Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Tarakan > Artikel
Kenapa, Baru Sekarang Penulisan Artikel Bisa Terwujud?
Ani Rejeki
Kamis, 16 Juli 2020   |   908 kali

Bila ditilik dari pengertian artikel, ada beberapa pendapat dari para ahli. Menurut Sumandira, artikel adalah suatu karya tulis lepas berisikan sebuah opini seseorang yang sudah mengetahui secara jauh tentang masalah atau obyek yang bersifat aktual dengan tujuan untuk memberitahukan, menghibur, mempengaruhi, dan meyakinkan pembaca artikel. Artikel dapat dipublikasikan di majalah, koran, hingga sosial media di internet.

Karya tulis berupa artikel bukanlah hal baru di Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. Hal ini bisa dilihat dari data yang ada di laman website Direktorat Jenderal Kekayaan Negara https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel. Penulisan artikel sudah ada sejak tahun 2012 dan semakin berkembang hingga saat ini. Tercatat hingga saat artikel ini ditulis terdapat 519 artikel yang telah dipublikasikan di laman website Direktorat Jenderal Kekayaan Negara.

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Tarakan sebagai salah satu unit vertikal di bawah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara baru berhasil mengembangkan penulisan artikel pada tahun 2020. Data tersebut bisa dilihat dari laman website resmi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara dan laman website Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Tarakan. Artikel yang berhasil ditulis sampai dengan triwulan II tahun 2020, antara lain:

1.  https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13000/Paguntaka-Ballroom-KPKNL-Tarakan-Pemanfaatan-Ekonomi-Aset-Penghasil-PNBP.html (oleh Mei Wulandari);

2.  https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13061/Performa-Menuju-Kantor-Modern-di-Ujung-Perbatasan-Negeri.html (oleh Mei Wulandari);

3.  https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13110/Bisakah-Layanan-Pasca-Lelang-Dilakukan-Secara-Online.html  (oleh Syaila Anya Tanaya);

4.  https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13171/Perencanaan-Keuangan-Muda-Bersahaja-Tua-Bahagia.html (oleh Syaila Anya Tanaya);

5.  https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13176/Sertipikasi-Tanah-Upaya-Mengamankan-Aset-Negara.html (oleh Lailun Erliana);

Selain dipublikasikan di laman website Direktorat Jenderal Kekayaan Negara dan laman website Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang  Tarakan, terdapat 3 (tiga) artikel yang telah berhasil dipublikasikan di koran Radar “Tarakan”, yaitu:

1.  Radar Tarakan, edisi Kamis, Tanggal 19 Maret 2020, Pemanfaatan Ekonomi Aset Penghasil PNBP. (oleh Mei Wulandari);

2.  Radar Tarakan, edisi Kamis, Tanggal 30 April 2020,Performa Menuju Kantor Modern di Ujung Perbatasan Negeri. (oleh Mei Wulandari);

3.  Radar Tarakan, edisi Kamis, Tanggal 11 Juni 2020,Sertipikasi Tanah Upaya Mengamankan Aset Negara. (oleh Lailun Erliana).

Berdasarkan artikel yang berhasil dipublikasikan, menandakan penulisan artikel kian berkembang dari tahun ke tahun. Perkembangan artikel yang semakin pesat saat ini menimbulkan satu pertanyaan, kenapa baru sekarang penulisan artikel bisa terwujud?

Perkembangan penulisan artikel tidak terlepas dari peran berbagai pihak. Antara lain peran pegawai yang memperoleh pembelajaran dan pembinaan di lingkungan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Tarakan maupun Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kalimantan Timur dan Utara selaku Pembina. Dari peran pembinaan tersebut dapat mengasah kemampuan pegawai dalam menuangkan opininya menjadi suatu artikel yang sistematis dan menarik. Kegiatan sosialisasi dan pelatihan yang didukung oleh narasumber yang ahli di bidang penulisan artikel juga turut andil. Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Tarakan telah mengadakan pelatihan jurnalistik bertema New Writing and Photography Skill pada tanggal 20 Maret 2019,  mendatangkan narasumber dari Radar Tarakan. Selain itu juga adanya webinar yang diselenggarakan Direktorat Hukum dan Humas Direktorat Jenderal Kekayaan Negara tentang penulisan artikel di website Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, pada tanggal 28 Mei 2020 dengan narasumber dari Biro Komunikasi dan Layanan Iinformasi. Kegiatan tersebut memberikan pembelajaran menulis artikel menjadi suatu hal yang mudah dan menyenangkan bagi pegawai.

Pembelajaran penulisan artikel juga semakin berkembang dengan dukungan dari internal Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Tarakan maupun Kantor Pusat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara yang selalu mendorong peningkatan kompetensi pegawai dengan memberikan aturan dan target sebagai suatu challenge bagi pegawai, seperti halnya dorongan untuk membuat tulisan atau artikel dengan tema yang telah ditentukan dan akan dipublikasikan di laman website Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Tarakan. Tantangan tersebut secara tidak langsung mendorong pegawai untuk membuat tulisan. Selain itu, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Tarakan juga diberikan target dari Kantor Pusat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara untuk menghasilkan minimal 3 (tiga) artikel dan akan dilakukan penilaian. Hasil penilaian artikel akan dikompilasi dengan penilaian lainnya dan masuk dalam Indikator Kinerja Utama (IKU) pegawai.

Upaya lain yang dilakukan untuk mendukung penulisan artikel yang terus berkembang hingga saat ini, yaitu melakukan kerja sama dengan unit vertikal Kementerian Keuangan di wilayah Kalimantan Utara sehingga terbangun komunitas dalam menulis. Tujuan kerja sama tersebut adalah  menjadikan salah satu media pembelajaran mengembangkan diri sekaligus wadah menyuarakan program kerja Kementerian Keuangan secara lebih luas. Selain itu, kerja sama yang terbangun menjadi bukti bahwa sinergitas kita,  sebagai punggawa Kementerian Keuangan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Penulisan artikel juga tidak lepas dari proses pencarian informasi pendukung, sehingga tak kalah penting untuk membangun budaya gemar membaca. Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Tarakan telah membangun perpustakaan mini sebagai media pegawai untuk membaca beragam buku. Dalam kegiatan tertentu seringkali pegawai diberikan hadiah buku oleh kepala kantor sehingga diharapkan dapat menambah motivasi, semangat, dan inspirasi pegawai untuk menulis artikel. Perkembangan penulisan artikel tidak dipengaruhi banyaknya jumlah pegawai, ini bisa dibuktikan dengan kondisi jumlah pegawai pada saat ini jauh lebih sedikit dibandingkan tahun sebelumnya, namun hasil karya seni berupa tulisan semakin bertambah. Hal tersebut dipengaruhi oleh pegawai sebagian besar didominasi oleh generasi milenial yang hobi membaca dan menulis .

 Melihat kondisi di atas, semakin memupuk harapan bahwa minat menulis pegawai akan terus meningkat. Didukung dengan beragam fasilitas penunjang peningkatan kompetensi, kemudahan akses memperoleh informasi, serta dorongan dari berbagai pihak, diharapkan dapat menjadi acuan bagi seluruh pegawai khususnya di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Tarakan untuk berkontribusi melalui tulisan yang dapat memberikan manfaat dan informasi bagi khalayak lebih luas. Sesuai dengan moto Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Tarakan “ULTRA”, seluruh pegawai Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Tarakan berkomitmen untuk selalu berusaha menjadi insan yang unggul dan terampil dalam menjalankan tugasnya serta memberikan kontribusi yang berkualitas sebagai punggawa Kementerian Keuangan termasuk menghasilkan banyak tulisan dengan beragam informasi untuk dibagikan kepada masyarakat.

Penulis : Ani Rejeki – Kepala Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Tarakan

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini