Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Sumatera Utara > Berita
Sosialisasi Pembinaan Kearsipan, SMART, dan Aplikasi Diklat di Sumatera Utara
N/a
Senin, 09 Mei 2016   |   945 kali

Medan- Sekretariat Kantor Pusat DJKN melaksanakan kegiatan pembinaan kearsipan, sosialisasi Aplikasi SMARt dan Aplikasi Diklat 2016 di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara  (Kanwil DJKN) Sumatera Utara. Acara pada Rabu (27/4) ini dihadiri oleh pegawai Kanwil DJKN Sumatera Utara dan perwakilan dari KPKNL di lingkungan wilayah kerja Kanwil DJKN Sumatera Utara.

Kepala Bagian Umum Nyoman Heryawan Triana Putra menyampaikan di era digitalisasi proses bisnis untuk menuju kantor modern memerlukan peningkatan performa di bagian umum dan bidang teknis di wilayah kerja Kanwil DJKN Sumatera Utara. Mewakili Kepala Kanwil Nyoman menambahkan utuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan sistem pengembangan pegawai yang sesuai dengan kebutuhan pegawai dan organisasi beberapa diantaranya  aplikasi diklat manajemen kearsipan serta digitalisasi persuratan dan informasi pegawai melalui aplikasi SMARt

R. Ahmad Iman Abdurahman narasumber dari bagian kepegawaian memaparkan pentingnya diklat bagi pegawai dan semua pegawai dihimbau untuk dapat menggunakan aplikasi diklat untuk proses pengajuan dan persetujuan diklat yang lebih tertata dan terencana.

Kegiatan selanjutnya adalah pembinaan kearsipan mulai dari penciptaan sampai pada retensi arsip. Dijelaskan bahwa penanggungjawab arsip adalah pencipta arsip tersebut. Arsip sebagai sumber informasi dan pertanggungjawaban memang menjadi hal yang sulit untuk dikelola kecuali semua elemen dalam suatu unit dapat bekerja sama untuk memulainya. Diharapkan dengan sosialisasi ini, Kanwil DJKN Sumatera Utara dapat menjadi pelopor dalam tertib administrasi kearsipan. 

Hari terakhir diisi dengan pemaparan aplikasi SMARt (Sistem Monitoring Aktivitas Rutin) yang terdiri dari modul personal, modul APT (Area Pelayanan Terpadu) dan modul persuratan. Para peserta juga langsung mendapatkan tutorial menjalankan modul-modul tersebut.  Dalam kesempatan ini juga para peserta merasakan langsung bahwa digitalisasi proses bisnis dapat mempersingkat waktu persuratan sehingga pekerjaan dapat dilaksanakan dalam waktu yang lebih singkat.

Di akhir acara Kepala Seksi  Pusat Data dan Layanan Informasi Direktorat PKNSI Salman Paris Muda mengharapkan agar modul-modul ini dapat segera diimplementasikan. ( Tim Peliputan Kanwil DJKN Sumatera Utara )

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Pangeran Diponegoro No. 30a Gedung Keuangan Negara Lt. 4, Madras Hulu, Kec. Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara 20152
(061) 4524609
(061) 4538636
halo.djknsumut@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini