Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita Media DJKN
Kemenhub: Tahun ini jalur kereta bandara masuk tahap pengujian
merdeka.com, 03 Maret 2014
 Selasa, 04 Maret 2014 pukul 11:09:39   |   521 kali

Merdeka.com - Kementerian Perhubungan menyatakan, pembangunan jalur kereta bandara untuk rute jalur non-layang atau rute Tangerang-Bandara Soekarno Hatta yang dikerjakan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) baru bisa selesai tahun depan.

Jalur kereta rute Duri-Tangerang sepanjang 19,2 kilometer diperkirakan bisa selesai tahun ini. Sedangkan jalur Batu Ceper-Bandara Soekarno Hatta sepanjang 12,19 kilometer dijanjikan baru tuntas tahun depan.

PT KAI masih harus melakukan pembebasan lahan untuk rute dari Tangerang menuju Bandara Soekarno Hatta.

"Tahun ini selesai bisa dioperasikan itu baru sampai Tangerang. Tangerang ke bandara masih terbentur masalah tanah tapi diharapkan 2015 bisa selesai," jelas Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Hermanto Adiatmoko di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (3/3).

Dia menuturkan, kereta bandara akan bergerak di jalur ganda. "Bandara itu ada dua, yang satu commuter yang dari Tangerang ke Bandara. Kalau kami dari Duri ke Tangerang jalur ganda dan listrik sedang dalam tahap pemeriksaan pengujian," katanya.

Sementara untuk jalur lainnya yakni jalur melalui Pluit akan dioperasikan oleh Express Line. Proyek jalur sepanjang 33,86 kilometer ini nantinya akan dibiayai dengan skema Kerja sama Pemerintah Swasta (KPS) dengan perkiraan dana sebesar Rp 20 triliun.

Sekadar diketahui, untuk pembangunan jalur kereta api Bandara Soekarno Hatta via Pluit atau yang disebut-sebut jalur melayang, saat ini masih dalam tahap penyiapan dokumen perencanaan. PT Sarana Multi Infrastruktur ditunjuk sebagai pelaksana pra studi kelaikan. Beberapa waktu lalu, SMI juga menargetkan agar proyek jalur ini bisa mulai digarap tahun ini.
[noe]

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini