Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Kanwil II Medan Gelar Sosialisasi Pengelolaan BMN Tahun 2011
N/a
Rabu, 23 November 2011 pukul 09:27:37   |   503 kali

Medan – Kantor Wilayah II Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) menggelar Sosialisasi Pengelolaan BMN Tahun 2011 dengan tema “Peningkatan Pemahaman Pengelolaan BMN Menuju Tertib Administrasi, Tertib Fisik, dan Tertib Hukum pada 7 November 2011 di Hotel Madani, Jalan Sisingamangaraja, Medan.

Sosialisasi yang diikuti oleh seluruh satuan kerja di wilayah Medan sebanyak 33 satker ini dibuka oleh Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara Kanwil II DJKN Medan Ekman Manurung. Dalam sambutannya, Ekman Manurung mengutip tulisan Dirjen Kekayaan Negara Hadiyanto mengenai penertiban Barang Milik Negara (BMN) yang berorientasi pada terwujudnya “3T”, yaitu tertib adminstrasi aset negara, tertib hukum kepemilikan aset negara, dan tertib pengelolaan aset negara, yang meliputi pula pengamanan fisik aset negara.

Penertiban BMN, lanjutnya, merupakan bagian awal dari pelaksanaan Roadmap Strategic Asset Management yang menjadi faktor penting keberhasilan tahap-tahap berikutnya. Ada empat tujuan utama penertiban BMN, yakni melakukan pemutakhiran  pembukuan BMN pada Sistem Aplikasi BMN, mewujudkan penatausahaan BMN di seluruh satuan kerja instansi Pemerintah Pusat, dan menyajikan koreksi nilai aset tetap neraca awal 2004 pada laporan keuangan kementerian/lembaga serta melakukan tindak lanjut penatausahaan dan pengelolaan BMN yang tertib dan optimal.

Seusai sambutan, penyampaian materi pengelolaan BMN yang disampaikan oleh dua narasumber secara bersama-sama yaitu Manahan Husor Panaili, Kepala Seksi PKN I dan Amiruddin Daulay dari Kanwil II DJKN Medan. Penyampaian Materi ini berjalan cukup seru, karena disampaikan dengan contoh-contoh kasus pengelolaan BMN yang terjadi sehingga benar-benar menambah pemahaman peserta tentang pengelolaan BMN ditambah lagi dengan peran peserta yang aktif bertanya dan meminta penjelasan terkait permasalahan pengelolaan BMN yang terjadi di instansinya masing-masing.

Pada kegiatan ini, Kanwil II DJKN Medan juga menyebar kuesioner untuk diisi oleh petugas dari satker sebagai bahan evaluasi dan perbaikan dari pelayanan Kanwil II DJKN Medan dan ditutup oleh Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara Kanwil II DJKN Medan Ekman Manurung.

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini