KPKNL Surakarta
BERITA UTAMA
Profil KPKNL Surakarta

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Surakarta merupakan unit vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara dan berada di bawah koordinasi Kantor Wilayah (Kanwil) Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta. KPKNL Surakarta berkantor di Jalan Ki Mangunsarkoro nomor 141 Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. Wilayah kerja KPKNL Surakarta meliputi wilayah eks. Karesidenan Surakarta, yang terdiri dari 1 (satu) kota dan 6 (enam) kabupaten, yaitu:

1. Kota Surakarta;

2. Kabupaten Klaten;

3. Kabupaten Boyolali;

4. Kabupaten Sukoharjo;

5. Kabupaten Wonogiri;

6. Kabupaten Karanganyar; dan

7. Kabupaten Sragen


Kota Surakarta memiliki luas wilayah 44,1 km2 yang terbagi dalam 5 (lima) kecamatan dan 51 (lima puluh satu) kelurahan. Kota Surakarta merupakan kota terbesar kedua di Jawa Tengah setelah Semarang. Kota Surakarta merupakan pusat dari suatu kawasan yang saat ini dikenal dengan sebutan Solo Raya, dengan kota-kota penyangga yaitu Kartasura, Solo Baru, Colomadu, Palur, Bak dan Ngemplak. Kota-kota satelit/penyangga tersebut berada dan berbatasan langsung dengan Kota Surakarta serta membentuk satu kawasan kota besar yang terpusat.

Kota Surakarta memiliki semboyan "Berseri" yang merupakan akronim dari "Bersih, Sehat, Rapi, dan Indah", sebagai slogan pemeliharaan keindahan kota. Selain itu, untuk kepentingan pariwisata, Surakarta memiliki slogan "Solo, The Spirit of Java" sebagai upaya pencitraan kota Surakarta sebagai pusat kebudayaan Jawa.

KPKNL Surakarta saat ini dipimpin Andi Soegiri oleh Kepala Kantor 





Wilayah Kerja
Meliputi 7 kabupaten/Kota yaitu : Kota Surakarta, Kabupaten Sragen, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Klaten.
Peta Lokasi KPKNL Surakarta
Alamat Kantor
Jl. Ki Mangunsarkoro No. 141 Surakarta - 57136
(0271) 723644
(0271) 723693