Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Kanwil DJKN SJB Wakili DJKN pada Lomba Kanwil Terbaik Tingkat Kemenkeu 2017
Octa Dwinanda
Selasa, 02 Mei 2017 pukul 14:34:58   |   477 kali

Palembang – Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Sumatera Selatan, Jambi, dan Bangka Belitung (SJB) Thaufik, mengungkapkan rasa bangganya karena Kanwil DJKN SJB terpilih untuk mewakili DJKN dalam lomba Kantor Wilayah Terbaik tingkat Kementerian Keuangan Tahun 2017. Hal ini disampaikan Thaufik pada saat memberikan sambutan pada acara Penilaian On The Spot Kantor Wilayah Terbaik tingkat Kementerian Keuangan Tahun 2017 di ruang aula Kanwil DJKN SJB, Kamis (13/4).

Dalam sambutannya, Thaufik memberikan gambaran awal kinerja Kanwil DJKN SJB selama beberapa tahun terakhir. Salah satunya adalah Kanwil DJKN SJB berhasil melakukan revaluasi aset Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumatera Selatan dan Bangka Belitung sehingga meningkatkan nilai asetnya menjadi 700 miliar rupiah. Hal ini memberikan kontribusi terhadap penerimaan pajak. “Bisa dibayangkan, jika BUMN yang lain bisa ikut serta (melakukan revaluasi aset – red), tentunya kontribusi akan lebih besar lagi,” ungkap Thaufik.

Thaufik juga menyampaikan, 2 (dua) unit vertikal yang ada di bawah pembinaan Kanwil DJKN SJB, telah meraih peringkat terbaik kedua dalam lomba Kantor Pelayanan Percontohan (KPPc) Tingkat Kementerian Keuangan, yaitu Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palembang pada tahun 2010 dan KPKNL Pangkalpinang pada tahun 2015.

Selain itu, inovasi yang menjadi unggulan Kanwil DJKN SJB, menjadi poin yang disampaikan oleh Thaufik dihadapan Tim Penilaian Awal Kantor Wilayah Terbaik Tingkat Kementerian Keuangan Tahun 2017. Diantaranya mengenai Pembinaan Terpadu dan pembinaan berbasis web dalam bentuk e-learning.

Di tempat yang sama, pada saat menutup acara, Sekretaris DJKN Dodi Iskandar menyampaikan bahwa pada saat-saat penilaian seperti ini, wajar saja kita sebagai unit yang akan dinilai, “dipaksa” untuk melakukan perbaikan-perbaikan, dan juga melakukan inovasi-inovasi dalam tugas pembinaan maupun pelayanan. Namun ini harus disikapi dengan baik. Perbaikan-perbaikan yang telah dilakukan ini, dapat tetap dipertahankan.

“Ketika penilai datang, ruang dirapihkan, dikasih bunga-bunga. Harapannya, perbaikan-perbaikan ini dapat tetap dipertahankan,” ujar Dodi.

Tim Penilai On The Spot yang hadir diantaranya adalah Sekretaris Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Kusmanadji, Kepala Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan Dini Kusumawati, dan Sekretaris Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan Sofandi Arifin. Selain Tim Penilai inti, rombongan tim penilai juga dibantu oleh anggota lainnya yang sudah hadir sebelumnya untuk memantau langsung ke ruang kerja dan melakukan interview dengan beberapa pegawai Kanwil DJKN SJB, dan juga melakukan pemantauan ke KPKNL Palembang yang berada satu lokasi pada Gedung Keuangan Negara yang terletak di Jalan Kapten A. Rivai Nomor 4 Palembang.

Selain Tim Penilai, acara penilaian awal ini, juga dihadri oleh mitra kerja Kanwil DJKN SJB, diantaranya perwakilan dari BPD Sumselbabel, perwakilan dari Balai Karantina Pertanian Kelas I Palembang, perwakilan dari TVRI Sumsel, Perwakilaan Komando Daerah Militer II Sriwijaya, perwakilan Badan Pusat Statistik Provinsi Sumsel, perwakilan Badan Pertanahan Nasional Wilayah Sumsel, perwakilan Sekretaris Daerah Pemprov. Sumsel, perwakilan dari Kanwil Kementerian Hukum dan HAM, dan perwakilan dari Balai Besar Jalan Nasional.

Rizwan Alka, perwakilan dari BPD Sumselbabel, pada saat diberi kesempatan untuk memberikan testimoni mengenai kerjasamannya dengan Kanwil DJKN SJB selama ini, menyampaikan apresiasinya. Rizwan merasa puas dengan pelayanan yang telah di berikan oleh Kanwil DJKN SJB pada saat melakukan revaluasi aset BPD Sumselbabel tahun 2016 lalu. (Teks: OD, Bidang KIHI. Foto: Diaz, Bagian Umum)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini