Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
KPKNL Mataram Menginspirasi
Siska Jayanti
Kamis, 20 April 2017 pukul 15:31:24   |   553 kali

Mataram - Pegawai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pasti mampu dan terbiasa berbicara di depan umum baik itu di depan mahasiswa maupun stakeholder. Namun, berbicara di depan siswa Sekolah Dasar (SD) belum tentu semuanya mampu.

Pada Sabtu, awal April 2017 lalu, KPKNL Mataram berinisiatif mengambil tantangan tersebut dengan menggelar kegiatan bertajuk "Mengajar Sehari untuk Menginspirasi Selamanya" di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 41 Mataram. Acara inspiratif ini diadopsi dari acara Kelas Inspirasi yang telah dimulai sejak 2010 dan  Kemenkeu Mengajar pada Hari Oeang Republik Indonesia 2016.

Sengaja dilaksanakan pada hari libur agar tidak menganggu jam kerja dan pelayanan KPKNL Mataram. 

Dalam even ini terjadi interaksi antara relawan pengajar KPKNL Mataram dengan anak-anak SD untuk berbagi cerita sehingga dapat memberikan motivasi dan menumbuhkan keberanian kepada cikal bakal generasi penerus bangsa itu untuk tidak takut bermimpi dalam meraih cita citanya. Kepada mereka juga ditanamkan nilai-nilai kehidupan yang baik agar menjadi pribadi-pribadi yang kuat dan unggul.

Diawali dengan flash mop untuk menyatukan chemistry dengan para siswa, seluruh relawan menari dan bernyanyi bersama diiringi tembang "Terima Kasih Guruku". Kemudian, guna menambah semangat dan motivasi, para siswa diajak meneriakkan yel-yel yang sudah dipersiapkan yakni “SDN 41 ceria... kreatif... berprestasi...!“. 

Pada kesempatannya, Kepala KPKNL Mataram Asri Towidjojo memotivasi siswa agar tidak takut bermimpi dalam menggapai cita-cita. Pria yang gemar berolahraga ini membuat gerakan superhero dengan maksud agar para siswa mempunyai tujuan dan cita-cita dalam hidupnya. 

Asri kemudian melontarkan beberapa pertanyaan dengan hadiah-hadiah menarik bagi para siswa. “Ada yang tau siapa nama Menteri Keuangan saat ini?” tanya Asri dan dua orang siswa pun berlari kedepan untuk menjawab pertanyaan yang diajukan. “Sri Mulyani Indrawati” jawab mereka serempak. Dengan tersenyum Asri memberikan hadiah yang sudah disiapkan. 

Di penghujung sesinya, Asri menanamkan nilai-nilai moral kepada para siswa untuk selalu bersemangat dalam meraih cita-citanya dan menggantungkan cita-citanya setinggi langit, tidak lupa berdoa, patuh dan taat kepada orang tua, rajin belajar, disiplin dan menghargai teman. 

Begitulah gambaran keseruan di lapangan sebelum para siswa memasuki kelas untuk menerima inspirasi-inspirasi dari punggawa Kekayaan Negara yang saat itu berubah menjadi kakak-kakak guru.

Sesi di dalam kelas pun tidak kalah serunya. Relawan Pengajar menayangkan beberapa video motivasi untuk para siswa. Selanjutnya, mereka diminta menyampaikan rangkuman dari video tersebut sesuai versi masing-masing. Para siswa juga diminta menyampaikan cita-cita mereka dan alasan mengapa memilihnya. 

Sejurus kemudian, Tim Relawan memaparkan tugas dan fungsi DJKN serta melakukan simulasi lelang yang menarik perhatian para siswa. Mereka yang tadinya tidak mengetahui apa itu lelang tampak antusias saat memerankan sebagai pejabat lelang dan peserta lelang. Menggunakan uang mainan, mereka mempraktikkan bagaimana proses penawaran lelang berlangsung. Bahkan, saking semangatnya, uang saku mereka pun digunakan untuk membuat simulasi lelang lebih nyata. Beberapa kue yang dilelang pun laku dengan total harga Rp. 17 ribu. Tidak hanya itu, para siswa juga diberikan beberapa permainan diantaranya treasure hunt dan ular tangga raksasa. Suara teriakan khas anak-anak membuat suasana makin semarak. 

Acara ditutup dengan menerbangkan balon gas yang sudah diikatkan origami berisi kumpulan cita-cita para siswa. Dengan harapan cita-cita yang yang telah ditulis disana akan tercapai saat mereka dewasa nanti. (Text: Siska Jayanti / Photo: Siska Jayanti, Dwi Kurniawan S, M. Thamrin, Yatman).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini