Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Sumatera Utara > Berita
Kanwil DJKN Sumatera Utara adakan Rapat Koordinasi dan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Program Sertipikasi BMN
Muhammad Faniawan Asriansyah
Rabu, 15 Februari 2023   |   143 kali

Selasa (14/01) bertempat di Aula lantai 6 Gedung Keuangan Negara II, Kanwil DJKN Sumatera Utara melaksanakan Rapat Koordinasi serta Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Program Sertipikasi BMN Kanwil DJKN Sumatera Utara dan Kanwil BPN Propinsi Sumatera Utara Tahun 2023.

Dalam sambutannya Kepala Kanwil DJKN Sumatera Utara, Tedy Syandriadi menyampaikan bahwa pengelolaan BMN yang semakin berkembang dan kompleks perlu dikelola secara optimal, professional, akuntabel dan sekaligus dapat berkontribusi dalam penyelenggaraan tata kelola keuangan Negara.

Menindaklanjuti hal tersebut untuk melaksanakan amanah UU No. 1 Tahun 2004 dimana asset tanah harus disertipikatkan atas nama Pemerintah Republik Indonesia cq Kementerian/Lembaga yang menguasai dan atau menggunakan BMN, Kementerian Keuangan bekerjasama dengan BPN RI telah menerbitkan peraturan bersama tentang Persertipikatan BMN. Adanya peraturan bersama ini, menjadikan program sertipikasi sejak tahun 2013 sebagai program bersama yang dilakukan dengan harapan BMN berupa tanah memiliki kepastian hokum atas subyek dan obyeknya serta pengamana asset terlaksana sesuai ketentuan yang berlaku.

Tedy Syandriadi mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kantor Pertanahan atas capaian target Sertipikasi Tahun 2022 sebanyak 2.082 bidang tercapai sebanyak 2.675  atau sebesar 128,48 persen.

Tahun 2023 ini adalah tahun terakhir penyelesaian target sertipikasi dimana target Kanwil DJKN Sumut tahun ini dibagi atas 4 katagori yaitu :


1.    K1 (Clean and Clear)

(data yuridis dan fisik lengkap dan tidak sengketa/berperkara) Dengan output program pensertipikatan BMN TA 2023 berupa Sertipikat Hak Pakai (SHP).



2.    K2 (Not Clean But Clear)

        (data yuridis dan fisik tidak lengkap namun tidak sengketa/berperkara) Dengan output program pensertipikatan BMN TA 2023 berupa Sertpikat Hak Pakai/Peta Bidang Tanah (PBT).

3.    K3 (Clean But Not Clear)

      (data yuridis dan fisik lengkap namun sengketa/berperkara) dan Not Clean And Not Clear (data yuridis dan fisik tidak lengkap serta sengketa/berperkara) Dengan output program pensertipikatan BMN TA 2023 berupa Peta Bidang Tanah/Produk Lainnya.

4.    K4 (Update dan Validasi Data)

(untuk bidang tanah sudah bersertipikat namun belum dilakukan update di Master Aset SIMAN Dengan output program pensertipikatan BMN TA 2023 berupa update data SIMAN dan validasi di Valserah).


selain menyelesaikan sertipikasi untuk penerbitan hak pertama kali, target sertipikasi BMN juga ditambah dengan target ganti nama, yaitu BMN yang telah bersertipikat namun belum sesuai ketentuan (BBSK). 


Untuk Wilayah Sumatera Utara, yang menjadi target Sertipikasi tahun 2023 pada Kanwil BPN dan Kantor Pertanahan adalah untuk Kategori K1, K2, K3 dan BBSK dimana target K1-K3 adalah sebanyak 1.179 NUP tanah yang diproyeksikan untuk menjadi sebanyak 1.770 Sertipikat Tanah/Peta Bidang Tanah(PBT) /Produk Lainnya  dan proses penggantian nama (BBSK) sejumlah 10 bidang.

 

Pelaksanaan program sertipikasi BMN tanah ini tentunya tidak luput dari kendala lapangan, namun dengan kerjasama dan sinergi yang baik, antara DJKN-BPN serta Satker kendala-kendala tersebut pasti dapat  diselesaikan.

Penandatangan Perjanjian Kerjasama Program Sertipikasi BMN ini sengaja diselenggarakan tidak lain untuk  memastikan bahwa sinergi dan komunikasi dapat terbangun dengan baik untuk kesuksesan program. Kanwil DJKN Sumut juga tidak bosan-bosannya mengingatkan satker yang menjadi target pensertipikatan untuk terus menerus menjalin komunikasi aktif dengan berbagai kantor pertanahan yang akan mengeksekusi pelaksanaannya.


Untuk kesuksesan program sertipikasi di tahun 2023 ini, dengan rendah hati Kanwil DJKN Sumut sangat berharap bantuan dan koordinasi intens dari BPN. Semoga dengan sinergi yang telah terjalin, percepatan sertipikasi BMN tahun 2023 dapat terlaksana tanpa kendala, dan sekali lagi Tedy Syandriadi mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kanwil BPN Provinsi Sumatera Utara dan seluruh Kantor Pertanahan yang telah bekerja keras dalam menyelesaikan target selama ini. 

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Pangeran Diponegoro No. 30a Gedung Keuangan Negara Lt. 4, Madras Hulu, Kec. Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara 20152
(061) 4524609
(061) 4538636
halo.djknsumut@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini