Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Pejabat Lelang Profesional, Lelang Berkualitas
N/a
Selasa, 19 April 2011 pukul 23:58:02   |   875 kali

Direktorat Jenderal Kekayaan Negara mengadakan kegiatan Capacity Building Pejabat Lelang pada tanggal 18-21 April 2011 bertempat di Hotel Mercure Ancol, Jakarta. Acara yang melibatkan perwakilan Pejabat Lelang dari seluruh Indonesia ini mengambil tema “Meningkatkan Profesionalisme Pejabat Lelang Kelas I, Dalam Rangka Mewujudkan Lelang Yang Lebih Berkualitas.”

Acara diawali dengan laporan penyelenggaraan oleh Direktur Lelang, Suryanto yang melaporkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 131 Pejabat Lelang dari seluruh Indonesia. Jumlah ini merupakan perwakilan dari seluruh pejabat lelang di Indonesia yang berjumlah sekitar 430 pejabat. Direktur lelang menyampaikan tujuan utama dari diadakannya kegiatan ini adalah meningkatkan kompetensi dan membangun karakter pejabat lelang.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dan pembukaan oleh Dirjen Kekayaan Negara, Hadiyanto. Dirjen berpesan untuk selalu menerapkan core values DJKN kapanpun dan dimanapun, termasuk dalam bidang lelang. “Adanya peningkatan kualitas berarti terdapat peningkatan kompetensi pelayanan lelang,” pesan Dirjen sembari melihat tema yang terpampang di spanduk kegiatan.

Lebih lanjut Dirjen menyampaikan pejabat lelang harus mempunyai pergerakan aktif, baik saat ada maupun tidak ada kegiatan pelelangan, misalnya dengan menambah pengetahuan melalui internet. Dirjen mengibaratkan dengan pemain bola yang harus aktif bergerak walaupun tidak sedang membawa bola. “Harus terus bergerak dan mencari peluang,” terang Dirjen.

Untuk meningkatkan profesionalisme, Dirjen berpesan kepada seluruh peserta kegiatan untuk selalu percaya diri. “Pejabat Lelang harus memiliki confidence yang tinggi,” pesan dirjen. Dirjen berharap dengan adanya kegiatan ini akan ada suatu added values dan timbul spirit baru yang nantinya bisa membuat pejabat lelang lebih fokus dan pro-aktif. Acara dilanjutkan dengan pembukaan secara resmi oleh Dirjen KN dengan pemukulan gong yang didampingi oleh Sekretaris DJKN dan Direktur Lelang.

Selanjutnya, acara diisi dengan penyampaian testimonial oleh dua wakil pejabat lelang dari Indonesia Barat dan Indonesia Timur. Pejabat Lelang dari KPKNL Jakarta IV, Jati Wiryawan menyampaikan masalah-masalah yang tengah dihadapi oleh pejabat lelang. Wakil dari timur, Gatot Tri Wahyu, yuang merupakan pejabat lelang dari KPKNL Gorontalo menyampaikan juga masalah-masalah yang ada di lingkungan kerjanya, antara lain masyarakat yang belum terlalu familiar dengan sistem penjualan lelang.

Hingga berita ini diturunkan, acara masih berlangsung.

Acara diisi dengan penyampaian materi sebagai berikut:

1.       Problematika Lelang terkait Hukum Perdata oleh M. Yahya Harahap, S.H. (Pakar Hukum Perdata dan Mantan Hakim Agung)

2.       Mapping dan Evaluasi Perkara Terkait Lelang oleh Direktur Hukum dan Humas, Purnama T. Sianturi.

3.       Penyampaian Current Issue Seputar Lelang oleh Direktur Lelang, Suryanto.

4.       Ceramah Umum Core Values oleh Kepala Bagian Ortala, Deddy Syarif Usman.

5.       Motivation Training oleh Dra. Hj. Okky Asokawati, M.Si (Anggota Komisi IX Bidang Kesehatan dan Ketenagakerjaan)

6.       Evaluasi Kinerja Pejabat Lelang oleh Direktorat Lelang

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini