Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Menjaga Penilai DJKN Tetap Kompeten
Kevin Bhaskara Sibarani
Kamis, 20 April 2017 pukul 10:04:25   |   451 kali

Pontianak – Pada 17 s.d 19 April 2017 diselenggarakan Verifikasi Kompetensi (Verkom) Penilai Pemerintah DJKN di lingkungan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) Kalimantan Barat. Kegiatan yang dipusatkan di Ruang Rapat Kanwil DJKN Kalimantan Barat ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan serta mengukur kompetensi penilai pemerintah lingkup Kanwil DJKN Kalimantan Barat.

Sebelumnya, Bidang Penilaian Kanwil DJKN Kalimantan Barat pada 13 April 2017 menggelar kegiatan Pra Verkom untuk memberikan persiapan melalui penyampaian materi seputar penilaian yang mungkin diujikan dalam Verkom sesungguhnya nanti.

Verkom berlangsung selama tiga hari. Hari pertama, kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Barat Tedy Syandriadi. Dalam pembukaannya Tedy menyampaikan bahwasanya kegiatan ini dilaksanakan untuk mengetahui tingkat pemahaman masing-masing Penilai Pemerintah DJKN terhadap konsep, teknik, dan metodologi sesuai dengan perkembangan ilmu di bidang Penilaian. “Dengan adanya Verkom ini juga berguna untuk menyusun rencana program pembinaan Penilai dan menjadi landasan dalam memberikan penugasan pada Penilai di lingkungan Kanwil DJKN Kalimantan Barat dalam melaksanakan tugas” ujar pria yang senang bermain musik ini.

Dalam kesempatan yang sama, Tedy Syandriadi juga memaparkan hasil pelaksanaan Verkom tahun 2016. Berdasarkan data yang telah direkapitulasi, nilai rata-rata Verkom di lingkup Kanwil DJKN Kalimantan Barat adalah 61,16 yang diambil dari penilai yang mengikuti sebanyak 12 orang dan 2 orang non-penilai. Selanjutnya acara diisi dengan sosialisasi terkait current issue di bidang penilaian yang dibawakan oleh tim dari Direktorat Penilaian.

Kegiatan hari kedua, para penilai yang hadir dibagi dalam beberapa kelompok untuk melakukan pemaparan kasus penilaian yang terjadi tiga tahun terakhir dan dilaksanakan oleh Penilai yang mengikuti kegiatan. Dalam sesi  Ujian Pemaparan dan Kaji Ulang Laporan Penilaian, presentasi dan keaktifan selama diskusi tersebut memberikan persentase poin tersendiri bagi para penilai yang mengikuti Verifikasi Kompetensi.

Pada hari terakhir, kegiatan verifikasi kompetensi diisi dengan ujian tertulis. Soal ujian dibagi ke dalam tiga kategori yaitu peraturan di bidang penilaian, teori dan praktek penilaian, dan penyusunan laporan penilaian, yang harus diselesaikan oleh peserta dalam waktu dua jam. Akhir seluruh rangkaian kegiatan verkom ini ditutup oleh Kepala Bidang Penilaian, Fendy Purwanto. Fendy Purwanto berharap hasil/nilai akhir verifikasi kompetensi penilai di lingkungan Kanwil DJKN Kalimantan Barat dapat meningkat dari tahun sebelumnya sehingga mampu menjadi Penilai yang handal dan kompeten. (Bidang KIHI Kanwil Kalbar)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini