Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
e-Auction Membuat Mata Terbelalak
N/a
Rabu, 01 Maret 2017 pukul 09:29:23   |   1426 kali

Jakarta – Kantor Pelayananan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta II berhasil melelang bongkaran sisa renovasi Aneka Lapangan, Istana Olahraga (Istora), Stadion Tenis, dan Stadion Renang atas permohonan Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPK GBK) Kementerian Sekretariat Negara RI pada Jumat, 24 Februari 2017.

Lelang yang berlangsung di Ruang Rapat Kantor PPK GBK, Jalan Pintu Satu Senayan tersebut dilaksanakan melalui aplikasi e-Auction. Hasilnya membuat banyak pihak terheran-heran. Betapa tidak, puing-puing bongkaran berupa besi, kayu, kabel, almunium, kaca, baja, dan bongkaran dengan nilai limit sebesar Rp951,28 juta terjual sebesar Rp2,76 miliar.

Jadi ungkapan Mata Terbelalak tidaklah berlebihan untuk menggambarkan keterkejutan pemohon lelang ketika melihat hasil lelang bongkaran yang fantastis tersebut.

Lonjakan kenaikan harga yang hampir mencapai 300 % dari nilai limit ini menghapus kekhawatiran pihak pemohon lelang karena barang bongkaran tersebut diprediksi hanya akan terjual pada harga tidak jauh dari nilai limit.

Pelaksanaan lelang yang dipimpin oleh Srikandi Lelang KPKNL Jakarta II Theodora Wijayanti, ternyata dihadiri banyak peminat yaitu 77 orang peserta. Dari proses penawaran yang terjadi terdapat penawaran tertinggi sebesar Rp2,76 miliar. Capaian harga lelang ini membuat pemohon lelang semakin yakin dan bersemangat kembali melelang melalui e-Auction pada tahap berikutnya.

Kepala KPKNL Jakarta II A. Y. Dhaniarto yang turut hadir dalam pelaksanaan lelang berharap agar lelang kali ini menjadi momentum untuk menggairahkan lelang melalui e-Auction. Menurutnya, dengan e-Auction dapat memutus mata rantai ketidakseriusan para peserta dalam mengikuti lelang.

Hal senada juga disampaikan Kepala Seksi Pelayanan Lelang M. Junaidy Efendy. Pria kelahiran Palembang ini optimis dengan potensi yang ada, target lelang Tahun 2017 akan tercapai sebagaimana diharapkan.

Lelang kali ini merupakan tahap yang kedua. Sebelumnya pada 30 Januari 2017 KPKNL Jakarta II juga berhasil melelang bongkaran gedung sejenis dengan harga sebesar Rp1 miliar dari harga limit sebesar Rp834,6 juta.

Obyeknya berupa eks Bangunan Juri Panahan, Gudang Tata Kelola, Ruang Tunggu Atlet 1, Bangunan Pengelola Panahan, Tribun Panahan, Ruang Pengurus Perpani, Ruang Tunggu Atlet 2, serta Gedung Voli dan Bulutangkis.

Sebagai informasi, dalam rangka pelaksanaan Sea Games pada tahun 2018 yang bakal dihelat di Jakarta dan Palembang, PPK GBK melakukan renovasi dan perombakan sarana dan prasarana penunjang pesta olahraga se-Asia Tenggara tersebut. Selanjutnya, sisa bongkaran dan aset yang sudah tidak terpakai dan masih mempunyai nilai ekonomis akan dihapus dengan cara penjualan dimuka umum/lelang melalui KPKNL Jakarta II.

Selain Kepala KPKNL Jakarta II, hadir juga perwakilan dari Biro Umum Sekretariat Negara, Direktur Keuangan PPK GBK, dan Kepala Satuan Pengawas Internal (KSPI) PPK GBK dalam pelaksanaan lelang dimaksud. (Teks: Kepala Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Jakarta II)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini