KPKNL Pekalongan
BERITA UTAMA
Pemberian apresiasi lelang kepada para stakeholder di wilayah kerja KPKNL Pekalongan
Profil KPKNL Pekalongan


Kota Pekalongan terletak di pesisir pantai utara Provinsi Jawa Tengah yang merupakan jalur penghubung dari Jakarta menuju berbagai kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Terkenal sebagai kota batik sejak ratusan tahun yang lalu dan batik menjadi nafas penghidupan masyarakat kota Pekalongan yang terbukti tetap eksis, luwes dan berkembang sejalan dengan kemajuan jaman. Keanekaragaman jenis motif dan tata warna seni batiknya, menjadikan  branding kota Pekalongan sebagai “World’s City of Batik”. Tak heran jika UNESCO menetapkan kota ini sebagai salah satu jaringan kota kreatif. Sebagai kota di daerah pesisir pantai, kota Pekalongan memiliki pantai nan indah dan  pelabuhan perikanan yang besar sebagai transit dan area pelelangan hasil tangkapan laut para nelayan dari berbagai daerah.

Disisi lain, kota Pekalongan terkenal dengan nuansa religiusnya, karena mayoritas penduduknya memeluk agama Islam. Salah satu tradisi masyarakat kota Pekalongan yang terkenal adalah syawalan, yaitu perayaan tujuh hari setelah Idul Fitri yang ditandai dengan pemotongan lopis raksasa (makanan berbahan beras ketan dan kelapa) untuk kemudian dibagi-bagikan kepada para pengunjung.

 

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pekalongan berdiri pada tahun 2006. Pada awal berdirinya, menempati sebuah ruko di Jalan Gajah Mada No.25 Pekalongan. Sejak bulan Desember 2011, KPKNL Pekalongan menempati gedung kantor di Jl. Sriwijaya No. 1 Kota Pekalongan.

 

Tahun 2018, KPKNL Pekalongan berhasil mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMENPAN RB). Penghargaan ini diterima pada tanggal 10 Desember 2018 bertepatan dengan peringatan Hari Anti Korupsi Dunia (Hakordia) ke- 72 di Jakarta.

Pada tahun 2018 pula, KPKNL Pekalongan berhasil mendapatkan pengakuan atas sistem manajemen mutu layanan, ISO 9001: 2015 dari Thuv Reinlad selaku auditor eksternal yang meliputi 32 standar layanan (SOP) baik yang berada pada seksi teknis maupun pada seksi pendukung. Keberhasilan pencapaian kedua hal di atas merupakan hasil kerja bersama dan sinergi yang baik dari seluruh jajaran KPKNL Pekalongan. Selain itu pada tahun 2018, KPKNL Pekalongan merupakan satu-satunya kantor vertikal DJKN yang ditunjuk untuk mengikuti lomba Pengarusutamaan Gender (PUG) ditingkat Kementerian Keuangan.

 

Upaya untuk terus meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa terus dilakukan, dimana salah satu inovasi yang dikembangkan pada tahun 2018 berhasil mendapat peringkat I Inovasi Layanan Tahun 2018 tingkat DJKN berupa Validasi Pajak  Pengalihan Hak Atas Tanah Dan/Atau Bangunan Yang Berasal dari Lelang. Komitmen untuk terus meningkatkan pelayanan serta perbaikan internal dilakukan dalam rangka pencapaian Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) tahun 2019. Beragam inovasi dibidang layanan telah dikembangkan untuk kemudahan para pengguna jasa baik internal maupun eksternal pada awal tahun 2019 ini. Hal ini telah terbukti dengan nilai dari Indeks Kepuasan Pengguna Layanan (IKPL) yang dalam tiga tahun terakhir mengalami peningkatan sebagaimana diagram di bawah ini :

 

Nilai IKPL

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dengan dukungan sarana dan prasarana yang memadai serta motto “Melayani Dengan Semangat BATIKKU” (Beriman, Akhlak mulia, Transparan, Integritas, Komunikatif, Kompak, Unggul) dan KESETARAAN”, KPKNL Pekalongan siap melayani stakeholder dengan semangat “Sakpore” (semaksimal mungkin_red). Motto Kesetaraan merupakan perwujudan dari implementasi Pengarusutamaan Gender yang telah dijalankan dalam seluruh program dan kegiatan KPKNL Pekalongan.

 

Didalam pelaksanaan tugas dan fungsi KPKNL Pekalongan, didukung jumlah pegawai sebanyak 34 orang dan tenaga honorer sebanyak 14 orang sebagai tenaga keamanan, pengemudi dan pramubhakti.

 

 

 

 

 

 

KPKNL Pekalongan mempunyai sarana dan prasarana yang lengkap, terdiri dari : 1 unit gedung kantor berdiri kokoh nan asri dua lantai, 1 unit gedung aula yang memuat +/- 150 orang sebagai ruang pertemuan, 1 unit mushola sebagai sarana ibadah di kantor, 1 unit pos pengamanan, ruang arsip dan parkir kendaraan R-2 dan R-4 yang luas, kesemuanya berdiri diatas tanah seluas 3.121 m2. Disamping itu KPKNL Pekalongan telah memiliki tujuh unit rumah dinas yang berdiri di atas ranah seluas 1.915 m2 berlokasi di Jalan Slamet Nomor 18 Pekalongan

 

Wilayah kerja KPKNL Pekalongan meliputi : Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Batang dan Kabupaten Kendal. 

 

Capaian kinerja

Nilai Kinerja Organisasi (NKO) KPKNL Pekalongan dalam waktu tiga tahun terakhir sebagaimana diagram di bawah ini :




Sejalan dengan misi yang diemban DJKN sebagai Asset Manager
, KPKNL Pekalongan siap mengoptimalkan fungsi aset negara sebagai salah satu sumber daya dalam mendukung peningkatan kualitas pelayanan publik dan kontribusi dalam penerimaan negara berjalan beriringan dengan fungsi DJKN lainnya di bidang penilaian, pelayanan lelang dan pengurusan piutang negara.


Wilayah Kerja
Kota Pekalongan
Kabupaten Pekalongan
Kabupaten Batang
Kabupaten Kendal
Prestasi KPKNL Pekalongan
Peringkat I IKPA Se-Wilayah Kerja KPPN Pekalongan Tahun 2018
Pengelola Keuangan Terbaik I Tingkat Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI. Yogyakarta Tahun 2018
Predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari KemenPAN RB Tahun 2018
Peraih Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015
Juara I Lomba Foto Dalam 110 Tahun Lelang Indonesia
Juara I Inovasi Layanan Tahun 2018 Tingkat DJKN
Peta Lokasi KPKNL Pekalongan
Alamat Kantor
Jl. Sriwijaya No. 1 Pekalongan - 51119
(0285) 436118; 0877007770
(0285) 436113
kpknlpekalongan@kemenkeu.go.id