Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita Media DJKN
Inalum Jadikan Nelayan Tak Sekadar Melaut
Analisa Daily, 15 Juli 2013
 Senin, 15 Juli 2013 pukul 14:16:15   |   575 kali

Senior Manager Humas PT Inalum H Eddy Kristanto mengatakan, manajemen perusahaan memahami sisi lain kebutuhan nelayan sekaligus memberdayakan mereka melalui alternatif usaha yang ekonomis sesuai dengan kebutuhan, pola dan siklus kehidupan masyarakat pesisir.

Hal tersebut dikatakan Eddy Kristanto dalam sambutan tertulis dibacakan Junior Manager Humas Arfan Ikbal Harahap saat menyerahkan bantuan secara simbolis kepada kelompok nelayan di Gedung MPH Tanjung Gading Kecamatan Sei Suka Bartubara, Sabtu (13/7).

Bantuan yang diberikan, berupa makanan dan minuman, perbaikan tempat usaha, peralatan pendukung kuliner dan beberapa bahan kebutuhan usaha lainnya seperti kompor gas, belender dan dispenser

Itulah yang dialami kelompok nelayan di Desa Lalang Kecamatan Medang Deras, Kuala Indah Kecamatan Sei Suka dan Gambus Lauut Kecamatan Limapuluh Batubara. Saat menerima banuan PT InalumĀ  mulai membangun dan merintis usaha warung makanan dan minuman bagi para nelayan yang akan pergi dan pulang dari laut sebagai alternatif usaha kelompok bersama.

Program tersebut dilaksanakan secara bertahap. Pada tahap awal, perusahaan dan kelompok nelayan secara bersama melakukan penilaian tentsang alternatif kebutuhan nelayan masing-masing tingkatan ketika pulang dan pergi melaut untuk selanjutnya muulai membangun usaha warung secara mandiri dan swadaya didukung bantuan renovasi minor tmpat usaha dan bantuan peralatan pendukung.

Sementara pimpinan kelompok nelayan Tunas Bahari Kuala Indah Abdul Syukur, selain memberi apresiasi sekaligus mengucapkan terima kasih kepada manajemen PT Inalum yang dinilai cukup peduli kepada lingkungannya.

Abdul Syukur mengatakan, bantuan yang diberikan sangat baik dan dan memang dibutuhkan nelayan. Warung yang ada menjadi stasiun bagi kami untuk saling berbagi informasi, mengisi perbekalan sembari mengisi peru sebelum dan sesuah melaut.

Usai penyerahan simbolis di Tanjung Gading, bantuan langsung diantar oleh petugas PT Inalum kepada para kelompok nelayan penerima di desa masing-masing.

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini