Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah
BERITA UTAMA
Banjarmasin - Juru Sita Piutang Negara yang telah mengangkat sumpah menurut agamanya atau kepercayaannya, dalam bekerja harus betul-betul memegang teguh sumpah tersebut, karena sumpah diucapkan dan dipertanggungjawabkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.
Profil Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah

Kota Banjarbaru terletak di antara Kota Banjarmasin dan Kota Martapura. Kota Banjarbaru merupakan kota terbesar ke-2 di Provinsi Kalimantan Selatan setelah Kota Banjarmasin dan diproyeksikan menjadi pusat pemerintahan Provinsi Kalimantan Selatan. Di kota Banjarbaru inilah, Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah (Kalselteng) berkedudukan. Wilayah kerja Kanwil DJKN Kalselteng meliputi 2 provinsi yaitu Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah dengan luas kurang lebih setengah dari luas Pulau Kalimantan. Secara geografis, kondisi dua provinsi ini relatif sama dengan provinsi lain di pulau Kalimantan yaitu tanah gambut dan rawa, terdiri dari 2/3 hutan dengan sarana transportasi yang didominasi oleh transportasi sungai.


Dengan luas wilayah kerja yang sedemikian besar dan terbagi dalam dua provinsi dengan 27 kabupaten/kota, jarak tempuh antar kota cukup jauh dan membutuhkan waktu cukup lama. Sebagai contoh: jarak Kanwil dengan KPKNL Banjarmasin  30 Km; dengan KPKNL Palangka Raya 400 Km; dengan KPKNL Pangkalan Bun 900 km atau sekitar 15 jam perjalanan darat dengan kondisi seperti jalan kelas III di Pulau Jawa.

Dua provinsi ini kaya akan Sumber Daya Alam berupa hutan dan perkebunan serta pertambangan batu bara, emas, intan, minyak bumi, pasir kwarsa, biji besi, batu–batuan, marmer, sirkon, tembaga, kaolin, dan batu permata.

Di samping SDA yang ada, kedua provinsi terkenal pula dengan objek wisata, antara lain Pasar Terapung, Pasar Batu Permata Martapura, Pendulangan Intan Cempaka, masjid Agung Martapura, Pulau Samber Gelap di Kalimantan Selatan. Sedangkan di Kalimantan Tengah ada Istana Kuning, Rumah Adat Betang, Tanjung Puting di Camp Leakey untuk mengamati orang utan,  Arboretum Nyaru Menteng yaitu hutan konservasi bagi orang utan.




Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah (dahulu Kanwil XII DJKN Banjarmasin) merupakan salah satu unit vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara yang dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 24 Tahun 2010 sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Presiden Nomor 92 Tahun 2011 jo. Peraturan Kementerian Keuangan Nomor 263/PMK.01/2016 tanggal 30 Desember 2016. Kanwil DJKN Kalselteng membawahi 4 Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) yaitu KPKNL Palangkaraya, KPKNL Banjarmasin, KPKNL Pangkalan Bun, dan KPKNL Barabai (belum direalisasi).

Per Juli 2019, tampuk kepemimpinan Kanwil DJKN Kalselteng dipegang oleh Ferdinan Lengkong sebagai Kepala Kanwil. Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, Kepala Kanwil dibantu oleh enam kepala Bidang/Bagian:

  1. Widianto sebagai Kepala Bagian Umum;
  2. Anak Agung Ayu Murni sebagai Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara;
  3. Dinasih Putri Mangastuti sebagai Kepala Bidang Penilaian;
  4. Widodo Sunarko sebagai Kepala Bidang Piutang Negara;
  5. Satriotomo sebagai Kepala Bidang Lelang; dan
  6. Odyses Medwan Sinurat sebagai Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Hukum, dan Informasi.


Wilayah Kerja
Kota Banjarbaru
Kota Banjarmasin
Kabupaten Banjar
Kabupaten Barito Kuala
Kabupaten Hulu Sungai Selatan
Kabupaten Hulu Sungai Tengah
Kabupaten Hulu Sungai Utara
Kabupaten Kotabaru
Kabupaten Tabalong
Kabupaten Tanah Bumbu
Kabupaten Tanah Laut
Kabupaten Tapin
Kabupaten Balangan
Kota Palangka Raya
Kabupaten Barito Selatan
Kabupaten Barito Timur
Kabupaten Barito Utara
Kabupaten Gunung Mas
Kabupaten Kapuas
Kabupaten Katingan
Kabupaten Kotawaringin Barat
Kabupaten Kotawaringin Timur
Kabupaten Lamandau
Peta Lokasi Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah
Alamat Kantor
Jl. Ahmad Yani, Km. 29,5 Banjarbaru Kalimantan Selatan - 70721
(0511) 4783527
(0511) 4784399
kanwildjknkalselteng@kemenkeu.go.id