungan dari KSP tersebut. Peserta rapat adalah anggota Tim KSP yang merupakan gabungan dari unsur Kanwil DJKN Kalimantan Barat dan Kementerian Perhubungan, serta Tim Penilai KSP KPKNL Singkawang.

Rapat ini merupakan salah satu tahapan penting sebelum diterbitkan surat persetujuan, dimana kita menentukan besaran kontribusi tetap dan pembagian keuntungan KSP dan diharapkan keputusannya memberikan pendapatan negara bukan pajak yang optimal bagi negara namun juga masih memberikan keuntungan bagi mitra nantinya,demikian arahan Edih Mulyadi, Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Barat selaku Ketua Tim KSP dalam pembukaan rapat.

Selanjutnya Tetik Fajar Ruwandari, Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara selaku Wakil Ketua I Tim KSP memaparkan tahapan-tahapan yang telah dilalui dalam rangka  penyelesaian permohonan KSP ini. Secara umum, kegiatan ini telah sesuai dengan time line yang telah disusun pada awal masa kerja tim KSP. Setelah Tim KSP dapat menerima hasil penilaian dan analisis kelayakan usaha dari Tim Penilai KSP,  maka dapat segera ditentukan besaran kontribusi tetap serta memilih alternatif terbaik atas usulan pembagian keuntungan,’’ demikian paparnya.

Agenda rapat selanjutnya adalah pemaparan hasil penilaian BMN dan analisis kelayakan usaha KSP. Kepala Bidang Penilaian, Tuti Kurniyaningsih, membuka sesi ini dengan menyampaikan garis besar hasil penilaian BMN dan analisis kelayakan usaha, dan dilanjutkan uraian secara detail oleh Tim Penilai KSP yang diketuai oleh Luh Srinadi, dengan anggota Rizcka Adhitama dan Danar Setyanto.

Inayatur Robbany, Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan Sekretariat Ditjen Hubla selaku Wakil Ketua II  Tim KSP menanggapi pemaparan dari Tim Penilai KSP dan berharap bahwa asumsi-asumsi dalam analisis KSP dapat diterima oleh  mitra sehingga  dapat dilaksanakan setelah adanya persetujuan nantinya.

Seluruh peserta rapat menyimak paparan Tim Peniali KSP, kemudian secara aktif memberikan masukan kritis terhadap asumsi-asumsi yang digunakan tim untuk menghasilkan nilai tersebut. Akhirnya setelah melalui diskusi dan kajian dari berbagai sudut pandang, proposal yang diajukan calon mitra KSP dalam hal ini adalah PT. Pelindo II, dapat dinyatakan feasible atau layak. Sedangkan besaran kontribusi tetap dan pembagian keuntungan antara calon mitra dan pemerintah ditetapkan oleh tim KSP dengan mendasarkan hasil penilaian dari Tim Penilai KSP. (Bidang Penilaian dan PKN)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini