Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Pekalongan > Berita
KPKNL Pekalongan memperoleh peringkat pertama IKPA
Noviana Cepaka Sari
Selasa, 15 Januari 2019   |   209 kali

KPKNL Pekalongan memperoleh peringkat pertama Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) di Lingkungan Kementerian Keuangan untuk tahun anggaran 2018. Hal ini disampaikan oleh Marhaeni Rumiasih, Kepala KPKNL Pekalongan, dalam kegiatan Morning Call yang diselenggarakan pada Senin, 14 Januari 2019 di Meet Point KPKNL Pekalongan.

Dalam acara Morning Call kali ini diisi dengan sharing knowledge mengenai IKPA oleh Kuncoro, Kepala Subbagian Umum. Perubahan pola pikir tentang anggaran terjadi selama beberapa tahun terakhir. Kualitas anggaran yang dinilai dari tingkat penyerapannya sudah lama ditinggalkan. Hal ini dikarenakan, pengguna anggaran cenderung berlomba-lomba menghabiskan anggarannya tanpa melihat output. Dalam rangka pengelolaan keuangan yang lebih efisien dan efektif, indikator-indikator baru mulai disusun dan terus disempurnakan.

Saat ini, Direktorat Jenderal Perbendaharaan menggunakan dua belas indikator untuk menilai kinerja pelaksanaan anggaran pada satuan kerja di seluruh Indonesia. Dari dua belas indikator yang digunakan, KPKNL Pekalongan memperoleh nilai sempurna pada pengelolaan uang persediaan (UP), ketepatan pengelolaan SPM, revisi DIPA, realisasi anggaran, serta tidak pernah menggunakan dispensasi dalam rangka pengelolaan keuangan.

Kuncoro mengingatkan, bahwa anggaran kegiatan harus disusun serealistis mungkin agar tepat. Konsistensi pelaksanaan anggaran yang diminta dengan kegiatan yang dilaksanakan menjadi poin penting dalam mendapatkan nilai capaian indikator kinerja sempurna. Selain itu, untuk memperoleh ketepatan waktu yang tinggi, diperlukan perencanaan seluruh kegiatan yang baik. Para pegawai juga diharapkan dapat menyelesaikan administrasi terkait keuangan dengan segera norma waktu yang ditetapkan untuk dapat mempertahankan.

Suwarjono, staf Subbagian Umum yang bertugas sebagai pengelola keuangan KPKNL Pekalongan menyampaikan cerita sukses dalam pengelolaan keuangan selama tahun 2018. Beberapa tantangan dan kesulitan yang dihadapi diceritakan agar seluruh pegawai lebih sadar atas kewajiban administratif masing-masing atas pengelolaan keuangan.

KPKNL Pekalongan akan mengikuti seleksi Wilayah Birokrasi Bersih Melayani pada tahun 2020. Sehingga, selain terkait pelaksanaan anggaran, Heni mengingatkan para pegawai dan pejabat di lingkungan KPKNL Pekalongan untuk memperkuat jiwa korps. Jiwa korps yang kuat akan memudahkan organisasi dalam target yang telah ditetapkan. Kepala Kantor juga mengajak para pegawai yang baru saja bergabung untuk menyamakan langkah dan bersama-sama bergerak ke arah yang sama untuk mencapai tujuan. (teks: Noviana C. S)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Sriwijaya No. 1 Pekalongan - 51119
(0285) 436118;
(0285) 436113
kpknlpekalongan@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini