KPKNL Bima
BERITA UTAMA
Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bima menyelenggarakan kegiatan Lokakarya Peningkatan Soft Competency di halaman depan dan Ruang Aula KPKNL Bima
e-Auction DJKN
Info Lelang
Profil KPKNL Bima

Profil KPKNL Bima

KPKNL Bima berdiri diatas tanah kurang lebih seluas  16.000 m2 dengan bangunan 2 (dua) lantai.  Secara geografis, KPKNL Bima mempunyai posisi yang cukup strategis dan mudah dijangkau  oleh para pengguna jasa dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum  karena terletak di pusat  kota dan dekat dengan Kantor Walikota Bima dan instansi lain sehingga memudahkan dalam rangka koordinasi, pengurusan administrasi dan membina hubungan lintas sektoral dan lain-lainya dengan masyarakat khususnya para pengguna jasa.

 

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bima dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor : 135/PMK.01/2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara sebagai tindak lanjut dari adanya reorganisasi di Lingkungan Departemen Keuangan dan berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 131/PMK.01/2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja Departemen Keuangan.

 

Adapun wilayah kerja KPKNL Bima meliputi Kota Bima, Kabupaten Bima, Kabupaten Dompu, Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat. Dalam menjalankan tugas dan fungsinya KPKNL Bima  memberikan pelayanan di bidang Kekayaan Negara, Penilaian, Piutang Negara dan Lelang sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan dan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.


Sebagai unit organisasi vertikal yang berada di bawah naungan DJKN, KPKNL Bima dalam menjalankan tugas dan fungsinya  selalu berupaya untuk mewujudkan visi DJKN dan menjalankan misi DJKN, dengan meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa/stakeholders dan berpedoman  pada Nilai-Nilai Kementerian Keuangan yaitu Integritas, Profesionalisme, Sinergi, Pelayanan dan Kesempurnaan.

KPKNL Bima selaku unit Eselon III memiliki komposisi pegawai sebanyak 24 orang termasuk diantaranya 6 orang Penilai, 3 orang Pejabat Lelang, 3 orang Juru Sita dan 2 orang Bendahara.  Saat ini dipimpin oleh Selo Tarnando S selaku Kepala Kantor dan dibantu oleh 7 orang Pejabat Struktural Eselon IV, yaitu posisi Kepala Sub Bagian Umum, Gaspar Bacenti Fernandez, Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, Mahfud, Kepala Seksi Pelayanan Penilaian, Jundi Widiantoro, Kepala Seksi Pelayanan Lelang, Fahrizi Fatahillah, Kepala Seksi Piutang Negara, Lalu Mahaelum, Kepala Seksi Informasi dan Hukum, Harun Husin dan Kepala Seksi Kepatuhan Internal, Idham Khalid, sedangkan jumlah pegawai pelaksana sebanyak 16 orang yang dibagi kedalam 7 seksi yang berbeda untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang telah ditetapkan. Kemudian dari latar belakang faktor usia  terdapat 13 orang pegawai  yang termasuk katagori pegawai yang sudah senior  dan (>41- 57 tahun) dan 4 orang pegawai yang telah berusia    >30-40 tahun serta 7 orang pegawai yang berusia <30 tahun.

Dari latar belakang pendidikan, pegawai  KPKNL Bima memiliki 2 orang pegawai lulusan SMP, Diploma I/III sebanyak 5 orang, Diploma 4 sebanyak 1 orang, Strata 1 sebanyak 11 orang dan Strata 2 sebanyak 1 orang.

 

Salah satu kekuatan KPKNL Bima dalam meningkatkan mutu pelayanan yang lebih baik terhadap pengguna jasa/stakeholder adalah sumber daya manusia yang memiliki komitmen, integritas, kompetensi yang tinggi dan selalu berpegang pada Nilai-Nilai Kementerian Keuangan dan sesuai SOP yang telah ditentukan.

Selain dari segi prestasi capaian kinerja atas pelayanan yang diberikan kepada pengguna jasa dengan menerima piagam penghargaan sebagai kantor yang meraih nilai NKO tertinggi di lingkungan Kanwil DJKN Bali dan Nusa Tenggara, KPKNL Bima juga mempunyai prestasi lainnya dalam bidang olahraga. Prestasi tersebut diperoleh dari kompetisi yang diselenggarakan dalam rangka HUT Keuangan RI di lingkup Kementerian Kota Bima, diantaranya yaitu Juara II Bola Volley pada pertandingan  Bola Volley Tahun 2017

Masyarakat / Stakeholder dapat menyampaikan pengaduan atau keluhan  atas pelayanan yang diberikan oleh KPKNL Bima. Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor : 170/PMK.01/2012 KPKNL melalui Unit Kepatuhan Internal menerima dan memproses pengaduan yang diterima dari masyarakat/stakeholders.

Pengaduan atau keluhan tersebut dapat disampaikan melalui kotak saran yang ada di ruang pelayanan, melalui surat resmi atau dapat melalui email ke : kpknlbimaseksiki@gmail.com


Wilayah Kerja
Kota Bima
Kabupaten Bima
Kabupaten Dompu
Kabupaten Sumbawa Besar
Kabupaten Sumbawa Barat
Peta Lokasi KPKNL Bima
Alamat Kantor
Jalan Soekarno Hatta Nomor 177 Kota Bima - 84115
(0374) 42993, 43006
(0374) 43006
kpknl.bima@gmail.com