Sabtu, 30 Maret 2024
Rabu, 20 Maret 2024
Rabu, 20 Maret 2024
Minggu, 31 Maret 2024
Jum'at, 29 Maret 2024
Kota Pekalongan terletak di pesisir pantai utara Provinsi Jawa Tengah yang merupakan jalur penghubung dari Jakarta
menuju berbagai kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Terkenal sebagai kota batik sejak ratusan tahun yang lalu dan batik menjadi nafas penghidupan masyarakat kota Pekalongan yang terbukti tetap eksis, luwes dan berkembang sejalan dengan kemajuan jaman. Keanekaragaman jenis motif dan tata warna seni batiknya, menjadikan branding kota Pekalongan sebagai
“World’s City of Batik”. Tak heran jika UNESCO menetapkan kota ini sebagai salah satu jaringan kota kreatif. Sebagai kota di daerah pesisir pantai, kota Pekalongan memiliki pantai nan indah dan pelabuhan perikanan yang besar sebagai tempat transit dan area pelelangan hasil tangkapan laut para nelayan dari berbagai daerah.
Disisi lain, kota Pekalongan terkenal dengan nuansa religiusnya,
karena mayoritas penduduknya memeluk agama Islam. Salah satu tradisi
masyarakat kota Pekalongan yang terkenal adalah syawalan, yaitu perayaan tujuh
hari setelah Idul Fitri yang ditandai dengan pemotongan lopis raksasa (makanan
berbahan beras ketan dan kelapa) untuk kemudian dibagi-bagikan kepada para
pengunjung.
Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pekalongan
berdiri pada tahun 2006. Pada awal berdirinya, KPKNL Pekalongan menempati sebuah ruko
di Jalan Gajah Mada No.25 Pekalongan. Sejak bulan Desember 2011, KPKNL Pekalongan menempati gedung kantor di Jalan
Sriwijaya No. 1, Bendan, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.
KPKNL Pekalongan memberikan pelayanan pengelolaan kekayaan negara, pelayanan penilaian, piutang negara dan lelang yang profesional dan bertanggung jawab kepada masyarakat dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Hal ini sesuai dengan visi DJKN yaitu “Menjadi Pengelola Kekayaan Negara yang Profesional dan Akuntabel dalam rangka mendukung visi Kementerian Keuangan : Menjadi Pengelola Keuangan Negara untuk mewujudkan Perekonomian Indonesia yang produktif, kompetitif, inklusif dan berkeadilan, serta untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat”.
Misi yang dijalankan tahun 2020 – 2024 sebagai berikut :
1. Mengoptimalkan
pengelolaan kekayaan negara.
2. Mengamankan
kekayaan negara secara fisik, administrasi dan hukum.
3. Meningkatkan
tata kelola dan nilai tambah pengelolaan investasi negara.
4. Menghasilkan nilai kekayaan negara yang wajar dan dapat dijadikan acuan dalam berbagai keperluan.
5. Mewujudkan lelang yang efisien, transparan, akuntabel, adil, dan kompetitif sebagai instrumen jual beli yang mampu mengakomodasi kepentingan masyarakat.
Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 154/PMK.01/2021 tentang Organisasi
dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, KPKNL
Pekalongan mempunyai tugas melaksanakan pelayanan di bidang kekayaan negara,
penilaian, dan lelang.
Dalam melaksanakan
tugas sebagaimana dimaksud, KPKNL menyelenggarakan fungsi sebagai berikut:
a.
inventarisasi, pengadministrasian, pendayagunaan, dan pengamanan kekayaan
negara;
b. registrasi,
verifikasi dan analisa pertimbangan permohonan pengalihan serta penghapusan
kekayaannegara;
c. pelaksanaan
pengurusan piutang negara dan kewenangan Panitia Urusan Piutang Negara;
d. pelaksanaan
bimbingan teknis, pembinaan, penatausahaan, penagihan dan optimalisasi dalam
rangkapengelolaan piutang negara;
e. pelaksanaan
pelayanan penilaian;
f. pelaksanaan
pelayanan lelang;
g. penyaJian
informasi di bidang kekayaan negara, penilaian, dan lelang;
h. pelaksanaan
pemberian pertimbangan dan advokasi pengurusan piutang negara dan lelang;
i. verifikasi
dan pembukuan penerimaan pembayaran piutang negara dan hasil lelang; dan
j. pelaksanaan
administrasi KPKNL.
Wilayah kerja KPKNL Pekalongan, meliputi:
Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Batang, dan Kabupaten Kendal.
Tahun 2018, KPKNL Pekalongan berhasil
mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kementerian
Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMENPAN RB).
Penghargaan ini diterima pada tanggal 10 Desember 2018 bertepatan dengan
peringatan Hari Anti Korupsi Dunia (Hakordia) ke- 72 di Jakarta.
Pada tahun 2018 pula, KPKNL Pekalongan
berhasil mendapatkan pengakuan atas sistem manajemen mutu layanan, ISO 9001:
2015 dari Thuv Reinlad selaku auditor eksternal yang meliputi 32 standar
layanan (SOP) baik yang berada pada seksi teknis maupun pada seksi pendukung.
Keberhasilan pencapaian kedua hal di atas merupakan hasil kerja bersama dan
sinergi yang baik dari seluruh jajaran KPKNL Pekalongan. Selain itu pada tahun
2018, KPKNL Pekalongan merupakan satu-satunya kantor vertikal DJKN yang
ditunjuk untuk mengikuti lomba Pengarusutamaan Gender (PUG) ditingkat
Kementerian Keuangan.
Upaya untuk terus meningkatkan pelayanan
kepada para pengguna jasa terus dilakukan, dimana salah satu inovasi yang
dikembangkan padat ahun 2018 berhasil mendapat peringkat I Inovasi Layanan Tahun 2018 tingkat DJKN berupa Validasi Pajak Pengalihan Hak
Atas Tanah Dan/AtauBangunan Yang Berasal dari Lelang. Komitmen
untuk terus meningkatkan pelayanan serta perbaikan internal dilakukan dalam
rangka pencapaian Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) tahun 2019.
Pada tahun 2020, KPKNL Pekalongan berhasil
meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dari Kementerian
PAN RB. Dan pada tahun 2020 lalu, KPKNL Pekalongan mengikuti serangkaian
kegiatan penilaian dan lomba, yaitu Evaluasi Unit Pelayanan Publik (EUPP)
yang diselenggarakan oleh Kementerian PAN RB, Kantor Pelayanan Teladan (KPT) dan Lomba Arsip
tingkat DJKN. Dari seluruh kegiatan penilaian tersebut, KPKNL Pekalongan
berhasil menorehkan prestasi yang membanggakan. EUPP mendapat penghargaan
sebagai Penyelenggaran Pelayanan Publik dengan kategori Sangat Baik, untuk KPT
mendapat penghargaan sebagai Kantor Pelayanan Teladan Terbaik I dan untuk Lomba
Arsip mendapat peringkat ketiga.
Selain meningkatkan mutu layanan, KPKNL Pekalongan juga senantiasa menjalin kerjasama yang baik
dengan para stakeholder. Dan pada tahun 2021 KPKNL Pekalongan mendapat
penghargaan dari Bank Mandiri atas dukungan
yang baik dalam pelayanan lelang hak tanggungan.
Pada Tahun 2022 KPKNL Pekalongan mendapatkan penghargaan dari KPPN
Pekalongan sebagai Juara I Kantor dengan kualitas kinerja
pelaksanaananggaran terbaik (IKPA), Juara 3 lomba cerdas cermat Penilaian DJKN,
dan Juara Kedua dalam Lomba Kedai Lelang UMKM.
KPKNL Pekalongan senantiasa memberikan
pelayanan yang terbaik dan
mengutamakan kepuasan bagi pengguna layanan. Dengan sarana dan prasarana yang memadai
serta motto “Sakpore”, yang memiliki akronim Santun dalam
bersikap, Kompeten dan Profesional dalam berkerja, Responsif dan Empati
dalam melayani.
Dan pada tahun 2023 KPKNL Pekalongan berhasil meraih Juara II lomba
Kedai Lelang UMKM yang diselenggarakan oleh Kantor Pusat DJKN.
Di tahun 2024 ini dalam pelaksanaan tugas dan fungsi KPKNL Pekalongan, didukung
jumlah pegawai sebanyak 31 orang dan tenaga honorer sebanyak 14 orang sebagai tenaga keamanan,
pengemudi dan purnabhakti.
Fasilitas pada KPKNL Pekalongan antara lain Ruang konsultasi,
Ruang Laktasi, tempat bermain anak, ruang tunggu tamu, e-corner, mushola, mini
perpustakaan, kamar mandi difabel, dan lain-lain.