Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita Media DJKN
Seratusan Mahasiswa Sumbawa Demo Minta Jatah Divestasi Newmont

 Jum'at, 25 Maret 2011 pukul 02:13:52   |   393 kali

Jakarta - (detikFinance, Jumat, 25/03/2011 12:29 WIB) Sekelompok orang yang mengaku mahasiswa berdemo di depan Kementerian Keuangan. Mereka menuntut 7%  saham Newmont agar diserahkan ke Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

Pendemo ini yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Sumbawa Barat ini menuntut Menteri Keuangan agar divestasi saham tujuh persen PT Newmont Nusa Tenggara (NNT)

"Jangan biarkan 7% saham Newmont dikuasai pemerintah pusat sehingga merugikan rakyat daerah, serahkan 7 persen saham pada KSB," seru Budiman orator dari Gerakan Pemuda Mahasiswa Sumbawa Barat, di depan Gedung Kementerian Keuangan, Jalan Wahidin Raya, Jakarta, Jumat (25/3/2011).

Dalam pernyataan tertulisnya, para mahasiswa menegaskan dengan rencana pemerintah pusat melalui Menteri Keuangan yang ingin mengakusisi saham 7% yang akan didivestasikan oleh NNT membuat KSB malah tidak mendapatkan apa-apa.

"Jadi sangat tidak berlebihan dan bukan merupakan tuntutan yang mengada-ada jika kami rakyat Sumbawa Barat menginginkan saham 7% tersebut menjadi milik rakyat Sumbawa Barat," tegasnya.

Para pendemo yang mengaku dari mahasiswa UPN Yogyakarta, Undip Semarang, tak terlihat menggunakan almamaternya.  Salah seoarang yang mengaku mahasiswa yang tak mau disebutkan namanya mengatakan, aksinya ini merupakan kesatuan dari organisasi daerah, yaitu kumpulan mahasiswa Sumbawa yang berada di universitas-universitas di seluruh Indonesia.

"Newmont itu perusahaan tambang emas, kayak Freeport,  sudah beroperasi lama dari tahun 1987," kata seorang mahasiswa.

Para pendemo yang mengaku mahasiswa tersebut hanya berorasi sekitar 30 menit di kantor kementerian keuangan. Berdasarkan pengamatan detikFinance kurang lebih ada seratusan orang yang melakukan demo.

Gerakan Pemuda Mahasiswa Sumbawa Barat juga menyerukan tiga aspirasi lainnya, yakni revisi kontrak karya yang harus melibatkan KSB
sebagai daerah penghasil dan daerah yang akan terkena dampak langsung dari proses kegiatan PT NNT.

Kedua, mereka mendesak PT NNT untuk melaksanakan perda No 1 pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Barat Tahun 2010 tentang komisi pertambangan, dan mendukung surat keputusan bupati Sumbawa Barat Nomor : 148A tahun 2011 tentang penghentian sementaea kegiatan pertambangan PT NNT.

Guna menyambut aspirasi tersebut akhirnya kementerian keuangan mempersilahkan wakil para pendemo tersebut untuk bertemu dengan Humas Direktorat Jendral Kekayaan Negara.

http://www.detikfinance.com/read/2011/03/25/122910/1601191/4/seratusan-mahasiswa-sumbawa-demo-minta-jatah-divestasi-newmont?f9911023

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini