Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Pekalongan
BERITA UTAMA
Layanan Pengaduan DJKN
Info lelang.go.id
Profil KPKNL Pekalongan



Kota Pekalongan terletak di pesisir pantai utara Provinsi Jawa Tengah yang merupakan jalur penghubung dari Jakarta menuju berbagai kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Terkenal sebagai kota batik sejak ratusan tahun yang lalu dan batik menjadi nafas penghidupan masyarakat kota Pekalongan yang terbukti tetap eksis, luwes dan berkembang sejalan dengan kemajuan jaman. Keanekaragaman jenis motif dan tata warna seni batiknya, menjadikan  branding kota Pekalongan sebagai “World’s City of Batik”. Tak heran jika UNESCO menetapkan kota ini sebagai salah satu jaringan kota kreatif. Sebagai kota di daerah pesisir pantai, kota Pekalongan memiliki pantai nan indah dan pelabuhan perikanan yang besar sebagai transit dan area pelelangan hasil tangkapan laut para nelayan dari berbagai daerah.


Disisi lain, kota Pekalongan terkenal dengan nuansa religiusnya, karena mayoritas penduduknya memeluk agama Islam. Salah satu tradisi masyarakat kota Pekalongan yang terkenal adalah syawalan, yaitu perayaan tujuh hari setelah Idul Fitri yang ditandai dengan pemotongan lopis raksasa (makanan berbahan beras ketan dan kelapa) untuk kemudian dibagi-bagikan kepada para pengunjung.

 

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pekalongan berdiri pada tahun 2006. Pada awal berdirinya, menempati sebuah ruko di Jalan Gajah Mada No.25 Pekalongan. Sejak bulan Desember 2011, KPKNL Pekalongan menempati gedung kantor di Jl. Sriwijaya No. 1 Kota Pekalongan.

 



Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 154/PMK.01/2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, KPKNL Pekalongan mempunyai tugas melaksanakan pelayanan di bidang kekayaan negara, penilaian,  dan lelang.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, KPKNL menyelenggarakan fungsi 

a. inventarisasi, pengadministrasian, pendayagunaan, dan pengamanan kekayaan negara; 

b. registrasi, verifikasi dan analisa pertimbangan permohonan pengalihan serta penghapusan kekayaan negara;

c. pelaksanaan pengurusan piutang negara dan kewenangan Panitia Urusan Piutang Negara;

d. pelaksanaan bimbingan teknis, pembinaan, penatausahaan, penagihan dan optimalisasi dalam rangka pengelolaan piutang negara;

e. pelaksanaan pelayanan penilaian;

f. pelaksanaan pelayanan lelang;

g. penyaJian informasi di bidang kekayaan negara, penilaian, dan lelang;

h. pelaksanaan pemberian pertimbangan dan advokasi pengurusan piutang negara dan lelang;

i. verifikasi dan pembukuan penerimaan pembayaran piutang negara dan hasil lelang; dan

j. pelaksanaan administrasi KPKNL.


Wilayah kerja KPKNL Pekalongan, meliputi: Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Batang, dan Kabupaten Kendal.


Tahun 2018, KPKNL Pekalongan berhasil mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMENPAN RB). Penghargaan ini diterima pada tanggal 10 Desember 2018 bertepatan dengan peringatan Hari Anti Korupsi Dunia (Hakordia) ke- 72 di Jakarta.

Pada tahun 2018 pula, KPKNL Pekalongan berhasil mendapatkan pengakuan atas sistem manajemen mutu layanan, ISO 9001: 2015 dari Thuv Reinlad selaku auditor eksternal yang meliputi 32 standar layanan (SOP) baik yang berada pada seksi teknis maupun pada seksi pendukung. Keberhasilan pencapaian kedua hal di atas merupakan hasil kerja bersama dan sinergi yang baik dari seluruh jajaran KPKNL Pekalongan. Selain itu pada tahun 2018, KPKNL Pekalongan merupakan satu-satunya kantor vertikal DJKN yang ditunjuk untuk mengikuti lomba Pengarusutamaan Gender (PUG) ditingkat Kementerian Keuangan.

 

Upaya untuk terus meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa terus dilakukan, dimana salah satu inovasi yang dikembangkan padat ahun 2018 berhasil mendapat peringkat I Inovasi Layanan Tahun 2018 tingkat DJKN berupa Validasi Pajak Pengalihan Hak Atas Tanah Dan/AtauBangunan Yang Berasal dari Lelang. Komitmen untuk terus meningkatkan pelayanan serta perbaikan internal dilakukan dalam rangka pencapaian Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) tahun 2019.


Pada tahun 2020, KPKNL Pekalongan berhasil meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dari Kementerian PAN RB. Dan pada tahun 2020 lalu, KPKNL Pekalongan mengikuti serangkaian kegiatan penilaian dan lomba, yaitu Evaluasi Unit Pelayanan Publik (EUPP)  yang diselenggarakan oleh Kementerian PAN RB, Kantor Pelayanan Teladan (KPT) dan Lomba Arsip tingkat DJKN. Dari seluruh kegiatan penilaian tersebut, KPKNL Pekalongan berhasil menorehkan prestasi yang membanggakan. EUPP mendapat penghargaan sebagai Penyelenggaran Pelayanan Publik dengan kategori Sangat Baik, untuk KPT mendapat penghargaan sebagai Kantor Pelayanan Teladan Terbaik I dan untuk Lomba Arsip mendapat peringkat ketiga. 


Selain meningkatkan mutu layanan, KPKNL Pekalongan juga senantiasa menjalin kerjasama yang baik dengan para stakeholder. Dan pada tahun 2021 KPKNL Pekalongan mendapat penghargaan dari Bank Mandiri atas dukungan yang baik dalam pelayanan lelang hak tanggungan.  Nilai  Indeks Kepuasan Pengguna Layanan (IKPL) KPKNL Pekalongan pada tahun 2021, yaitu 4.88.


 

Nilai IKPL



 

Pada Semester I Tahun 2022, KPKNL Pekalongan mendapatkan penghargaan dari KPPN Pekalongan sebagai Juara I  Kantor dengan kualitas kinerja pelaksanaan anggaran terbaik (IKPA), Juara 3 lomba cerdas cermat Penilaian DJKN, dan NKO terbaik tingkat Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DIY. NKO KPKNL Pekalongan pada Semester I Tahun 2022 yaitu 116,28%

Dengan dukungan sarana dan prasarana yang memadai serta motto““Sakpore”, Santun dalam bersikap, Kompeten dan Profesional dalam berkerja, Responsif dan Empati dalam melayani.

 

Didalam pelaksanaan tugas dan fungsi KPKNL Pekalongan, didukung jumlah pegawai sebanyak 34 orang dan tenaga honorer sebanyak 14 orang sebagai tenaga keamanan, pengemudi dan pramubhakti.




Sarana utama KPKNL Pekalongan antara lain, 1 gedung kantor, 1 aula, 1 ruang arsip, 1 mushola dan area parkir yang luas. Untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna jasa, Ruang Pelayanan KPKNL Pekalongan telah dilengkapi dengan ruang tunggu, pojok UMKM, charger station, mini library, snack and tea bar, toilet terpisah, toilet khusus difabel, play ground, ruang laktasi, dan kursi roda untuk difabel. 





Wilayah Kerja
Kota Pekalongan
Kabupaten Pekalongan
Kabupaten Batang
Kabupaten Kendal
Prestasi KPKNL Pekalongan
Peringkat I IKPA Se-Wilayah Kerja KPPN Pekalongan Tahun 2018
Pengelola Keuangan Terbaik I Tingkat Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI. Yogyakarta Tahun 2018
Predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari KemenPAN RB Tahun 2018
Peraih Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015
Juara I Lomba Foto Dalam 110 Tahun Lelang Indonesia
Juara I Inovasi Layanan Tahun 2018 Tingkat DJKN
Peraih Predikat Unit Kerja WBBM Tahun 2020
Juara I Kantor Pelayanan Teladan (KPT) Tingkat Kementerian Keuangan Tahun 202
Peta Lokasi KPKNL Pekalongan
Alamat Kantor
Jl. Sriwijaya No. 1 Pekalongan - 51119
(0285) 436118;
(0285) 436113
kpknlpekalongan@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini