KPKNL Pekalongan
BERITA UTAMA
Aksi peduli lingkungan KPKNL Pekalongan dengan gerakan pungut sampah
Pengumuman
Kilas Peristiwa
Profil KPKNL Pekalongan

Kota Pekalongan terletak dipesisir pantai utara Provinsi Jawa Tengah yang merupakan jalur penghubung dari Jakarta menuju berbagai kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pekalongan terkenal sebagai kota batik sejak ratusan tahun yang lalu. Batik Pekalongan menjadi nafas penghidupan masyarakat yang terbukti tetap eksis, luwes dan berkembang sejalan dengan kemajuan jaman. Keanekaragaman jenis motif dan tata warna seni batiknya, menjadikan  branding kota Pekalongan sebagai “World’s City of Batik.”

Sebagai kota didaerah pesisir pantai, kota Pekalongan memiliki pantai nan indah dan  pelabuhan perikanan yang besar sebagai transit dan area pelelangan hasil tangkapan laut para nelayan dari berbagai daerah. Di sisi lain, Pekalongan terkenal dengan nuansa religiusnya, karena mayoritas penduduknya memeluk agama Islam. Salah satu tradisi masyarakat kota Pekalongan yang terkenal adalah syawalan, yaitu perayaan tujuh hari setelah Idul Fitri dengan pemotongan lopis raksasa (makanan berbahan beras ketan dan kelapa) untuk kemudian dibagi-bagikan kepada para pengunjung.

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pekalongan berdiri pada tahun 2006 sebagai pemekaran dari KPKNL Tegal, berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan nomor 135/PMK.01/2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara sebagai pemekaran dari KPKNL Tegal. Awalnya menempati sebuah ruko di Jalan Gajah Mada No.25 Pekalongan. Sejak bulan Desember 2011 menempati gedung kantor di Jl. Sriwijaya No. 1 Kota Pekalongan.

 

Pada tahun 2013, KPKNL Pekalongan berhasil menjadi juara tiga kantor percontohan nasional. Hal ini menjadikan cambuk  untuk selalu berbenah menuju kesempurnaan dalam memberikan pelayanan dan perbaikan proses bisnis dalam rangka tercapainya pelayanan yang unggul dan terbaik bagi para stakeholders.

Berbagai upaya telah kami lakukan, dukungan sarana dan prasarana, fasilitas pendukung dibidang  IT serta dengan motto kami “melayani dengan semangat BATIKKU” (Beriman, Akhlak mulia, Transparan, Integritas, Komunikatif, Kompak, Unggul).

Wilayah kerja KPKNL Pekalongan meliputi Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Batang dan Kabupaten Kendal, terdiri dari 145 satuan kerja K/L, BUMN/BUMD Perbankan dan Non Perbankan, BPR dan Koperasi. 

Dalam pelaksanaan tugas dan fungsi KPKNL Pekalongan didukung jumlah pegawai sebanyak 29 orang, dan tenaga honorer sebanyak 7 orang sebagai tenaga keamanan, pengemudi, dan pramubhakti.

Dalam pelaksanaan Rekonsiliasi BMN, KPKNL Pekalongan sudah menggunakan email sebagai sarana rekonsilasi BMN dalam mengatasi  masalah jarak (ada beberapa satker yang berada di Kab. Kendal) dan masalah keterbatasan waktu/jadwal rekon (Semester I tahun berjalan tanggal 01 sd 07 Juli dan Semester II tanggal  02 Januari sd 17 Januari).

Proses konsultasi baik konsultasi masalah aplikasi seperti aplikasi SIMAK BMN maupun konsultasi mengenai pengelolaan BMN seperti penetapan status BMN, sertifikasi BMN berupa tanah, sewa BMN dan penghapusan BMN, dapat dilakukan oleh satker via group BBM, via email kpknlpekalongan@gmail.com maupun lewat internet bmnpekalongan.wordpress.com dan website tersebut juga dapat digunakan untuk mengetahui info terkini menganai BMN. Sebagai sarana informasi dan pengaduan, KPKNL Pekalongan membuka call center dengan nomor  087700777001.

Untuk meningkatkan kekompakan dan kebugaran, setiap hari Jumat minggu pertama dan ketiga dilaksanakan senam bersama dan pada Jumat kedua dan keempat dilaksanakan kerja bakti untuk membersihkan lingkungan kantor.

Untuk meningkatkan jiwa kepemimpinan dan sinergi antar individu dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi seluruh jajaran KPKNL Pekalongan, pada hari Kamis, 15 Mei 2014 dilaksanakan kegiatan outbond. Dipandu oleh satuan kerja dari Brimob, seluruh pegawai antusias mengikuti kegiatan yang dikemas dalam game-game menarik dan uji kekuatan fisik keberanian serta kepercayaan diri.

Sebagai KPKNL Teladan, KPKNL Pekalongan mempunyai sarana dan prasarana yang lengkap, terdiri dari : 1 unit gedung kantor berdiri kokoh nan asri dua lantai, 1 unit gedung aula yang memuat +/- 150 orang sebagai ruang pertemuan dan ruang lelang, 1 unit mushola sebagai sarana ibadah dikantor, 1 unit pos pengamanan dan parkir kendaraan R-2 dan R-4 yang luas.

Beberapa keunggulan yang ada di KPKNL Pekalongan antara lain: adanya Manual Book sebagai pedoman dalam pelayanan Front Office, sehingga seluruh pegawai yang bertugas di FO akan dapat memberikan informasi sejelas-jelasnya kepada para stakeholder/pemangku kepentingan; adanya mobil branding sebagai sarana kehumasan dan layanan masyarakat; dan kearifan lokal kota Pekalongan untuk penyemangat dalam pelaksanaan tugas layanan dengan motto “Melayani dengan semangat BATIKKU” yang merupakan akronim dari Beriman, Akhlak Mulia, Transparan, Integritas, Komunikatif, Kompak, Unggul.

DJKN sebagai manajer asset memiliki peran yang lebih luas dan strategis dalam pengelolaan BMN, sehingga tanggung jawab dalam pengelolaan, meliputi: perencanaan, penganggaran, pengadaan, pemanfaatan, pengawasan dan pengendalian menjadi tanggung jawab bersama dalam pengelolaan dan penggunaan BMN.


Wilayah Kerja
Peta Lokasi KPKNL Pekalongan
Alamat Kantor
Jl. Sriwijaya No. 1 Pekalongan - 51119
(0285) 436118; 0877007770
(0285) 436113
kpknlpekalongan@gmail.com